Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Clogged Duct Teratasi dengan Pompa ASI yang Tepat

11 Mar '20


Clogged Duct merupakan salah satu masalah menyusui yang ingin dihindari Moms. Clogged Duct yang sudah dalam tahap severe (parah) sangat menyakitkan Moms dan perlu usaha ekstra untuk dapat mengatasinya.

Clogged Duct adalah benjolan pada payudara karena tersumbatnya aliran ASI. Biasanya, sumbatan ini terjadi pada satu sisi payudara saja. Namun demikan, hal ini tetap dapat menghambat proses menyusui dan akan menurunkan produksi ASI jika dibiarkan.

Lalu, mengapa bisa terjadi Clogged Duct? Ini terjadi karena Moms yang jarang mengosongkan payudara sepenuhnya sehingga saluran ASI tersumbat. Namun, dapat terjadi karena faktor lainnya Moms, misalnya bayi tongue-tied sehingga tidak bisa menyusu dengan baik, salah memilih pompa ASI, dan lain-lain.

Untuk mencegah risiko terjadinya Clogged Duct, Moms perlu melakukan treatment khusus terhadap payudara. Ada beberapa langkah yang perlu Moms lakukan yaitu :

  1. pilihlah pompa ASI yang tepat
  2. sebelum pumping, kompres payudara dengan handuk yang dicelupkan ke air hangat
  3. lakukan breast massage menggunakan minyak
  4. pumping setelah selesai DBF atau secara berkala 2-3 jam sekali

Tidak semua pompa ASI didesain untuk mengatasi masalah menyusui Moms. Pompa ASI yang perlu Moms pilih adalah pompa ASI yang memiliki isapan kuat namun lembut agar sumbatan pada saluran ASI hilang tanpa meninggalkan rasa sakit. Pompa ASI yang mampu melakukannya adalah pompa ASI dual motor karena memiliki hisapan kuat dan lembut serta adjustable. Selain itu, pompa ASI dual motor memiliki fitur lain yang sangat menunjang kebutuhan Moms dalam proses menyusui.

Karena Clogged Duct terjadi pada satu sisi payudara saja, Moms harus membedakan perawatannya. Caranya adalah dengan mengatur level isapan. Bagian payudara yang mengalami Clogged Duct level isapannya harus disetel lebih tinggi dari bagian payudara normal. Hal ini tidak dapat dilakukan dengan pompa ASI single motor karena pompa ASI tipe ini tidak adjustable, berbeda dengan pompa ASI dual motor. Dengan fitur adjustable yang dimiliki pompa ASI dual motor itulah pengosongan payudara Moms berjalan maksimal sehingga risiko Clogged Duct dapat dihindari.

Semoga bermanfaat.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

312 H Eka Putri

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Peran Suami supaya Sukses ASI di New Normal

Sukses mengASIhi tidak lepas dari peran para suami loh, setuju ga Moms? Simak bersama yang berikut ini yuk.

Pompa Asi Dual Motor Andalan Moms Milenial

Apabila Moms masih bingung dan belum memutuskan pompa ASI mana yang cocok, Moms sebaiknya memilih pompa ASI dual motor yang memiliki lebih [...]

Keistimewaan Breast Pump Dual Motor

Pompa ASI dual motor menurut saya sangat membantu dan cocok digunakan oleh Moms untuk membuat rutinitas pumping bisa menyenangkan dan tanpa [...]

Alasan Bayi Menolak ASI & Cara Mengatasinya

Moms, pernahkah si Kecil menolak ketika disusui? Yuk cari tahu penyebab dan cara mengatasinya di sini.