Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Ciri-Ciri Air Ketuban Berkurang

PREGNANCY  |  06 Feb '19


Air ketuban merupakan cairan pelindung janin yang berada pada rahim. Fungsi air ketuban dalam rahim salah satunya adalah memberikan ruang gerak bayi di dalam rahim. Air ketuban juga memiliki fungsi untuk mengendalikan suhu rahim agar bayi nyaman di dalamnya. Biasanya air ketuban akan berkurang pada usia kehamilan 36 minggu itupun hanya sedikit.

Pada saat kehamilan ada berbagai macam pengalaman baru yang dialami. Meskipun sudah pernah merasakan kehamilan sebelumnya tentunya akan mempunyai pengalaman yang berbeda-beda. Ada berbagai macam keluhan yang perlu diwaspadai bagi ibu hamil termasuk berkurangnya air ketuban. Ciri-ciri air ketuban sudah berkurang adalah merasakan seperti menstruasi. Bedanya cairan yang keluar mempunyai ciri-ciri bening, encer dan memiliki bau amis. Cairan yang keluar bisa dalam jumlah sedikit atau banyak. Apabila keluar cairan terlalu banyak sebaiknya anda memeriksakan jumlah ketuban sehingga tidak mengalami ketuban kering.

Bagaimana membedakan air ketuban dan cairan biasa? Anda dapat mengetahui air ketuban dengan ciri-ciri cairan terlihat lebih bening dan memiliki flek putih terkadang juga disertai dengan darah. Apabila diraba air ketuban tidak terasa lengket namun encer. Sebagian ibu hamil memiliki cairan air ketuban yang amis dan sebagian lagi memiliki kandungan air ketuban yang tidak amis. Apabila ingin mengetahui apakah itu air ketuban atau tidak, Anda dapat mengetesnya menggunakan kertas lakmus. Cara pengetesannya pun cukup mudah, Anda dapat meletakkan cairan pada kertas lakmus. Gunakan kertas lakmus yang berwarna merah. Apabila yang keluar adalah air ketuban maka kertas akan berubah menjadi warna biru. Perubahan warna terjadi karena kertas lakmus mempunyai sifat asam sedangkan air ketuban memiliki sifat basa.

Apa indikasi air ketuban keluar dengan tidak normal?

Air ketuban yang merembes sedikit dengan intensitas yang jarang masih dianggap normal. Namun air ketuban yang merembes pada trimester pertama dapat menyebabkan keguguran. Selain itu juga terdapat risiko bayi cacat atau prematur. Apabila air ketuban berkurang dalam jumlah yang banyak pada trimester ketiga, dapat membuat proses persalinan sulit. Jika ini terjadi, kemungkinan dokter akan mengambil langkah lain selain proses kelahiran secara normal.

Bagi ibu hamil sangatlah perlu mengetahui ciri-ciri air ketuban sudah berkurang agar dapat melakukan tindakan apabila hal tersebut terjadi. Jangan tunda untuk melakukan konsultasi ketika merasa air ketuban Anda sering merembes apalagi dalam jumlah yang banyak. Air ketuban yang merembes apabila tidak segera ditangani akan berdampak buruk bagi janin.

Dokter akan memberikan solusi dan penanganan yang sesuai dengan apa yang Anda keluhkan. Umumnya, Anda akan diberi saran untuk beristirahat total dan meminum antibiotik guna menanggulangi bahaya infeksi yang ditimbulkan. Lakukan pemeriksaan secara berkala untuk mengetahui keadaan janin. Sampaikan semua keluhan kehamilan Anda untuk mendapatkan solusi terbaik untuk Anda dan janin. Usahakan agar memperhatikan dan menjalankan saran yang diberikan oleh dokter ya Moms agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti melahirkan secara prematur.

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist

Copyright by Babyologist

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

20348 Babyologist Indonesia

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Demam Berdarah saat kehamilan

Demam Berdarah saat kehamilan Kali ini saya mau sharing pengalaman tiba2 kena demam berdarah saat kehamilan saya baru 28 minggu di bulan [...]

Ikhtiar Melahirkan Normal

Karena segalanya perlu diupayakan, begitu juga dengan proses persalinan. Betul tidak moms? Waktu hamil dulu, saya ingin sekali melahirkan secara [...]

Manfaat Berbicara dengan Janin Dalam Kandungan

Waktu hamil dulu sering mengajak ngobrol dedek bayi tidak moms? Nggemesin ya ngobrol sendiri sama bayi, apalagi kalau pas elus-elus perut terus [...]

Kelahiranmu, Keajaiban Bagiku

Tentang cerita persalinanku, bagi banyak orang mungkin biasa saja, tidak ada yang istimewa. Bukan persalinan ekspres, bukan pula persalinan [...]

HIPERSALIVASI Saat Kehamilan Pertama

Waktu trimester pertama aku hamil rasa mual itu sudah pasti aku alami. Lama kelamaan rasa mual itu terasa makin menjadi-jadi, muntah ketika [...]

Pregnancy Badge

Halo moms! Nama saya Banni Bestina, dan kali ini saya akan bercerita tentang pengalaman saya menggunakan pregnancy badge di Jepang (pre-pandemi).

Memulai Kenyamanan Hidup Dengan Memilih Pakaian Dalam Sorella

Kenyamanan hidup bisa kita mulai dari diri sendiri, dan mood merupakan salah satu yang menentukan kenyamanan yang akan kita rasakan. Jika kita [...]

Tips Menjaga Penampilan Meskipun Sudah Melahirkan...

Tips Menjaga Penampilan Meskipun Sudah Melahirkan 9 dari 10 moms yang sudah melahirkan, pasti merasa bentuk tubuhnya sudah berubah dan tidak [...]

Pengalaman Melahirkan Normal dengan Minus Mata Tin...

Pengalaman Melahirkan Normal dengan Minus Mata Tinggi Hai Moms, apa kabarnya nih Moms? Semoga selalu diberi kesehatan ya Moms. Nah, dalam [...]

MY STORY WITH BRANDS SARIPATI AYAM

Halo moms semua.. Let me sharing ya tentang storyku bersama BRANDS Saripati Ayam. Sebelumnya produk apa sih ini? Jadi ini adalah uplemen [...]

Untuk Bunda-bunda yang sedang bersedih karena kegu...

Untuk Bunda-bunda yang sedang bersedih karena keguguran... I felt you. Terutama ditambah dengan situasi pandemi seperti ini, tapi kita tidak [...]

#SiapJagaImun Bersama BRAND's Saripati Ayam

Jadi ibu itu kadang perlu egois. Kalo gak egois, kita gak bisa jadi diri sendiri. Kalo gak egois, kita akan selalu mengiyakan kata orang lain [...]

Tips Menghadapi Stres Pada Bumil

Bismillah setelah kita mengetahui faktor dan dampak stres pada ibu hamil. Berikut ada beberapa tips yang bisa moms ikuti. 1. Menghirup aroma [...]

Dampak Stres Pada Bumil

Bismillah Melanjutkan sharing sebelumnya ummi sarah mau sharing mengenai dampak dan tips stress pada bumil, yuks kita simak moms. Stress pada [...]

Faktor Stress Pada Bumil

Bismillah Ketika tiba masa kehamilan merupakan moment yang tidak pernah bisa dilupakan oleh setiap moms, moms akan hidup bersama bayi yang ada [...]

Secepat ini dirimu hadir, Nak...

Secepat ini dirimu hadir, Nak... Setiap bulan selalu pantengin kalendar, ini udah resiko sebagai seorang Ibu tanpa KB. Cuma mengandalkan [...]

Payudara Membengkak Saat Hamil Muda, Apakah Wajar?...

Payudara Membengkak Saat Hamil Muda, Apakah Wajar? Hai moms semua, sudah lama nih aku tidak sharing di babyo. Kangen sekali rasa nya. Sudah [...]

Rekomemdasi Pompa Asi BERDEE S2 Design ergonomis yang mewah dan compact

Hallo teman-teman, saya mau merekomendasikan Pompa ASI Berdee S2 kpd teman2 tercinta ku, ini foto diambil sudah lama 😆 dan semuanya skrg sudah m [...]

Proses Persalinan yang Tidak Terduga

Aku inget betul waktu itu hari rabu, 18 oct 2017 pagi, usia kandungan sudah 37 minggu. entah kenapa hari itu tiba-tiba malas bangun padahal [...]

My First Pregnancy Apa gejala kehamilanku? Dan bagaimana cara mengatasinya?

Mau sharing sedikit tentang kehamilan pertamaku.. Apa aja sih yang aku alami dari mulai tau aku hamil sampai sekarang menginjak hampir 8 bulan? [...]