Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Daftar Perlengkapan Bayi Baru Lahir Yang Harus Dibeli

OTHERS  |  15 Jan '18

Menunggu kehadiran buah hati di tengah keluarga adalah momen yang paling membahagiakan bagi setiap pasangan. Bahkan dari usia kehamilan yang memasuki awal trimester ketiga yaitu 7 bulan kehamilan, para pasangan dan calon orangtua harus sudah mempersiapkan perlengkapan bayi baru lahir. Hal ini tidak sedikit membuat para calon orangtua bingung untuk mengetahui apa saja daftar perlengkapan bayi baru lahir yang harus dibeli.

Bayi yang baru lahir akan membutuhkan pakaian dan perlengkapan yang cukup banyak. Untuk mempersiapkan segala hal menjelang persalinan, anda perlu memperhatikan daftar perlengkapan bayi yang baru lahir. Agar anda tidak kebingungan dengan daftar perlengkapan bayi baru lahir yang harus dibeli, berikut ini adalah beberapa informasi mengenai perlengkapan bayi baru lahir yang harus disiapkan, diantaranya :

  • Kain bedong 
    Kain bedong sangatlah penting untuk perlengkapan bayi baru lahir. Salah satu fungsi dari kain bedong itu sendiri adalah untuk menjaga suhu tubuh bayi. Untuk ukuran kain bedong pada umumnya yaitu 110 cm x 90 cm, akan tetapi dalam hal ini sebenarnya semakin lebar semakin baik terutama untuk memudahkan dalam pembedongan bayi. Jumlah kain bedong yang  harus dibeli kurang lebih 2 lusin, atau anda  bisa menyamakan dengan jumlah popok yang akan dibeli. Jika bunda mempunyai anggaran yang lebih bisa menambah jumlah kain bedong yang akan dibeli.
  • Popok bayi
    Popok sebagai celana dalam bayi akan lebih banyak digunakan dan diperlukan terutama untuk bayi yang baru lahir. Bayi biasanya akan sering pipis atau “pup” dan popok harus segera diganti. Karena hal ini, mom bisa membeli dan menyiapkan paling sedikit 2 lusin popok bayi. Dalam satu malam biasanya bunda harus mempersiapkan 1 lusin popok.
  • Baju bayi
    Baju bayi yang harus masuk dalam daftar perlengkapan bayi baru lahir yang harus dibeli yaitu baju lengan pendek dan baju lengan panjang. Jumlah baju yang harus dibeli sebenarnya tidak perlu banyak seperti popok dan kain bedong, 1 lusin untuk setiap baju juga sudah cukup. Berbeda dengan bayi yang sering pipis dan “pup” untuk diganti popok dan kain bedong, baju bayi biasanya akan diganti karena keringat berlebihan dan muntah.
  • Gurita
    Penggunaan gurita untuk bayi yang baru lahir dalam dunia medis dianggap kurang baik, salah satu alasannya yaitu dapat mengganggu sistem pernapasan bayi. Meskipun demikian, orangtua yang masih mengikuti tradisi lama akan tetap menggunakan gurita untuk bayi. Jumlah gurita yang harus dibeli yaitu kurang lebih 1 lusin. Untuk pembelian salah satu perlengkapan bayi baru lahir yang satu ini sebaiknya disesuaikan juga apakah bunda akan menggunakannya atau tidak.
  • Kaos dalam
    Kaos dalam untuk bayi yang baru lahir bisa digunakan sebagai pengganti gurita, hal ini bisa dilakukan jika memang bayi tidak nyaman menggunakan gurita. Kebutuhan kaos dalam untuk bayi baru lahir sepertinya 1 lusin saja sudah cukup.
  • Kaos kaki dan sarung tangan
    Untuk membuat bayi lebih nyaman dan tidak kedinginan, bunda harus membeli kaos kaki dan sarung tangan. Pada umumnya perlengkapan yang satu ini memang banyak disepelekan padahal fungsinya cukup penting untuk bayi. Selain menjaga bayi dari kedinginan, sarung tangan ini juga memiliki fungsi melindungi bayi agar tidak mencakar wajahnya.
  • Perlengkapan mandi
    Dalam hal ini bunda harus selektif memilih peralatan dan perlengkapan mandi. Gunakan sabun dan sampo atau peralatan lainnya yang memang dikhususkan untuk bayi. Dikarenakan kulit bayi masih sensitive, mom jangan sampai salah pilih produk sabun atau sampo yang akan digunakan untuk bayi. Selain dari perlengkapan mandi bayi, mom bisa memilih tisu untuk bayi untuk keperluan yang lain.
  • Celana bayi
    Ada dua model celana yang harus dipersiapkan dan harus masuk ke dalam daftar perlengkapan bayi baru lahir yang harus dibeli. Model yang pertama yaitu celana dengan model pop. Celana bayi ini berfungsi untuk menutupi diampers, jika memang dalam beberapa waktu bayi dipakaikan diampers. Sedangkan untuk model yang selanjutnya yaitu celana panjang yang tidak mempunyai lubang kaki.
  • Selimut bayi
    Selimut akan sangat berguna untuk menjaga kehangatan bayi dari angina jika diajak bepergian. Dalam hal ini sebaiknya bunda memilih bahan yang lembut dan nyaman sehingga cocok digunakan untuk bayi yang baru lahir.
  • Botol dot
    Botol dot bisa digunakan saat ibu tidak bisa memberikan ASI untuk bayinya. Akan tetapi jika moms bisa memberikan ASI untuk si kecil, tidak ada salahnya memilih untuk memberikan ASI jika dibandingkan dengan susu formula.
  • Gendongan bayi
    Gendongan bayi akan digunakan saat bunda menggendong bayi untuk waktu yang lama, pasalnya menggendong bayi dengan tangan dalam waktu yang lama dirasa kurang nyaman. Bila bayi sedang rewel dan ingin terus digendong, a bisanda mengatasi masalah tersebut dengan menggunakan gendongan bayi.
  • Terpal tipis
    Agar bayi yang pipis dan air pipisnya tidak merembes ke dalam kasur, bunda bisa menggunakan terpal tipis sebagai alas bayi. Sebagian orangtua menyebut terpal tipis anti pipis ini dengan sebutan perlak. Bunda bisa membeli terpal tipis ini sebanyak 2 buah.
  • Tas bayi
    Perlengkapan bayi memang bisa lebih banyak dari perlengkapan orang dewasa. Jadi bayi harus mempunyai tas khusus untuk perlengkapannya jika ingin bepergian. Mengingat kebutuhan perlengkapan bayi lebih banyak, pilihlah tas yang bisa menampung banyak barang yang sesuai dengan kebutuhan bayi.
  • Bantal guling 
    Bantal guling yang digunakan untuk bayi biasanya satu paket dengan kasur khusus untuk bayi. Sebenarnya bantal guling dan kasur bisa dibeli sesuai dengan keperluan, jika anda merasa kurang begitu memerlukan kasur dan bantal guling untuk bayi maka tidak usah membelinya. 

Semoga bermanfaat.

 

By: Babyologist Editor

BACA JUGA: Gejala Si Kecil Mulai Tumbuh Gigi

2846 Babyologist Editor Send Message to Writer

Related Stories