Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Cod Liver Oil Mampu Mengoptimalkan Kecerdasan

HEALTH TIPS  |  MY STORY  |  TODDLER  |  30 Oct '19


Sebagian besar pasti sudah tau ya tentang cod liver oil atau minyak hati ikan kod, saya juga sudah mengonsumsinya dari kecil. Dan sekarang, anak saya pun saya berikan cod liver oil ini. Bahkan sekarang tidak sulit untuk menemukannya di setiap apotek.

Cod liver oil terbuat dari hati ikan kod yang kaya akan asam lemak omega 3, EPA atau eikosapentaeonik dan DHA atau dokosahexaeonik, selain itu minyak hati ikan cod juga memiliki kandungan gizi dan vitamin yang sangat diperlukan untuk anak-anak. Dari cirinya, cod liver oil biasanya berupa kapsul atau cairan berwarna kuning bening dan tembus cahaya, serta memiliki aroma khas yang mirip dengan makanan laut.

Melihat banyaknya manfaat dan khasiat yang dimiliki cod liver oil ini pun saya memutuskan untuk menggunakannya pada anak saya.

Rutin mengonsumsi Cod Liver Oil dapat menyeimbangkan gizi pada anak, sehingga si Kecil selain lebih kuat daya tahan tubuhnya juga lebih cerdas dan bersemangat Moms. Bukan berarti kita harus berlebihan memberikannya, namun tetap sesuai dengan ukuran dan takaran yang pas. Sehingga kecukupan gizi bisa seimbang.

Saya sebenarnya cukup khawatir saat sebelum memberikan cod liver oil ini kepada anak saya, karena seumurannya kita memang harus menyediakan gizi seimbang, namun makanan yang bergizi itu justru jarang disukai anak saya, dan lebih memilih makanan instan, maka saya beralih menggunakan cod liver oil ini untuk memenuhi gizi anak saya.

Anak sulung saya tergolong picky eater, sehingga saya khawatir akan kekurangan nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhannya. Maka saya berikan cod liver oil ini agar asupan nutrisinya tetap terjaga. Anak seusianya sedang dalam masa-masa keemasan, karena mulai berkembangnya saraf otak dan koordinasi tangan serta mata. Untuk itu saya memberikan cod liver oil yang mengandung DHA yang penting untuk menunjang perkembangan susunan saraf anak.

Karena selain nutrisi dan suplemen yang tepat, tetap kita harus melakukan stimulasi otak anak dengan bermain, kegiatan-kegiatan yang membuat koordinasi gerakan seperti bermain musik, dan melakukan aktivitas fisik seperti berjalan-jalan di luar ruangan dan bermain di outdoor.

Namun tidak jarang si Kecil enggan mengonsumsi minyak ikan kod ini kan Moms, begitu juga dengan anak saya, beberapa kali sempat dimuntahkan bahkan mulai pula tidak mau buka mulut, saya menyiasatinya dengan beberapa cara sebagai berikut:

- pilihlah minyak ikan dengan rasa yang disukai si Kecil, kita tau kan anak kecil lebih suka yang beraroma manis dan tidak amis, maka dari itu saya memberikannya dengan rasa jeruk, atau tuti fruity.

- campurkan dengan madu
Hal ini pernah saya lakukan, karena anak sulung saya suka madu, maka saya menyiasatinya dengan mencampur cod liver oil dengan madu, maka rasanya pun akan tersamarkan.

- tambahkan minyak ikan kod ke dalam masakan kesukaan si Kecil
Karena si sulung saya suka dengan ikan air tawar kukus, biasanya sebagai pengganti minyak zaitun, saya tambahkan sedikit ke dalam masakannya.

- Membiasakannya agar tetap mengonsumsi minyak ikan kod
Memang awalnya bagi yang tidak terbiasa sedikit sulit ya Moms, kita memang tidak harus memaksakannya juga, namun jika rutin diberikan anak akan terbiasa dengan sendirinya.

- Jika minyak ikan cod dalam bentuk cair tidak berhasil, Moms bisa menggantinya dengan cod liver oil berbentuk tablet kunyah seperti manisan atau sejenis jeli yang sudah banyak di jual di apotek atau di e-commerce.

Cod liver oil memang banyak sekali manfaatnya untuk tubuh anak kita ya Moms, dapat mengoptimalkan pertumbuhan kecerdasannya. Namun kita juga tidak serta merta memberikannya secara berlebihan, pastikan pula membaca petunjuk penggunaan atau berkonsultasi dengan dokter ahli agar kita dapat mendapatkan khasiat baiknya secara optimal.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

397 Arlina Yunita

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Minyak Ikan Kod untuk Tumbuh Kembang dan Kecerdasan Anak

"Biar anaknya pinter, dikasih minyak ikan saja!" Moms pasti sudah tidak asing mendengar saran yang satu ini kan?

Beragam Manfaat Minyak Hati Ikan Kod

Minyak ikan saat ini sudah banyak digunakan sebagai suplemen makanan, baik itu untuk anak-anak maupun dewasa.

Segudang Manfaat Mengonsumsi Cod liver Oil

Pastinya Moms sudah tidak asing lagi kan dengan suplemen yang satu ini? Yap, minyak hati ikan kod atau Cod liver oil.