Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Daftar Makanan yang Dapat Mencerdaskan Otak

FEEDING  |  10 Mar '19

Bayi dan anak-anak adalah pribadi yang sedang tumbuh. Agar pertumbuhan si Kecil baik dan lancar, makanan bernutrisi sangat penting baginya untuk dikonsumsi. Tidak heran bahwa banyak orang tua mencari tahu makanan apa saja yang kaya nutrisi untuk perkembangan putra-putri mereka. Terutama, nutrisi perkembangan otak agar anak bisa tumbuh cerdas.

Berikut adalah daftar makanan yang mengandung nutrisi untuk pertumbuhan otak:

Telur

Kuning telur mengandung protein yang baik untuk menunjang pertumbuhan otak si Kecil. Kandungan kolin dalam telur juga bermanfaat untuk menajamkan ingatan.

Ikan salmon

Jenis ikan ini mengandung protein, vitamin A, vitamin D, vitamin E, vitamin K, dan lemak baik yang bermanfaat untuk menunjang perkembangan otak terutama daya nalar si Kecil. Kandungan lemak di ikan salmon termasuk tinggi. Namun, karena tergolong lemak sehat, jenis lemak ini mudah dibakar.

Alpukat

Buah alpukat mengandung lemak baik, serat, dan vitamin E. Fungsi ketiganya adalah untuk meningkatkan perkembangan otak dan pertahanan tubuh.

Yogurt

Kandungan vitamin D dan kalsium dalam yogurt baik untuk pertumbuhan otak si Kecil. Tekstur yogurt cocok dikonsumsi si Kecil yang baru berlajar makan makanan padat.

Pisang

Kandungan gizi dalam pisang sangat banyak, di antaranya adalah kalsium, kalium, zat besi, tembaga, magnesium, fosfor, dan tembaga. Kandungan gizi dalam pisang bermanfaat untuk perkembangan otak, menjaga fungsi otot, menjaga kesehatan jantung, menjaga tingkat sel darah dan hemoglobin, dan perkembangan tulang. Berikan pisang jenis pisang susu, pisang raja, pisang kepok, dan pisang hijau untuk si Kecil.

Gandum

Kandungan nutrisi dalam gandum di antaranya adalah vitamin A, vitamin E, vitamin B6, saponin, zat besi, kalsium, dan mineral. Kandungan nutrisi tersebut sangat baik untuk meningkatkan kinerja otak si Kecil. Gandum juga memiliki kelebihan lainnya yaitu serat tinggi dan rendah lemak sehingga bisa melepaskan kandungan glukosa berlebih dalam tubuh si Kecil.

Rumput laut

Makanan dari laut ini mengandung yodium yang berfungsi untuk membentuk hormon di dalam kelenjar tiroid. Kekurangan hormon tiroid dapat memperlambat perkembangan otak dan membuat sistem saraf tidak peka sehingga hormon ini sangat penting untuk diproduksi tubuh.

Kacang kedelai

Kacang kedelai mengandung asam amino, zat besi, dan sphingomyelin. Asam amino berfungsi untuk membentuk struktur otak dan menghantarkan rangsangan pada sambungan sel saraf. Zat besi mempengaruhi aktivitas saraf. Sementara sphingomyelin berfungsi untuk mempercepat impuls dari satu sel saraf ke sel saraf lainnya.

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist

Copyright by Babyologist

473 Babyologist Indonesia

Comments

Related Stories