Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Cod Liver Oil Bikin Anak Cerdas, True or False?

GROWTH & DEVELOPMENT  |  HEALTH TIPS  |  MY STORY  |  TODDLER  |  30 Oct '19


Ketika masih kecil, aku tuh selalu disuruh orang tua untuk minum cod liver oil sebagai vitamin tambahan.

Yup, dari dulu cod liver oil memang sudah dikenal khasiatnya sebagai tambahan nutrisi bagi tubuh. Minyak ini diambil dari organ hati ikan kod yang hidup di lautan Atlantik dan Pasifik, banyak sekali manfaatnya buat si Kecil, apa saja itu?

1. Daya tahan tubuh

Asupan dari minyak ikad kod mengandung vitamin D yang bagus untuk sistem kekebalan tubuh. Cocok dikonsumsi sehari-hari supaya si Kecil tidak gampang sakit, apalagi kalau dia lagi senang-senangnya bermain di luar rumah.

2. Kesehatan mata

Khawatir dengan kesehatan mata anak, tapi dia tidak suka makan wortel? Nah cod liver oil bisa jadi solusinya karena kaya akan vitamin A dan asam omega 3.

Dua kandungan tersebut memperbaiki aliran darah ke mata dan mencegah kerusakan mata yang mengarah ke glukoma sehingga dalam jangka panjang penglihatan si Kecil akan tetap sehat.

3. Optimalkan fungsi otak

Selain kaya akan vitamin A, D, serta asam lemak omega 3, cod liver oil juga mengandung asam eikosapentaenoik (EPA), asam dokosahexaenoik (DHA) yang bermanfaat untuk mendukung & menunjang pertumbuhan sel-sel otak dan saraf yang membuat anak jadi cerdas.

4. Mencegah rakitis

Penyakit rakitis banyak dialami oleh bayi yang kekurangan nutrisi dalam masa tumbuh kembangnya. Biasanya berdampak pada perubahan bentuk tulang kaki, misalnya jadi letter O atau X.

Nah, 1 sdm minyak ikan kod mengandung vitamin D sebanyak 1360 IU, cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin D anak setiap hari.

Kapan Anak Butuh Cod Liver Oil?

Meski banyak manfaat, penggunaan cod liver oil tentu tidak boleh sembarangan. Harus dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter, biar tahu berapa takaran yang dibutuhkan sehingga si Kecil bisa merasakan manfaat yang optimal.

Karena waktu Sofia umur 3 bulan, aku pernah minta DSA untuk diresepkan cod liver oil soalnya ketika kecil aku kan selalu minum vitamin seperti itu.

Tapi ternyata belum boleh, karena nutrisi dari cod liver oil ternyata sudah ada dalam kandungan ASI lewat makanan atau suplemen minyak ikan yang dikonsumsi ibu.

Kalau si Kecil sudah berusia 1 tahun ke atas lalu dia termasuk anak yang picky eater atau susah makan, Moms bisa konsultasi ke DSA perlukah mengonsumsi cod liver oil.

Terkadang meski sudah dapat approved DSA, pemberian cod liver oil memberi tantangan tersendiri bagi orang tua. Karena banyak anak yang tidak suka minum vitamin minyak ikan gara-gara  amis, bikin mual dan rasanya tidak enak.

Tenang saja Moms, kalau sudah begini, kamu bisa menyiasatinya dengan memilih susu formula yang mengandung cod liver oil, contohnya Vidoran Xmart. Pasti rasanya lebih diterima si Kecil karena anak setiap hari kan terbiasa minum susu.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

321 Regina Nabila Fiardini

Comments

Related Stories