Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Daftar Susu Formula yang Rasanya Mirip ASI, Ada Favorit Moms?

MY STORY  |  REVIEWS  |  02 Dec '22


Meski kita tahu ASI merupakan sumber nutrisi terbaik bagi bayi dan balita, tak semuanya dapat mengonsumsinya. Ada saat-saat si Kecil tidak bisa mengonsumsi ASI misalnya saat Moms sedang sakit dan tidak bisa memberikan ASI baik secara langsung maupun ASI perah. Di saat seperti inilah, susu formula dapat mendukung atau menggantikan ASI.

Setiap produk susu formula yang sudah teruji klinis dan terdaftar memang baik. Namun, sebagai orang tua, pastinya Moms ingin memberikan susu formula terbaik untuk si Kecil. Karena yang tahu pasti kebutuhan si Kecil adalah Moms, Moms perlu memperhatikan kandungan atau komposisi susu formula yang hendak diberikan ke si Kecil. 

Pada Ibu yang masih menyusui, disarankan pula untuk memberikan susu formula yang rasanya mirip ASI supaya si Kecil lebih mudah beradaptasi dari ASI ke susu formula dan sebaliknya. Sufor yang rasanya mirip ASI juga biasanya memiliki kandungan yang mendekati ASI. Hal ini tentu sangat membantu kecukupan gizi si Kecil.

Kriteria susu formula yang rasanya mirip ASI

ASI mengandung lebih dari 1000 protein yang dibutuhkan bayi. Komposisi ASI berubah-ubah mengikuti kebutuhan si Kecil sehingga tampilan dan rasanya bisa berbeda-beda. Yang jelas, produsen susu formula terus berinovasi menghadirkan susu yang mengandung komposisi semirip mungkin dengan ASI. 

Mengandung HMO

Inovasi baru mensintesis atau menambahkan human milk oligosaccharides (HMO) ke susu formula membuat sufor lebih mirip ASI. Namun, memang harus diakui bahwa ada beberapa kandungan yang masih hanya ada pada ASI saja, belum bisa disintesis ke susu formula.

Mengandung Imunoglobulin

Zat Imunoglobulin melindungi tubuh si Kecil agar tidak mudah terserang penyakit yang berasal dari jamur, bakteri, virus, parasit, dan lain sebagainya.

Mengandung hormon

ASI mengandung lima hormon yaitu IGF-1, insulin, leptin, ghrelin, dan adiponektin. Hormon IGF-1 berperan dalam pertumbuhan somatik, serta pengembangan organ tubuh dan otak. Sedangkan hormon insulin mengontrol kadar gula dalam tubuh. Sementara itu, leptin mengendalikan nafsu makan, memelihara homeostasis berat badan, dan meningkatkan energi. Lalu ada adiponektin yang mengatur metabolisme tubuh, meningkatkan pembakaran asam lemak, dan berperan penting dalam sensitivitas insulin melalui metabolisme glukosa dan lipid pada jaringan. Terakhir, ada hormon ghrelin yang mengatur sekaligus memelihara beberapa fungsi vital dalam tubuh serta membantu mengurangi rasa lapar.

Mengandung enzim

Beberapa enzim yang ada di dalam ASI adalah enzim laktoferin, peroksidase, dan lisozim. Enzim laktoferin menghambat pertumbuhan bakteri, enzim peroksidase menghancurkan kuman patogen, dan enzim lisozim menghancurkan bakteri dan dinding sel bakteri.

Mengandung zat bergizi lainnya

Komposisi yang selalu ada di susu formula – yang bermanfaat untuk tumbuh kembangnya – antara lain ARA, DHA, MFGM, non-GMO, kolin, prebiotik, probiotik, hypoallergenic, dan zat besi tambahan.

Rekomendasi susu formula terbaik mirip ASI

Bebelove 1 800gr

Kisaran harga: Rp148.000,00

https://images.tokopedia.net/img/cache/900/VqbcmM/2022/4/11/53c86a0f-810e-46bd-862e-45f34e312792.jpg

Nutricia, produsen susu formula Bebelove, sudah mempunyai 100 tahun pengalaman di bidang nutrisi awal kehidupan. Susu yang diformulasikan di pusat penelitian Belanda & Singapura ini mengandung Protein whey, Minyak Nabati, GOS, FOS, Minyak Ikan, AA, L-karnitin, 7 Mineral, 14 Vitamin, dan kandungan nutrisi penting lainnya.

Bebelove Gold Soya 1 170gr

Kisaran harga: Rp37.000,00

hero image

Bebelove Gold Soya 1 merupakan rekomendasi susu formula soya untuk bayi usia 0-6 bulan. Susu ini mengandung Isolat Protein Kedelai. Rasa dan komposisinya mendekati ASI karena mengandung FOS, iodium, kalsium, prebiotik, zinc, zat besi, 12 vitamin, dan 9 mineral. Kandungan lainnya yang cukup menonjol adalah AA, DHA, Protein Whey, dan Minyak Ikan mengandung Asam Alfa Linolenat.

Lactogen 1 HappyNutri 350kg

Kisaran harga: Rp60.000,00

https://images.tokopedia.net/img/cache/900/VqbcmM/2022/7/22/c2d0b4c7-f611-409a-b871-775824df9cf7.jpg

Susu formula rekomendasi DSA untuk bayi berusia 0-6 bulan ini mengandung LA, ALA, prebiotik, zat besi, 12 vitamin, dan 11 mineral untuk mendukung tumbuh kembang anak menjadi sehat dan bahagia. Formulasi Lactogen 1 HappyNutri tanpa gula sehingga mencegah si Kecil mual-mual.

Frisian Baby Primamil 400gr

Kisaran harga: Rp55.800,00

https://images.tokopedia.net/img/cache/900/VqbcmM/2022/8/4/a72eeb48-652a-45fa-a6d7-061f6ad3e659.jpg

Frisian Baby Primamil 0-6 bulan mengandung 9 Asam Amino Esensial, DHA:AA dengan perbandingan 1:1, Prebiotik FOS, 10% Laktosa dan Dominan Protein Whey, dan 14 Nutrisi penting seperti Vitamin A,Vitamin C, Vitamin D3, Vitamin E, Zinc, Selenium, Kalsium, Omega-3, Omega-6, dan tanpa Sukrosa. Komposisi susu ini sudah diformulasikan sedemikian rupa supaya bisa bersinergi secara maksimal untuk tumbuh kembang si Kecil.

Enfamil A+ 1 400gr

Kisaran harga: Rp211.000,00

https://images.tokopedia.net/img/cache/900/VqbcmM/2022/11/4/acafd155-97d3-4e08-ad28-8f578adce551.png

Enfamil A+ 1 diformulasikan Mead Johnson Nutrition dan diproduksi dengan standar berkualitas. Kandungan DHA-nya 17mg/100kkal dan ARA 34mg/100kkal, dan Prebiotik GOS untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan si Kecil. Susu formula mirip ASI ini membantu mempertahankan konsentrasi, mendukung memori, dan memecahkan masalah.

Itulah beberapa rekomendasi susu formula yang rasanya mirip ASI. Yang mana favorit Moms?

Referensi: JD.ID

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

2724 Babyologist Indonesia

Comments

LATEST POSTS

Bingung Cari Kado Anak Umur 5 Tahun? Cek Inspirasinya di Sini!

Selain memilih kado yang edukatif, Moms juga perlu memilih kado yang sesuai dengan hobi si Kecil. Barang-barang yang mendukung hobinya akan [...]

5 Tempat Makan Ramah Anak di Jakarta, Ada Playground-nya, Loh!

Untuk mengantisipasi si Kecil merasa nggak nyaman saat dibawa makan outdoor, yuk, cek rekomendasi tempat makan ramah anak di Jakarta!

Mainan Edukatif Pengganti Gadget untuk Stimulasi Si Kecil

Agar mainan yang Moms pilih dapat memberikan manfaat optimal bagi tumbuh kembang anak, perhatikan rekomendasi usia anak dan kemampuannya.

Daftar Popok Bayi Berdaya Serap Tinggi, Cocok untuk Traveling

Popok merupakan perlengkapan utama bayi yang harus disiapkan saat travelling. Ketika melakukan perjalanan, tentu Moms ingin agar pantat si Kecil [...]

Ajak Si Kecil Liburan ke Pantai? Jangan Lupa Sunscreen-nya, Ya, Moms!

Jika Moms merencanakan untuk liburan ke pantai pada akhir tahun ini, jangan lupa untuk membawa sunscreen khusus anak di tas perlengkapan si Kecil!

Tempat Wisata “Me Time” yang Cocok Buat Moms Healing

Moms butuh rekomendasi tempat healing? Daftar berikut bisa Moms jadikan pertimbangan:

Daftar Bodycare Travel Size Buat Temani Moms Liburan

Biar saat liburan tidak terlalu repot, disarankan untuk membawa bodycare ukuran kecil atau yang biasa disebut travel size. Yuk, kita cari tahu [...]

Liburan Akhir Tahun 2022 Agendakan Jalan-Jalan? Ini Daftar Stroller Bagus Fitur Banyak

Memilih stroller jangan asal murah dan ringan, ya, Moms. Cek dulu keunggulan masing-masing produk agar tidak salah beli.

Butuh Ide Fresh Liburan Akhir Tahun Bareng Si Kecil? Cek di Sini!

Akhir tahun 2022 sudah di depan mata. Apakah Moms & Dads masih galau mau menghabiskan penghujung tahun ini ke mana? Yuk, simak daftar tempat [...]

Daftar Buku Parenting Terbaik Perluas Wawasan Moms Asuh Si Kecil

Tambah wawasan ilmu parenting dengan membaca-baca buku rekomendasi parenting Minbyo berikut, ya, Moms! Save & Share ke Paksu juga boleh banget, loh!

Liburan Akhir Tahun di Depan Mata, Intip Daftar Baju Couple Keluarga Kekinian

Sedang ingin menambah koleksi baju couple keluarga? Yuk, intip rekomendasi model baju couple keluarga kekinian berikut ini!

Susu Balita Penambah Berat Badan Balita 1-3 Tahun, Yang Mana Favorit Moms?

usu balita paling bagus tidak hanya menambah berat badan dan melengkapi nutrisi yang tidak bisa didapatkan dari makanan, tetapi juga menambah [...]

Daftar Gamis Couple Ibu dan Anak Terbaru 2022, Layak CO Nggak Nih?

Sedang mencari gamis couple untuk Moms & si Kecil, yuk, kita lihat beberapa gamis couple rekomendasi Babyo berikut!

Daftar 5 Asam Folat yang Bagus untuk Ibu Hamil

Mengingat sangat pentingnya asam folat bagi kehamilan, yuk, Moms, penuhi kebutuhan asam folat dengan minum suplemen!

Rekomendasi Babyo: Tablet Tambah Darah bagi Ibu Hamil

Salah satu cara mencegah anemia gizi besi adalah dengan mengonsumsi Tablet Tambah Darah (TTD). Yuk, penuhi kebutuhan gizi Moms!

Rekomendasi Babyo: Susu Ibu Hamil Trimester 1 Terbaik

Buat para Moms yang sedang berbahagia karena program hamilnya sukses, jangan lupa ya untuk selalu memerhatikan kesehatan diri sendiri. Tentunya, [...]

Rekomendasi Babyo: Skincare Buat Moms Glowing

Ga semua skincare menguras kantong, Moms. Ada banyak pilihan skincare lokal dengan kualitas bagus, sesuai dengan jenis kulit dan iklim tropis, [...]

Rekomendasi Babyo: Snack Cocok buat Healing Moms!

Kata siapa Ibu-ibu ga boleh ngemil? Makan makanan ringan terbukti jadi salah satu trik ampuh buat healing bagi beberapa Moms.

Si Kecil Kembung dan Masuk Angin? Ini Rekomendasinya!

Minyak telon dapat memberikan kehangatan tambahan terutama di bagian perut dan punggung. Setelah membalurkan minyak telon ke badan si Kecil, [...]

Puting Lecet? Cek Rekomendasi Nipple Cream Terbaik Minbyo!

Tahukah Moms, 96 dari 100 busui mengalami sore nipples pada minggu pertama menyusui? Sebagian besar menggambarkan rasa sakit mereka sebagai [...]