Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Cradle Cap dan Minyak Kutus-Kutus

HEALTH TIPS  |  MY STORY  |  REVIEWS  |  05 Feb '19

Kulit bayi yang baru lahir masih sangat lembut dan sensitif, pengaturan kelenjar minyak bawah kulitnya pun masih belum sempurna sehingga bayi sangat rentan mengalami masalah kulit.

Salah satu permasalahan kulit yang umum dialami bayi baru lahir adalah cradle cap. Cradle cap atau kerak kepala terjadi karena penumpukan sel kulit mati akibat produksi minyak berlebih pada kulit bayi. Umumnya muncul di kulit kepala, namun pada beberapa kasus juga muncul di daerah wajah dan lipatan-lipatan tubuh.

Cradle cap tidak berbahaya dan dapat berangsur hilang dengan sendirinya. Namun kerak ini tetap perlu mendapatkan perawatan ya Moms, karena terkadang dapat membuat bayi merasa gatal.

Anak kedua saya, Ilsha mengalami cradle cap sebesar koin di bagian belakang kepalanya. Awalnya tipis sekali dan setiap habis keramas mulai mengelupas sedikit demi sedikit. Namun, lama kelamaan saya perhatikan cradle cap tersebut semakin menebal dan anak saya menggaruknya karena gatal. Sayangnya akibat garukan tadi, timbul iritasi dan bagian cradle cap menjadi kemerahan dan melebar.

Kemudian saya beberapa kali mencoba mengobati cradle cap tersebut namun belum berhasil. Saya beri Hydrocortisone dosis ringan sesuai anjuran dokter, baby cream, hingga mengoleskan minyak zaitun di bagian cradle cap tersebut beberapa saat sebelum anak saya mandi, namun belum juga sembuh.

Kebetulan saya sedia minyak Kutus-Kutus, biasanya saya pakai untuk memijat anak saya. Karena kandungan yang terdapat dalam Minyak Kutus-Kutus ini alami dan aman untuk bayi, saya putuskan untuk mencoba mengoleskan Minyak Kutus-Kutus untuk cradle cap anak saya.

Pengolesan minyak membantu melunakkan kerak yang menumpuk dari cradle cap tersebut, sehingga mudah terkelupas sendiri tanpa melukai kulit di bawahnya. Pengelupasan dapat dibantu dengan menyisir lembut dengan sikat khusus rambut bayi di bagian cradle cap. Setelah itu, anak dimandikan dan keramas seperti biasa.

Pertama kali setelah dioles Minyak Kutus-Kutus, cradle cap melunak dan serpihannya mulai rontok, kemudian setelah keramas mengelupas seluruhnya. Saya pikir perlu beberapa kali diaplikasikan untuk sembuh, namun cukup satu kali saja cradle cap di kepala anak saya sudah hilang total dan tidak timbul lagi.

Senang sekali rasanya akhirnya kepala Ilsha sudah bersih dan tidak terasa gatal lagi. Saya dan keluarga suka sekali Minyak Kutus-Kutus ini, karena komposisinya yang natural, aman untuk seluruh anggota keluarga, serta 100% herbal organik tanpa bahan kimia, wanginya pun lembut dan membuat rileks.

 

Semoga bermanfaat.

By: Afra Meilianda

Copyright by Babyologist

318 Afra Meilianda

Comments

Related Stories