Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Ciri-Ciri Orang Hamil dari Raut Wajah

HEALTH TIPS  |  MY STORY  |  24 Nov '21


Umumnya, ciri-ciri orang hamil akan diketahui dari tidak terjadinya menstruasi. Akan tetapi, ada juga sebagian orang yang bisa mengenali tanda-tanda hamil lewat ciri-ciri orang hamil dari raut wajah. Tanda awal kehamilan ini biasanya bisa dirasakan pada sekitar minggu keempat.

Pasalnya, ada beberapa hal yang bisa menyebabkan raut wajah pada ibu hamil berubah. Hal ini terjadi karena biasanya ibu hamil akan mengalami masalah kulit yang sama seperti ketika seseorang mengalami perubahan hormon dan sirkulasi darah.

Apa Saja Ciri-Ciri Orang Hamil dari Raut Wajah?

Menurut World Health Organization (WHO) sendiri, pengertian dari kehamilan adalah proses yang terjadi dalam 9 bulan atau lebih. Dalam kurun waktu ini, seorang wanita akan membawa embrio dan janin yang sedang berkembang di dalam rahimnya.

Setelah memahami pengertian kehamilan menurut WHO tersebut, sekarang Moms bisa menyimak dengan baik apa saja ciri-ciri orang hamil jika dilihat dari raut wajahnya. Berikut adalah ciri-ciri yang dimaksud:

1. Flek Hitam

Salah satu ciri utama pada kulit wajah orang hamil adalah muncul flek hitam atau biasa disebut juga dengan melasma. Melasma yang dimaksud adalah sebuah kondisi pada wajah yang mengalami bercak hitam atau flek hitam dan muncul di beberapa bagian wajah.

Karena banyaknya ibu hamil yang mengalami perubahan kulit seperti ini, melasma juga sering disebut sebagai “topeng kehamilan”. Sebenarnya, melasma ini tidak terlalu berbahaya bagi ibu hamil dan nantinya akan hilang dengan sendirinya.

Namun, jika Moms merasa keluhan itu terlalu mengganggu, Moms bisa segera memeriksakannya ke dokter kulit. Umumnya, flek hitam atau melasma ini akan muncul di bagian dahi, hidung, pipi, leher, maupun dagu ibu hamil.

Untuk mengatasi permasalahan kulit seperti ini, Moms bisa menggunakan makeup atau skincare seperti sunscreen dengan nilai SPF minimal 30 untuk menutupi area tersebut. Kendati demikian, ada hal yang perlu diingat, produk makeup yang akan digunakan tersebut harus sesuai dan aman untuk ibu hamil.

2. Jerawat

 

Selain flek hitam, ciri-ciri orang hamil dari raut wajah juga bisa dilihat dari munculnya jerawat pada wajah. Biasanya, jerawat hamil akan cenderung lebih keras saat disentuh. Penyebab munculnya jerawat ini adalah terjadinya peningkatan hormon androgen.

Hormon androgen inilah yang menyebabkan kelenjar di kulit terus tumbuh dan menghasilkan zat berminyak dalam jumlah yang lebih banyak. Zat berminyak yang disebut sebum tersebut mengakibatkan pori-pori tersumbat dan membuat jerawat muncul di wajah.

Cara aman untuk mengatasi permasalahan kulit pada ibu hamil yang satu ini adalah dengan mengaplikasikan madu ke wajah Moms. Oleskan madu ke daerah wajah yang berjerawat dan tunggu hingga 20-30 menit. Ketika sudah melewati kurun waktu tersebut, Moms bisa membilasnya dengan air hangat. Cara ini dijamin aman untuk ibu hamil sehingga patut untuk dicoba.

3. Tanda Lahir dan Tahi Lalat

Ciri-ciri orang hamil dari raut wajah lainnya adalah ditandai dengan menggelapnya tanda lahir maupun tahi lalat yang ada di wajah. Peningkatan hormon pada ibu hamil dapat mengakibatkan terjadinya perubahan pada pigmentasi kulit. 

Perubahan pada pigmentasi kulit membuat warna dari tanda lahir dan tahi lalat di wajah akan lebih gelap. Namun, Moms tidak perlu khawatir karena pigmentasi tidak akan membahayakan kesehatan ibu dan bayi meskipun pigmentasi kulit ini akan terjadi dalam jangka waktu sepanjang kehamilan.

Bahkan, setelah Moms melahirkan, pigmentasi kulit ini menetap. Meski tergolong aman, jika Moms merasa ada perubahan bentuk juga pada tanda lahir dan tahi lalat yang ada di wajah, Moms bisa segera memeriksakannya ke dokter kulit yang terpercaya.

4. Wajah Berminyak

Kondisi wajah berminyak sudah menjadi hal yang wajar dialami ibu hamil. Kondisi ini bisa terjadi karena Moms sedang memproduksi lebih banyak darah bahkan hingga sebesar 50%. Dengan peningkatan jumlah darah ini, darah yang bersirkulasi dalam tubuh lebih banyak. Tubuh juga akan lebih banyak memproduksi hormon.

Peningkatan jumlah hormon yang terjadi membuat kelenjar minyak bekerja secara berlebihan. Karena itulah, wajah ibu hamil tampak lebih berkilau. 

Masalah kulit berminyak pada ibu hamil dapat diatasi dengan cara yang mudah yang aman. Solusinya, gunakan pembersih wajah bebas minyak yang mengandung zat aman untuk kesehatan ibu hamil.

5. Pembuluh Darah

Perubahan pembuluh darah pada ibu hamil ini biasa disebut juga dengan istilah spider veins. Kondisi ini terjadi ketika pembuluh darah yang kemerahan dan bercabang akan terlihat dari luar. Penyebab dari kondisi ini adalah karena terjadi peningkatan sirkulasi darah pada bagian wajah, leher, dan dada.

Spider veins pada dasarnya tidak berbahaya dan akan hilang segera setelah Moms melahirkan. Oleh karena itu, Moms tidak perlu khawatir jika hal ini terjadi kepada masa-masa kehamilan si Kecil. Selain itu, kondisi ini juga dapat diatasi dengan mudah yaitu dengan meningkatkan asupan vitamin C dan tidak menyilangkan kaki pada saat sedang duduk.

6. Bengkak Pada Wajah

Kondisi perubahan kulit wajah pada ibu hamil lainnya adalah pembengkakan pada wajah. Pembengkakan wajah (edema) pada ibu hamil disebabkan karena tubuh Moms memproduksi sekitar 50% darah lebih banyak. Produksi cairan tubuh juga meningkat demi memenuhi kebutuhan si Kecil. 

Umumnya, edema bisa dihindari dengan cara mengaplikasikan kompresi dingin pada area yang membengkak. Area bengkak yang dikompres tersebut akan kempes secara perlahan. Selain kompres air dingin, bengkak di wajah ibu hamil bisa diatasi dengan cara banyak mengonsumsi air putih. Sering minum air putih akan mengurangi retensi air dan garam berlebih dalam tubuh.

Pertanyaan yang Sering Diajukan oleh Ibu Hamil beserta Jawabannya

Ada beberapa pertanyaan khusus yang kerap kali dipertanyakan oleh ibu-ibu hamil, terutama ibu-ibu hamil yang baru sekali mengalami kondisi ini. Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan oleh ibu hamil beserta jawaban lengkapnya, yaitu:

1. Apa Tanda Pasti Hamil?

Tanda pasti hamil biasanya akan muncul dalam minggu-minggu pertama kehamilan. Umumnya, tanda paling utama adalah terjadinya perubahan pada payudara yang menjadi lebih besar, berat, kencang, dan juga keras.

Selain itu, payudara juga akan terasa lebih sensitif, bahkan terkadang ada juga yang menjadi lebih mudah nyeri. Biasanya, warna puting ibu hamil juga akan berubah menjadi lebih gelap daripada sebelumnya.

2. Apakah Wajah Pucat Tanda Hamil?

Pertanyaan ini juga tidak jarang diajukan oleh ibu hamil. Jawaban tepat dari pertanyaan ini adalah memang bisa menjadi tanda hamil atau lebih tepatnya merupakan tanda anemia kehamilan. 

Pada dasarnya, tanda anemia kehamilan sebenarnya tidak berbeda jauh dengan anemia pada umumnya. Maka dari itu, salah satu tanda utama dari anemia kehamilan ini adalah wajah berubah terlihat lebih pucat.

Dengan mengenali ciri-ciri orang hamil dari raut wajah di atas, Moms bisa lebih mudah untuk mengetahui apakah Moms sedang hamil atau tidak. Sementara itu, selain mengetahuinya dari ciri-ciri di atas, Moms juga perlu memperhatikan kapan terakhir mengalami menstruasi.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

248 Babyologist Indonesia

Comments

LATEST POSTS

Apa Saja Bawaan Hamil Bayi Perempuan?

Dari sekian banyak pertanyaan yang diajukan ibu hamil, mungkin salah satu dari Moms pernah

Si Kecil Sering Menolak Minum Obat, Coba Cara Ini Moms!

Terkadang anak-anak yang penurut pun bisa menolak dan rewel ketika diminta minum obat. Meski Si Kecil sadar manfaatnya, banyak alasan untuk [...]

Tips Nyaman Berliburan Bersama Si Kecil di Masa Pandemi

[foto1]COVID-19 membuat orang tua di seluruh dunia bertanya-tanya apakah mereka bisa berliburan

Tips Berolahraga Ala Moms

Hai Moms, Moms pasti tahu dong salah satu cara ampuh untuk melawan virus Corona dan juga virus-

Awas!! Jangan Asal Memilih Hand Sanitizer untuk Si Kecil

Pandemi Corona ini membuat kita lebih sadar akan kebersihan terutama kebersihan tangan dan area wajah.

Tiga Anjuran Yang Perlu Dilakukan Apabila Ibu Menyusui Berpuasa

Bagi para Busui yang berpuasa, simak tips berikut ini yuk.

Perhatikan Hal-Hal Berikut Saat Busui Ingin Berpuasa

Buat para Busui yang sedang berpuasa, tips berikut ini wajib disimak ya!

Apa itu HEPA 13?

Ada perbedaan signifikan antara filter HEPA yang dibuat oleh merek air purifier yang berbeda.

5 Makanan Cegah si Kecil Konstipasi

Bakteri Lactobacillus reuteri (Lr), misalnya, dapat mencegah gangguan saluran cerna pada anak.

Cegah Abses dengan Rawat Gigi dan Mulut Sejak Dini

Kebersihan gigi dan mulut perlu dirawat sejak dini agar tidak menyebabkan penyakit. Berikut ini beberapa tips merawat gigi si Kecil.

5 Tips Mencegah Virus di Rumah Moms

Moms, simak lima tips mencegah virus yang bisa Moms lakukan di rumah berikut ini.

Manfaat yang Saya Rasakan Setelah Pijat Pasca Persalinan

Moms apa adakah di sini yang setelah melewati proses persalinan, tepatnya saat dalam masa nifas moms melakukan pijat?

Tips Menjaga Tubuh Moms Tetap Fit di Musim Hujan

Curah hujan yang tinggi di awal tahun ini tentu jadi tantangan tersendiri buat Moms dan Moms to be ya.

Resolusi 2020: Menjadi Mama Milenial yang Sehat

Hi moms, umur saya sudah mau memasuki kepala 3 dan saya makin concern with the term of 'getting older'.

Efek Domino Cacar Air di Keluarga Kecilku

Saya terkena cacar air untuk yang kedua kalinya dan itu menular ke kedua anak saya

Pengalamanku Mengalami Nyeri pada Punggung Bekas Suntikan Pasca Operasi Caesar

Kali ini aku mau share pengalamanku mengalami nyeri punggung pasca operasi caesar ya moms

Mitos Pantangan Makanan pasca Persalinan

Apa saja makanan yang dipantang setelah melahirkan? Lalu bagaimana faktanya?

Ternyata Aku Terkena Infeksi Mulut Rahim/Servisitis

Beberapa hari terakhir, aku memang sering mengalami keputihan pada saat sebelum dan sesudah haid.

Jangan Sepelekan Perubahan Hormon!

Baru-baru ini saya mengalami perubahan hormon yang luar biasa menyakitkan buat saya.

Bahayakah Keputihan pada Wanita?

Keputihan biasa dialami oleh hampir setiap wanita, namun bahayakah keputihan pada wanita?