Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Ciri Kontraksi Melahirkan Sudah Dekat

PREGNANCY  |  Trimester 3  |  17 Jun '18

Saat beberapa hari menjelang persalinan, ibu hamil biasanya akan mengalami kontraksi. Namun terkadang ada kontraksi palsu dan ada kontraksi asli. Mungkin ibu hamil cukup kebingungan untuk membedakannya. Untuk itu Ada baiknya untuk mengetahui cara membedakan keduanya.

Perbedaan Kontraksi Palsu dan Kontraksi Asli

Kontraksi palsu atau disebut Braxton-Hicks merupakan tanda tubuh ibu hamil sedang mempersiapkan diri untuk menghadapi persalinan, namun kontraksi palsu bukanlah suatu pertanda bahwa persalinan sudah dekat. Sedangkan kontraksi asli merupakan ciri kontraksi melahirkan sudah dekat.

1. Kontraksi Palsu

Pada saat memasuki trimester tiga, Anda akan mengalami kontraksi palsu. Kontraksi palsu hanya akan terjadi 1-3 kali saja dalam beberapa waktu, sebab kontraksi palsu datangnya tidak akan sesering kontraksi asli.

Pada saat kontraksi palsu, Anda hanya akan merasakan pengencangan di bagian perut atau panggul, namun rasanya tidak akan terlalu sakit. Saat kontraksi palsu, Anda hanya akan merasakan sedikit kram perut seperti saat menstruasi. Pada saat kontraksi palsu, dinding serviks tidak mengalami pembukaan.

2. Kontraksi Asli

Ciri kontraksi melahirkan sudah dekat terjadi setelah usia kandungan memasuki trimester akhir dan akan terjadi ketika tubuh ibu hamil mengeluarkan hormon oksitosin yang berfungsi sebagai perangsang rahim untuk berkontraksi. Kontraksi asli akan lebih sering terjadi dibandingkan kontraksi palsu, selain itu pada saat kontraksi berlangsung Anda akan merasakan sakit yang luar biasa. Mungkin akan terasa kram, perut semakin mengencang dan sakit punggung.

Kontraksi ini sebenarnya berfungsi untuk membantu mendorong bayi untuk keluar dari rahim. Ibu hamil akan merasakan otot-otot di sekitar vagina dan rahim seperti mengeras. Kontraksi juga akan terasa seperti nyeri perut, kembung atau seperti ingin buang air besar. Rasa nyeri akibat kontraksi tidak hanya terasa sakit pada bagian perut, tetapi akan sakit pada bagian punggung.

Saat Mom mulai merasakan kontraksi asli, pada saat itu pula dinding rahim akan mempersiapkan pembukaan. Namun pembukaan ini biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama, pembukaan akan terjadi secara bertahap, yaitu mulai dari vagina terbuka 2 cm sampai pembukaan terjadi sampai vagina terbuka dan menipis hingga 10 cm. Pada saat vagina sudah terbuka sebesar 10 cm, maka hal tersebut digolongkan sebagai pembukaan sempurna dan Anda sudah siap melahirkan.

 

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist Editor.

BACA JUGA: Pentingnya Madu untuk Kehamilan 9 Bulan

1164 Babyologist Editor Send Message to Writer

Related Stories