Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Daftar Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Saat Hamil

HEALTH TIPS  |  MY STORY  |  24 May '22


Kehamilan merupakan salah satu fase paling berharga bagi seorang ibu. Sebab itulah, hal terbaik selalu diberikan agar kondisi janin berkembang dengan baik. Namun, tahukah Moms bahwa ada makanan yang tidak boleh dimakan saat hamil?

Kandungan zat tertentu yang terdapat pada beberapa makanan bisa berpengaruh buruk bagi ibu hamil serta calon bayi, baik itu dari segi pengolahan tidak tepat serta pemilihan bahan. Jika Moms sedang mengandung, sebaiknya pilih makanan yang benar-benar aman terutama untuk janin.

10 Jenis Makanan yang Tidak Boleh Dimakan saat Hamil

Hampir sebagian besar ibu hamil pasti pernah mengalami ngidam, yaitu ingin mengkonsumsi makanan tertentu. Terkadang jenis makanan yang diinginkan justru tidak memberikan efek baik untuk tubuh ibu hamil. Jadi, jangan asal pilih makanan karena bisa berdampak juga bagi kesehatan calon buah hati. Lantas, hamil muda dilarang makan apa? Berikut ini akan dijelaskan lebih rinci mengenai jenis makanan yang menjadi pantangan untuk ibu hamil. 
  1. Telur Mentah
Mengapa telur mentah dilarang bagi ibu hamil? Jenis makanan ini bisa memicu infeksi Salmonella yang gejalanya berupa diare, mual, muntah, demam, hingga kram pada perut.
Info yang diperoleh dari jurnal Salmonella Sepsis and Second Trimester Pregnancy Loss menyebutkan bahwa kram di rahim yang disebabkan oleh Salmonella bisa mengakibatkan kelahiran prematur serta kematian janin yang masih dalam kandungan. Sebab itulah, Moms sebaiknya tidak mengkonsumsi telur mentah dan olahannya seperti mayones, saos salad, es krim, dan lain sebagainya.
  1. Ikan yang Tidak Matang
Kandungan nutrisi dalam ikan memang sangat baik bagi ibu hamil serta calon buah hati. Namun, bila ikan dimasak dalam kondisi yang tidak matang atau masih mentah, ini akan memberikan efek yang sebaliknya. Bahkan, bisa jadi berbahaya bagi janin.
Sumber yang berasal dari jurnal U.S Library and Medicine menyebutkan bahwa konsumsi ikan mentah bisa memicu berbagai jenis infeksi yang cukup berbahaya. Baik itu yang disebabkan oleh bakteri, parasit, maupun virus. Infeksi tersebut bisa menyebabkan ibu hamil mengalami diare yang cukup parah hingga memicu dehidrasi. Selain itu, infeksi juga bisa ditularkan ke janin melalui plasenta. Kondisi ini tentu akan berdampak buruk bagi perkembangan calon bayi.
  1. Nanas
Pasti Moms penasaran mengenai buah apa yang tidak boleh dikonsumsi ibu hamil? Buah dikenal memiliki kandungan vitamin yang sangat baik bagi ibu hamil. Namun, ada beberapa jenis buah yang justru bisa membahayakan kandungan dan bisa memicu kelahiran dini.
Nutrisi yang terdapat pada nanas cukup lengkap mulai dari magnesium, zat besi, vitamin C, dan vitamin B6. Akan tetapi, nanas juga mengandung senyawa bromelain yang bisa menyebabkan dinding serviks melunak. Kondisi inilah yang dapat meningkatkan risiko keguguran. 
Dilansir dari laman Babycenter, ibu hamil yang mengonsumsi 1 buah nanas saja tidak akan mengalami keguguran karena kandungan bromelain dalam 1 buah nanas tidak banyak. Risiko keguguran bisa muncul jika ibu hamil makan nanas 8 buah atau lebih dalam sehari.
  1. Jeroan
Ibu hamil sebenarnya diperbolehkan untuk konsumsi jeroan karena nutrisi yang terdapat didalamnya sangat bermanfaat untuk perkembangan calon buah hati. Nutrisi dalam jeroan misalnya seperti vitamin A, vitamin B12, dan zat besi.
Meski begitu, jeroan termasuk dalam makanan yang tidak boleh dimakan saat hamil bila dikonsumsi dalam jumlah berlebih. Salah satu jenis vitamin yang tidak baik bagi kandungan apabila berlebihan adalah vitamin A. Kelebihan vitamin A bisa memicu kelainan bawaan pada calon bayi bahkan keguguran. Untuk menghindari dampak buruk yang terjadi, ibu hamil masih bisa makan jeroan hanya beberapa ons saja satu kali dalam seminggu.
  1. Kafein
Selain makanan, minuman apa saja yang dilarang untuk ibu hamil? Jika Moms termasuk pecinta kopi dan tidak bisa meninggalkan minuman tersebut, sebaiknya dibatasi konsumsinya perhari dan jangan berlebihan.
Menurut sumber yang didapat dari American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG), ibu hamil masih dapat mengkonsumsi kopi dengan takaran yang aman yaitu tidak lebih dari 200 gram per hari. Jadi, tidak sepenuhnya sangat berbahaya jika tidak berlebihan.
Penumpukan kafein dalam tubuh juga bisa menyebabkan zat tersebut mengalir ke plasenta. Faktor ini yang menyebabkan berat badan bayi lahir rendah karena pertumbuhannya terhambat. Dampak yang cukup mengkhawatirkan jika terjadi timbunan kafein di plasenta adalah memicu kematian pada bayi.
  1. Kecambah Mentah
Beberapa bahan makanan termasuk sebagai kecambah mentah, seperti semanggi, kacang hijau, dan kecambah alfalfa. Jenis makanan ini sangat rawan terkontaminasi dengan Salmonella dan tidak mudah untuk dibersihkan.
Oleh sebab itu, ibu hamil sebaiknya tidak mengkonsumsi kecambah mentah karena bisa menyebabkan infeksi Salmonella. Infeksi ini yang mengakibatkan ibu hamil mudah mengalami diare. Namun, dalam kondisi yang sudah matang kecambah aman dikonsumsi oleh ibu hamil.
  1. Alkohol
Konsumsi alkohol dalam jumlah sedikit saja bisa memberikan dampak yang tidak baik bagi janin. Oleh karena itu, ibu hamil sebaiknya menjauhi minuman yang satu ini. Konsumsi alkohol selama masa kehamilan bisa memicu risiko kematian janin dalam kandungan. Selain itu, kebiasaan buruk ini juga dapat menyebabkan gejala sindrom alkohol janin. Sindrom ini akan mengakibatkan kelainan pada janin yang meliputi cacat intelektual, kelainan fisik, serta kelainan jantung.
Hingga saat ini, belum ada penelitian yang menyebutkan batas aman mengkonsumsi alkohol selama hamil. Jadi sangat disarankan untuk tidak minum alkohol supaya kondisi ibu hamil dan calon bayi bisa tetap sehat.
  1. Sushi
Contoh jenis makanan yang tidak boleh dimakan saat hamil adalah sushi. Makanan yang terbuat dari seafood mentah ini tidak dianjurkan dikonsumsi oleh ibu hamil karena bisa memicu infeksi yang disebabkan oleh virus listeria.
Jika Moms masih ingin mengkonsumsi sushi selama hamil, ada cara aman yang bisa dilakukan yaitu dengan memasak seafood sampai benar-benar matang atau memilih bahan vegetarian. Selama jenis makanan ini diolah dengan tingkat kematangan yang baik, ibu hamil aman untuk mengkonsumsinya.
  1. Pepaya
Salah satu alasan mengapa pepaya tidak dianjurkan untuk ibu hamil adalah karena buah ini bisa meningkatkan suhu tubuh. Tak hanya itu, kandungan lateks pada pepaya juga bisa menyebabkan pendarahan, kontraksi pada rahim, dan keguguran.
Dampak buruk lainnya yang disebabkan karena mengkonsumsi buah pepaya adalah terganggunya perkembangan janin. Jadi, Moms sebaiknya tidak memakan pepaya saat hamil baik dalam kondisi mentah maupun sudah matang.
  1. Herbal
Banyak ibu hamil yang suka mengkonsumsi obat herbal, seperti jamu maupun teh selama masa kehamilan. Sebaiknya konsultasi dulu dengan dokter jika ingin mengkonsumsi minuman herbal agar tidak mengganggu kesehatan calon buah hati.
Menurut American Pregnancy Association, tidak semua jenis herbal dilarang bagi ibu hamil kecuali herbal yang berasal dari rosemary dan chamomile. Jika herbal tersebut dikonsumsi dalam jumlah berlebih, hal itu bisa memicu kontraksi dan meningkatkan risiko kelahiran dini atau prematur. Ada baiknya menghindari konsumsi herbal agar kejadian buruk tidak menimpa Moms dan calon bayi.
Kesepuluh makanan yang tidak boleh dimakan saat hamil di atas, harus Moms hindari karena memberikan efek buruk bagi kesehatan tubuh dan janin. Beberapa makanan tersebut bila dikonsumsi berlebih bisa memicu kontraksi dini hingga kematian bayi dalam kandungan.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

247 Babyologist Indonesia

Comments

LATEST POSTS

Ingin Si Kecil Gemuk, Sehat, dan Cerdas? Yuk, Terapkan Prinsip Berikut!

Apa saja tips agar bayi baru lahir cepat gemuk dalam 1 minggu? Yuk, Moms, baca selengkapnya penjelasan berikut!

Rayyanza Semakin Membaik, Ini Cara Keluarga Gigi Merawat Si Kecil Saat Sakit

Anak bungsu Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, Rayyanza Malik Ahmad, jatuh sakit. Sebenarnya, Rayyanza sakit apa? Bagaimana pula cara merawat [...]

Panduan Imunisasi Anak, Vaksin Wajib, dan Kisaran Harganya

Tahukah Moms, bulan Agustus adalah bulan Imunisasi Anak Nasional?

Pemerintah Siapkan Vaksinasi Pediatric COVID-19 Usia 6 Tahun ke Bawah

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa pemerintah akan mulai menjajaki program vaksinasi anak di bawah 6 tahun.

9 Rekomendasi Susu Program Hamil

Ada berbagai pilihan susu promil yang bisa dengan mudah Moms temukan di toko. Namun, apakah Moms sudah yakin kalau produk tersebut mengandung [...]

Larangan untuk Ibu Hamil Muda

Trimester pertama kehamilan atau hamil muda merupakan waktu yang penting bagi perkembangan janin ke depannya. Sebab pada periode ini, organ [...]

Keputihan Berwarna Putih Susu Apakah Tanda Hamil?

Selain menjadi pertanda semakin dekatnya periode menstruasi, keputihan yang keluar datang saat telat haid juga bisa menjadi pertanda kehamilan. [...]

Perbedaan Bentuk Perut Hamil Anak Laki-Laki dan Perempuan

Umumnya, jenis kelamin bayi yang ada dalam kandungan baru bisa diketahui setelah usia kehamilan Moms memasuki usia 18 atau 20 minggu.

Fakta Mual Muntah Saat Hamil Pertanda Janin Kuat

Hampir sebagian besar wanita yang tengah hamil mengalami mual dan muntah pada trimester pertama. Banyak yang memberi pendapat bahwa mual muntah [...]

Ketahui, Apakah Ibu Hamil Boleh Minum Kopi?

Hampir sebagian besar masyarakat Indonesia merupakan pecinta minuman kopi, tak terkecuali kaum wanita.

Penggunaan Microlax untuk Ibu Hamil

Microlax adalah salah satu obat mengatasi sembelit yang paling populer. Obat yang memiliki fungsi sebagai pencahar ini membantu melunakkan feses [...]

Makanan Ibu Hamil Muda Agar Anak Cerdas Sejak Dini

Memiliki anak cerdas adalah dambaan setiap orang tua. Namun, tidak semua orang tua mau berusaha untuk meningkatkan kecerdasan anak. Padahal, ada [...]

Penyebab Kaki Bengkak Saat Hamil dan Solusi Mengatasinya

Selain perut, salah satu perubahan tubuh yang terjadi saat kehamilan adalah kaki. Perubahan bentuk kaki membuat penasaran apa penyebab kaki [...]

Perbedaan Hamil Anak Laki-Laki dan Perempuan

Selama masa kehamilan, sebagai orang tua tentu Moms merasa excited sekaligus penasaran dengan jenis

Ciri Hamil Anak Perempuan Dilihat dari Pusar

Kehamilan menjadi salah satu fase terpenting bagi seorang ibu. Apalagi, jika ini merupakan kehamilan

Penjelasan Bolehkah Ibu Hamil Minum Es?

Menjaga asupan nutrisi selama kehamilan menjadi sangat penting agar kondisi ibu dan janin bisa tetap

Apakah Ibu Hamil Boleh Makan Durian? Ini Penjelasannya

Sebagian besar ibu hamil pasti akan merasakan fase ngidam terutama saat usia kehamilan masih muda.

8 Jenis Buah Penambah Darah Untuk Ibu Hamil

Agar ibu hamil bisa menjalani fase kehamilan dengan lancar, asupan nutrisi terbaik harus tercukupi.

Mengenal Penyebab Munculnya Garis di Perut Saat Hamil 1 Minggu

Setiap ibu hamil mengalami tanda-tanda kehamilan yang berbeda, termasuk juga munculnya garis di

Kenali Penyebab Kaki Bengkak pada Ibu Hamil

Banyak perubahan yang akan Moms rasakan selama masa kehamilan. Selain kondisi badan yang mulai berisi, bagian kaki pun akan mengalami [...]