Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Daftar Lengkap Imunisasi Anak

HEALTH TIPS  |  PILLAR POST 2  |  19 Jun '18

Jadwal imunisasi anak tergantung dari jenis vaksin yang diberikan. Imunisasi merupakan cara untuk melindungi tubuh dari serangan virus yang cukup berbahaya. Cara kerja dari imunisasi yaitu dengan menyuntikan bakteri yang sudah dilemahkan ke dalam tubuh, kemudian bakteri tersebut akan merangsang tubuh untuk membentuk imun yang kuat. Imunisasi bukan hanya untuk imunisasi anak saja, namun orang dewasa juga perlu melakukan imunisasi.

Jadwal Imunisasi

Berikut ini merupakan jadwal imunisasi anak yang lengkap berdasarkan jenis imunisasinya:

1. Hepatitis B

Jadwal imunisasi anak hepatitis B yaitu diberikan sejak bayi lahir atau sebelum bayi berusia 12 jam. Pemberian vaktis hepatitis B bertujuan untuk mencegah penyakit hepatitis yang berasal dari seorang ibu ketika proses persalinan.

2. Polio

Imunisasi polio diberikan selama 4 kali dalam seumur hidup, yaitu diberikan ketika lahir, usia 2 bulan, 4 bulan, 6 bulan dan 18 bulan dapat diberikan vaksin jenis OPV atau IPV.

3. BCG

Pemberian vaksin  BCG yang baik yaitu diberikan saat bayi berusia 2-3 bulan. Sebab apabila diberikan setelah bayi berusia 3 bulan, maka bayi harus diberikan uji tuberculin terlebih dulu.

4. DTP (Difteri, Tetanus, Pertusis)

Imunisasi anak DTP diberikan saat anak berusia lebih dari 6 minggu. Ada 2 jenis vaksin DTP yaitu DTaP dan DTwP.

5. Campak

Imunisasi campak diberikan  pada anak dengan tujuan agar anak terhindar dari bahaya penyakit campak yang seringkali menyerang anak-anak. Jadwal imunisasi anak ini sebaiknya diberikan ketika anak berusia 9 bulan, dan dosis kedua diberikan ketika anak berusia 5-7 tahun.

6. Pneumokokus

Vaksin pneumokokos diberikan saat anak berusia 2 bulan, 4 bulan, 6 bulan, 12 bulan dan umur 7-12 tahun.

7. Rotavirus Vaksin

Rotavirus vaksin berfungsi agar anak terhindar dari penyakit rotavirus yang cukup berbahaya, yaitu dapat menyebabkan kelumpuhan. Jadwal imunisasi anak  vaksin rotavirus yaitu ketika anak berusia 6-12 minggu, sedangkan untuk dosis kedua diberikan dengan interval minimal lebih dari 4 minggu.

8. Varisela

Jadwal pemberian vaksin varisela yaitu diberikan ketika anak sudah berusia 12 bulan, karena apabila vaksin ini diberikan pada anak yang berusia kurang dari 12 bulan maka harus diberikan 2 dosis dengan interval waktu 4 minggu.

9. Vaksin MMR

Bagi seorang anak yang tidak pernah diberikan imunisasi campak, maka anak wajib melakukan imunisasi MMR. imunisasi anak MMR diberikan saat anak sudah memasuki usia 12 bulan dan dosis kedua yaitu saat anak berusia 7 tahun.

10. Vaksin Influenza

Vaksin influenza bertujuan agar anak terhindar dari penyakit influenza yang  seringkali menyerang anak-anak. Untuk itu sebaiknya ibu memberikan imunisasi anak influenza saat ia berusia lebih dari 6 bulan.

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist Editor.

BACA JUGA: Bahayakah Keluar Cairan Kuning setelah Persalinan?

386 Babyologist Editor Send Message to Writer

Related Stories