Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Ciri Kondisi Janin Tidak Sehat

PREGNANCY  |  31 Jan '18

Tidak jarang ibu hamil mengalami suatu kelainan dalam kandungannya. Kelainan yang berasal dari berbagai faktor bisa menyebabkan kondisi janin tidak sehat bahkan sampai dengan keguguran. Sebagai ibu hamil, tentulah anda harus peka terhadap kondisi kehamilan anda agar bisa mengetahui lebih cepat mengenai kondisi kehamilan anda.

Beberapa ciri kondisi janin tidak sehat, diantaranya :

  • Mengalami pendarahan saat hamil 
    Jika moms mengalami pendarahan saat hamil, hal ini patut moms curigai. Jika pendarahan terus berlangsung, moms harus segera memeriksakannya ke dokter spesialis kandungan. Pendarahan bisa terjadi diikuti dengan rasa sakit perut, jika ibu hamil lemas bisa jadi itu merupakan kehamilan yang ektopik.
  • Aktifitas janin berkurang
    Menurut Nicole Rudoks MD dari  University of Texas Medical School,  umumnya bayi melakukan tendangan sebanyak 10 kali dalam 1 jam. Jika janin dalam kandungan tidak sampai setengahnya melakukan gerakan tersebut, periksakan segera ke dokter kandungan untuk mengetahui kondisi janin.
  • Pecah air ketuban 
    Jika moms merasa ada air mengalir di kaki , segeralah periksa apakah itu urin, ataukah ketuban yang pecah. Jika moms sudah buang air kecil dan air tersebut masih mengalir bisa jadi air ketuban moms pecah. Ketuban pecah bisa diakibatkan karena semakin membesarnya rahim dan mempengaruhi kandung kemih.
  • Hiperemesis Gravidarum 
    Hyperemesis gravidarum adalah gangguan pada kehamilan dengan ciri mual dan muntah yang berlebihan, lebih dari gejala morning sickness. Jika moms sudah mual muntah terlalu sering dan mengalami dehidrasi serta janin mengalami kekurangan nutrisi, sebaiknya segera periksakan ke dokter kandungan atau bidan untuk mendapatkan pertolongan lebih cepat.
  • Kontraksi pada Trimester Ketiga
    Jika pada trimester ketiga anda mengalami kontraksi, anda harus berhati-hati karena bisa menjadi kelahiran dengan kondisi bayi premature. Moms harus bisa membedakan antara kontraksi yang memang akan melahirkan, atau kontraksi palsu yang sama rasa sakitnya. Kontraksi palsu biasanya akan berhenti setelah satu jam.
  • Gangguan Pengelihatan
    Jika saat hamil anda mengalami rasa sakit kepala dan juga sakit perut, bisa jadi moms  mengalami preeklampesia atau gangguan kehamilan yang ditandai dengan tekanan darah tinggi dan kandungan protein tinggi pada urin. Preeklampesia bisa mengganggu kondisi janin dan juga berakibat buruk. Segera periksakan ke dokter dan rutin periksakan tekanan darah anda.

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist Editor

967 Babyologist Indonesia

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Mengatasi Heartburn yang Terjadi ketika Hamil

Rasa terbakar di sekitar dada yang dialami ketika sedang hamil dikenal juga sebagai heartburn.

Mengatasi Kaki Bengkak saat Hamil

Berikut adalah langkah-langkah sederhana oleh Mom Tyas untuk mengatasi kaki bengkak ketika sedang hamil.

Mengatasi Bengkak Saat Hamil

Pembengkakan pada pergelangan kaki, lengan dan tangan umum terjadi pada ibu hamil. Apa yang menyebabkan kondisi ini terjadi dan bagaimana cara [...]

Manfaat Jalan Pagi Bagi Bumil

Banyak orang berkata bahwa jalan kaki di pagi hari sangat baik untuk kesehatan, terutama bagi bumil. Sebetulnya apa manfaatnya bagi bumil?

Apa Yang Terjadi Pada Ibu Hamil 6 Bulan?

Bagaimana Kondisi perkembangan janin dalam kandungan di usia 6 bulan kehamilan? Perlukah konsultasi dokter kandungan lebih sering du usia ini? [...]

Bahaya Bayi Lahir Prematur

Kelahiran prematur antara 7-8 bulan baik itu yang direncanakan karena suatu penyakit tertentu atau bahkan terjadi spontan ternyata bisa [...]

Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil

Di trimester kedua dan ketiga, banyak ibu hamil yang mengalami pembengkakan pada kaki. Bagaimana mengatasi hal tersebut?

Pentingnya Menjaga Postur Tubuh Saat Hamil

Saat hamil, bukan hanya nutrisi yang harus dijaga, posisi tubuh ketika hamil juga perlu untuk dijaga. Kenapa ya?