Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Cottonseed Oil, Apa Manfaatnya?

HEALTH TIPS  |  MY STORY  |  25 Apr '19

Sebelum memasuki masa kehamilan, saya masih merasa asing dengan minyak biji kapas atau yang biasa disebut dengan cottonseed oil. Berbeda dengan minyak zaitun atau minyak kelapa yang lebih terasa familiar di telinga saya. Perubahan hormon saat hamil tentunya berpengaruh pula pada kondisi kulit saya. Untuk ibu hamil, peluang muncul stretchmark sangat besar, itulah kenapa pada saat itu saya mulai mencari informasi mengenai pencegahan munculnya stretchmark. Dari beberapa sumber, saya mulai mengenal cottonseed oil yang ternyata mulai banyak digunakan sebagai komposisi untuk skincare alami.

Saat belanja kebutuhan si Kecil yang pada saat itu masih berada di rahim pun, saya upayakan mencari skincare alami yang mengandung cottonseed oil yang terbukti mampu menjaga elastisitas kulit serta kelembaban kulit, dan aman serta lembut bagi kulit bayi.

Seperti apa sih minyak biji kapas atau cottonseed oil itu?

Cottonseed oil merupakan minyak yang merupakan hasil ekstraksi dari berbagai spesies biji tanaman kapas (namun mayoritas menggunakan spesies gossypium hirsutum dan gossypium herbaceum). Selain dikonsumsi langsung untuk menurunkan kadar LDL (lemak jahat) dan meningkatkan produksi HDL (lemak baik) dalam darah, ternyata cottonseed oil juga memiliki banyak manfaat bagi kulit dan rambut Moms.

Beberapa manfaat cottonseed oil sebagai skincare alami di antaranya

  1. Mampu melembabkan dan mengurangi iritasi serta peradangan pada kulit karena kandungan vitamin E, asam lemak, serta antioksidan dalam cottonseed oil hampir setara dengan olive oil (minyak zaitun)

  2. Mampu mengobati bekas luka dan bekas infeksi kulit karena tingginya kadar vitamin E.

  3. Mampu menjaga kadar protein dalam rambut sehingga tetap lembab.

  4. Mampu memelihara kesehatan rambut dari paparan zat kimia berbahaya yang terkandung dalam produk untuk mempercantik rambut.

Karena itulah, dalam memilih produk saat hamil dan untuk bayi, saya teliti membaca komposisinya. Produk yang memiliki kandungan cottonseed oil menjadi pilihan saya.

Minyak biji kapas berwarna kuning cerah karena mengandung polyunsaturated fat yang mampu menurunkan kadar LDL (lemak ‘jahat’) dan meningkatkan produksi HDL (lemak ‘baik’) dalam darah.

Semoga bermanfaat.

By: Dita Anindia via Babyologist

49 Dita Anindia

Comments

Related Stories