Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Contoh Kegiatan si Kecil Saat Berpuasa

HEALTH TIPS  |  OTHERS  |  TODDLER  |  27 May '19


Bulan Ramadan dapat menjadi momen yang tepat untuk Moms mengajarkan si Kecil berbuat dan bersikap baik. Misalnya melalui puasa, Moms dapat melatih kesabaran si Kecil untuk menahan diri tidak makan, tidak minum dan tidak melakukan sesuatu yang membatalkan puasa. Apalagi, sebagian besar penduduk Indonesia adalah Muslim. Tentunya, ini memudahkan Moms untuk mengajari si Kecil berpuasa karena suasana lingkungan mendukung. Dengan segala kemudahan tersebut, bagaimanakah cara Moms mengajarkan berpuasa kepada si Kecil untuk pertama kalinya? Simak contoh kegiatan si Kecil saat berpuasa ini yang bisa menjadi pedoman Moms.

Moms perlu mengingat bahwa anak kecil tidak diwajibkan berpuasa. Maka dalam melatih si Kecil yang belum baligh, Moms tidak perlu memaksakan dirinya harus sempurna dalam hal waktu berpuasa. Jangan memaksanya apabila si Kecil sudah tidak kuat berpuasa dan harus berbuka. Apabila memang dia menunjukkan tanda-tanda tidak kuat berpuasa, berilah kesempatan dia untuk berbuka. Selanjutnya, berikan motivasi kepadanya untuk sabar dan semangat dalam berpuasa.

Jadwal puasa si Kecil

Moms boleh mengenalkan si Kecil tentang puasa saat dia masih balita, semuda-mudanya umur empat tahun. Pengenalan puasa ini harus dilakukan secara bertahap.

Pertama-tama jelaskan tentang arti, makna, dan tujuan berpuasa dengan bahasa yang mudah dipahami si Kecil. Lantas, tunjukkan contoh cara berpuasa.

Saat waktu makan sahur, bangunkan si Kecil untuk makan sahur bersama. Dengan mengajaknya sahur bersama, diharapkan dia akan memiliki motivasi lebih untuk berpuasa.

Puasa untuk anak kecil bukan berarti tidak boleh makan dari subuh hingga magrib. Untuk pengenalan, ajari dia untuk menunda waktu makan siang. Misalnya, jika dia biasa sarapan pukul 07.00, beri tahu dia untuk menunda waktu sarapan hingga pukul 10.00.

Kemudian, dorong si Kecil untuk berpuasa hingga pukul 15.00. Dia boleh berbuka sebentar, memenuhi kebutuhan cairan dan kalorinya, lalu berpuasa lagi hingga magrib. Ajak dia berbuka puasa bersama keluarga, salat bersama, hingga tarawih bersama.

Jika si Kecil masih belum mampu tidak makan selama beberapa jam, berikan sedikit kelonggaran dengan memperbolehkannya berbuka sebentar. Lambat laun, dalam kurun waktu satu bulan, ketahanannya untuk menahan lapar mungkin meningkat hingga hampir mendekati jam orang berpuasa penuh.

Apa pun strategi Moms dalam mengatur jadwal si Kecil berpuasa, lakukan dengan melihat kemampuan si Kecil. Ini semua hanya untuk memotivasinya agar dapat melakukan kegiatan berpuasa yang terbaik sesuai kemampuan.

Kegiatan selama si Kecil berpuasa

Selama berpuasa, si Kecil tidak disarankan untuk bermalasan-malasan menunggu waktu berbuka. Ini bisa membuatnya tambah lapar karena bosan dan terus memikirkan makanan. Apabila dia terlihat lemas dan mengantuk, biarkan dia untuk tidur siang namun jangan sampai membuang-buang waktu hanya untuk tidur. Untuk "ngabuburit" si Kecil, Moms bisa mengajaknya bermain di lapangan, belajar mengaji, atau membeli takjil.

Semoga bermanfaat.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

190 Babyologist Indonesia

Comments

Related Stories