Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

C-Section Berarti Bukan Ibu yang Sesungguhnya?

MY STORY  |  06 Sep '17


Saya sering mendengar orang berkata bahwa jika kita memilih untuk operasi Caesar (C-Section) berarti kita belum menjadi ibu yang sesungguhnya. Pernyataan yang benar-benar salah. Sebetulnya ketika kita mengetahui bahwa kita hamil, itulah saat kita sudah menjadi seorang IBU. 

Pengalaman yang saya alami, cukup membuktikan jika tidak benar pernyataan "Memilih C-Section berarti anda belum menjadi ibu yang sesungguhnya"

Dari awal kehamilan, saya bertekad untuk melahirkan secara normal karena banyak masukan dari keluarga dan sekitar.

Semua berjalan normal, aktivitas saya lakukan seperti biasa sampai kehamilan saya memasuki usia 32 minggu. Dokter berkata bahwa kandungan saya memiliki cairan ketuban yang pas (tidak lebih tidak kurang). Saran awal dokter agar saya perbanyak minum air dan perbanyak istirahat.

Saran dokter sudah saya ikuti, bahkan saya bisa minum air 5 liter per hari ditambah air kelapa 1 minggu 2x. Pada 34 minggu, dokter berkata cairan saya tidak bertambah. Saran kedua dokter adalah infus cairan penambah ketuban dan vitamin.

Saya jalani rawat inap untuk infus cairan selama 3x bolak balik rumah sakit. Pertama, kehamilan 34 minggu selama 3 hari diinfus dan disuntik pematangan paru, cairan bertambah. Kedua, kehamilan 36 minggu selama 3 hari diinfus dan disuntik pematangan paru cairan bertambah. Ketiga, kehamilan 37 minggu selama 3 hari diinfus dan disuntik pematangan paru cairan tidak bertambah dan akhirnya dokter memberikan pilihan jalani operasi atau tetap diinfus. 

Pas usia kehamilan 38 minggu saya jalani operasi. Pada rawat inap yang ketiga dokter baru yakin bisa C-Section karena berat bayiku sudah memasuki batas aman (perkiraan 2,5 kg lahir 2,7 kg). 

Setiap ibu yang memilih C-Section atau melahirkan secara normal mempunyai alasan sendiri. Jika orang melihat dari segi perjuangan atau sakitnya, melahirkan secara normal ataupun C-Section itu sama dan tidak bisa dibandingkan. Kita tidak bisa menilai seseorang hanya karena dia memilih melahirkan secara normal atau C-Section. Karena tidak ada ibu yang tidak hebat, semua ibu adalah yang terbaik. Dari awal kehamilan hingga melahirkan banyak proses yang telah dilalui. Pergorbanan setiap ibu berbeda-beda, jadi tidak bisa membandingkan antar ibu.

By: Liana Lie 

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

1437 Liana Lie

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Persiapan Libur Panjang, Yuk Intip Aktivitas Seru untuk si Kecil

Persiapan Libur Panjang, Yuk Intip Aktivitas Seru untuk si Kecil. Meski

Rekomendasi ASI Booster versi Babyo

Agar Moms bisa menimbang kebutuhan ASI booster yang sesuai, berikut adalah rekomendasi ASI booster untuk ibu menyusui versi Babyo. Bagaimana [...]

Mom, Keluargaku Menentang Kehamilanku

SELASA CURHAT: Keluarga sama sekali ga membantu aku. Malah bilang, "Rasain tuh suruh siapa hamil". Padahal aku dan suamipun ga merencanakan. [...]

Mom, Apa Semua Harus Jadi Salahku?

SELASA CURHAT: Akhir-akhir ini aku ngerasa hambar dengan pernikahan ini. Aku harus gimana ya moms?

Mom, Apakah Ngidamku Ini Salah?

SELASA CURHAT: Aku ingin curhat seputar ngidam pada kehamilan, ada yang bilang ngidam itu wajar dan ada juga yang bilang itu cuma [...]

Kesempatan Kedua Setelah Kehilangan

APA KATA MOMS? Bagaimana sih menurut Moms tentang kesempatan kedua setelah kehilangan (keguguran)?

Mom, Aku Tidak Didukung Menyapih

SELASA CURHAT: Aku merasa tidak mendapat support darimana-mana. Di rumah sendiri aku kewalahan, di rumah orangtua aku dikomentarin.

Mau Me Time, Tapi Kepikiran Anak

APA KATA MOMS? Bagaimana sih cara Moms menjalani me time tanpa rasa bersalah dan jadi kepikiran soal anak?

Moms, Apakah Hubunganku dengan Suami Sehat?

SELASA CURHAT: Aku seringkali berdebat sama suami soal banyak hal termasuk cara mendidik anak. Apa memang semua rumah tangga awalnya begini ya [...]

Salah Banget Ya, Gunakan MPASI Instan?

APA KATA MOMS? Tentunya Moms punya pertimbangan sendiri memilih MPASI Instan, yang notabene juga bisa memenuhi kebutuhan gizi si kecil.

Moms, Anakku Susah Diatur

SELASA CURHAT: Anakku belakangan ini dia mudah sekali ngambek kalo kehendaknya gak di turutin, mulai agak jail sama teman-temannya, dan kalo aku [...]

Komentar Nyebelin untuk Ibu Hamil

APA KATA MOMS? Bagaimana Moms menghadapi orang yang suka berkomentar 'nyebelin' untuk ibu hamil?

Anti Panik Menjaga Kesehatan Gigi Anak 0-3 Tahun

Hallo parents, pernah tidak merasa kesulitan menjaga kesehatan gigi anak?

Membuat Anak Mencintai Negara Indonesia

Sudahkah kita sebagai warga negara Indonesia memiliki rasa cinta kepada tanah air kita?

Moms, Aturan Anakku Dilanggar Kakek Neneknya

SELASA CURHAT: Aku selama dirumah jarang banget kasih anakku jajanan MSG atau cokelat yang ga bagus untuk giginya. Eh giliran di rumah kakek [...]

Serba Salah Menjadi Orang Tua

APA KATA MOMS? Bagaimana Moms menghadapi kondisi serba salah menjadi orang tua?

Mom, Pandemi Ini Membuatku Goyah

SELASA CURHAT: Ekonomi yang lagi surut karna pekerjaan suami terkena dampak, ditambah kondisi anak yang memerlukan perhatian penuh.

Asisten Rumah Tangga, Perlu atau Tidak?

APA KATA MOMS? Sayangnya, kadang anak malah jadi lebih dekat pada asisten rumah tangga atau pengasuhnya daripada bersama dengan Moms. Bagaimana [...]

Mom, Aku Lelah!

Setiap Selasa, Babyo ingin memberikan kesempatan Moms untuk curhat seputar kehamilan dan parenting. Akan ada curhat Moms yang akan Babyo post [...]

Suka Duka Bersama Mertua

APA KATA MOMS? Berhubung harus di rumah aja, minggu ini Babyo ingin mendengar pendapat Moms tentang tinggal bersama dengan mertua, nih.