Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Ciri Hamil Anak Perempuan Dilihat dari Pusar

HEALTH TIPS  |  MY STORY  |  02 Jun '22


Kehamilan menjadi salah satu fase terpenting bagi seorang ibu. Apalagi, jika ini merupakan kehamilan pertama, pasti Moms sangat antusias untuk mengetahui jenis kelamin si Kecil yang dikandung. Lalu, benarkah ciri hamil anak perempuan dilihat dari pusar?

Setiap ibu hamil memiliki peluang yang sama untuk melahirkan anak perempuan maupun laki-laki. Untuk mengetahui jenis kelamin bayi, cara paling akurat adalah melalui pemeriksaan USG. Namun, banyak juga yang melakukan prediksi dari bentuk pusar yang kadang diragukan kebenarannya.

Benarkah Ciri Hamil Anak Perempuan Dilihat dari Pusar?

Ada banyak cara yang bisa Moms lakukan untuk mengetahui jenis kelamin bayi yang dikandung. Salah satu cara mengetahui jenis kelamin bayi yang menjadi kebiasaan orang zaman dulu adalah dengan melihat bentuk pusar. Kepercayaan ini juga masih diterapkan oleh ibu hamil masa kini.

Meski hasilnya kadang meleset, kepercayaan ibu hamil mengenai cara memprediksi jenis kelamin ini masih tetap digunakan. Perubahan pusar yang terjadi menginjak trimester kedua kehamilan dijadikan patokan untuk menentukan jenis kelamin janin.

Ibu hamil diprediksi akan melahirkan bayi laki-laki jika bentuk pusarnya menonjol ke arah luar. Begitu juga sebaliknya, jika bentuk pusar menonjol ke dalam maka ibu hamil diperkirakan mengandung bayi perempuan.

Baca Juga: Lindungi Tulang Leher, Bahu, & Tulang Belakangmu Selama Menyusui

Dilansir dari Healthline, disebutkan bahwa bentuk pusar ibu hamil akan berubah seiring dengan bertambahnya usia kehamilan. Saat kondisi rahim terus membesar, dorongan perut akan semakin kuat. Hal inilah yang menyebabkan posisi pusar semakin menonjol keluar.

Dari sini, bisa disimpulkan kalau bentuk pusar yang menonjol ke luar bukan disebabkan karena jenis kelamin calon bayi laki-laki. Alasan medis bentuk pusar ibu hamil menonjol adalah karena adanya dorongan perut yang semakin lama makin membesar. 

Perubahan pusar pada perut ibu hamil pun tidak hanya menonjol saja. Berikut ini beberapa ciri pusar ibu hamil:

Ciri Pusar yang Dialami Ibu Hamil

Secara umum, ada 3 jenis perubahan pusar yang dialami oleh ibu hamil di antaranya:

1. Pusar Masuk ke Dalam

Jika kondisi pusar Moms masuk ke dalam, jangan langsung beranggapan kalau janin yang dikandung mempunyai jenis kelamin perempuan. Moms perlu memastikannya melalui pemeriksaan USG agar hasilnya lebih akurat.

Mengapa bentuk pusar bisa masuk ke dalam? Kondisi ini disebabkan karena janin yang masih terus tumbuh di dalam rahim sehingga tekanan pada dinding perut meningkat. Jadi, ciri hamil anak perempuan dilihat dari pusar ke dalam bukanlah hal yang pasti kebenarannya.

2. Pusar Rata

Perubahan bentuk pusar yang terjadi pada ibu hamil merupakan kondisi yang wajar seiring besarnya ukuran perut. Namun, ada juga beberapa kasus bentuk pusarnya tidak menonjol, melainkan rata dan terasa kencang. Kondisi ini disebabkan karena tarikan kulit yang cukup kencang. Perubahan ini mungkin akan membuat Moms sedikit khawatir dan kadang timbul rasa nyeri, terutama saat janin bergerak. Namun, bentuk pusar rata selama kehamilan akan kembali seperti semula setelah Moms menjalani proses melahirkan.

3. Pusar Menonjol

Bentuk pusar yang menonjol sering dialami oleh ibu hamil yang usia kandungannya mendekati kelahiran. Kondisi perut yang semakin membesar membuat tekanan pada pusar menjadi besar pula.

Banyak mitos yang berkembang mengenai jenis pusar ini. Ibu hamil dengan perubahan pusar agak menonjol dimungkinkan akan memiliki bayi laki-laki. Akan tetapi, kemungkinan tersebut bisa saja benar atau malah mungkin salah.

Apakah bentuk pusar ibu hamil menentukan jenis kelamin bayi? Bentuk pusar ibu hamil tidak ada hubungannya dengan jenis kelamin bayi. Perubahan pada pusar terjadi karena kondisi rahim yang terus membesar.

Mitos Kehamilan Anak Perempuan yang Banyak Dipercaya Ibu Hamil

Setiap ibu pasti ingin anaknya terlahir dengan sehat apapun jenis kelaminnya. Meski begitu, mengetahui jenis kelamin bayi lebih dini dianggap hal penting untuk memudahkan persiapan menuju kelahiran.

Banyak juga ibu hamil yang percaya pada mitos mengenai perkiraan jenis kelamin anak. Berikut ini akan disebutkan beberapa ciri hamil anak perempuan yang belum tentu kebenarannya adalah:

1. Suka Mengonsumsi Makanan Manis

Fase ngidam hampir dialami oleh semua ibu hamil. Salah satu gejala ngidam adalah menginginkan jenis makanan tertentu. Jika ibu hamil cenderung lebih suka makan makanan yang manis, bayi yang dikandung diperkirakan memiliki kelamin perempuan. Perkiraan tersebut tentu saja tidak bisa dibenarkan. Hal ini karena selera makan ibu hamil akan terus mengalami perubahan yang dipengaruhi oleh faktor hormon.

2. Kulit Berjerawat

Banyak yang beranggapan jika wajah ibu hamil tampak kusam, berminyak, dan berjerawat, itu menandakan kehamilan anak perempuan. Pernyataan tersebut hanyalah mitos. Masalah pada wajah yang dialami oleh ibu hamil disebabkan oleh perubahan hormon.

Jadi, walaupun Moms sedang mengandung bayi laki-laki, masalah pada wajah seperti jerawat dan kusam akan tetap muncul. Tidak ada hubungannya jerawat pada wajah dengan jenis kelamin bayi yang sedang berada di kandungan.

3. Muncul Garis Lahir

Bagaimana cara mengetahui anak perempuan? Salah satu tandanya adalah muncul garis lahir atau istilah medisnya disebut dengan linea nigra. Apabila garis lahirnya terputus-putus, ibu hamil diprediksi hamil bayi perempuan.

Faktanya, warna garis lahir akan semakin terlihat jelas seiring dengan bertambahnya usia kandungan. Ada beberapa kasus ibu hamil yang garis lahirnya tidak terlihat jelas. Kondisi ini terjadi pada ibu hamil dengan kulit pucat sehingga warna linea nigra tampak kabur.

4. Ukuran Payudara

Ukuran payudara ibu hamil juga sering digunakan untuk memprediksi kehamilan. Orang zaman dulu percaya jika ukuran payudara sebelah kiri lebih besar dari sebelah kanan, besar kemungkinan bayi yang dikandung memiliki jenis kelamin perempuan.

Seorang jurnalis di bidang sains yang bernama Jena Pincott memberikan data yang lebih rinci mengenai perubahan ukuran payudara ibu hamil. Jika seorang ibu hamil anak laki-laki, maka payudaranya akan membesar sebanyak 6,3 cm.

Lantas, bagaimana untuk kehamilan anak perempuan? Ukuran payudara juga akan mengalami pembesaran sebesar 8 cm. Ciri hamil anak perempuan dilihat dari pusar juga bisa dilihat dari perubahan ukuran payudara ibu hamil.

5. Kondisi Rambut

Perubahan hormon membuat ibu hamil menjadi lebih sensitif dan gampang stres. Gejala inilah yang membuat kondisi rambut menjadi kusut dan bahkan rontok. Banyak yang beranggapan jika rambut ibu hamil mudah kusut, menandakan bayi yang dikandung memiliki jenis kelamin perempuan.

6. Hobi Dandan

Kehamilan tak hanya berpengaruh pada perubahan fisik tapi juga kondisi mood. Banyak ibu hamil yang dulunya tidak senang berdandan menjadi suka menggunakan make up saat hamil.

Kebiasaan ini dianggap sebagai tanda kalau janin yang ada di kandungan jenis kelaminnya adalah perempuan. Padahal, perubahan sikap disebabkan oleh faktor hormon. Jadi, pernyataan jika ibu hamil suka dandan maka bayi yang sedang dikandung berjenis kelamin perempuan tidak sepenuhnya benar.

7. Mual di Pagi Hari

Ibu hamil yang mengandung bayi perempuan dikatakan mengalami mual yang cukup parah di pagi hari. Padahal, banyak juga ibu hamil yang bayinya berjenis kelamin laki-laki juga mengalami hal yang serupa.

Mual di pagi hari merupakan tanda awal kehamilan yang dialami oleh hampir semua ibu hamil di dunia. Jadi, tak ada kaitannya antara mual dan muntah di pagi hari dengan jenis kelamin calon buah hati.

Baca Juga: Bantal Tinggi Membuat Tidur Nyenyak? Mitos atau Fakta?

Ciri hamil anak perempuan dilihat dari pusar lebih menonjol ke dalam adalah sebuah mitos. Bentuk pusar yang mengalami perubahan disebabkan karena adanya tekanan pada dinding perut yang semakin kuat. Bentuk pusar tidak berkaitan dengan jenis kelamin si Kecil di dalam kandungan.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

636 Babyologist Indonesia

Comments

LATEST POSTS

Ingin Si Kecil Gemuk, Sehat, dan Cerdas? Yuk, Terapkan Prinsip Berikut!

Apa saja tips agar bayi baru lahir cepat gemuk dalam 1 minggu? Yuk, Moms, baca selengkapnya penjelasan berikut!

Rayyanza Semakin Membaik, Ini Cara Keluarga Gigi Merawat Si Kecil Saat Sakit

Anak bungsu Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, Rayyanza Malik Ahmad, jatuh sakit. Sebenarnya, Rayyanza sakit apa? Bagaimana pula cara merawat [...]

Panduan Imunisasi Anak, Vaksin Wajib, dan Kisaran Harganya

Tahukah Moms, bulan Agustus adalah bulan Imunisasi Anak Nasional?

Pemerintah Siapkan Vaksinasi Pediatric COVID-19 Usia 6 Tahun ke Bawah

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa pemerintah akan mulai menjajaki program vaksinasi anak di bawah 6 tahun.

9 Rekomendasi Susu Program Hamil

Ada berbagai pilihan susu promil yang bisa dengan mudah Moms temukan di toko. Namun, apakah Moms sudah yakin kalau produk tersebut mengandung [...]

Larangan untuk Ibu Hamil Muda

Trimester pertama kehamilan atau hamil muda merupakan waktu yang penting bagi perkembangan janin ke depannya. Sebab pada periode ini, organ [...]

Keputihan Berwarna Putih Susu Apakah Tanda Hamil?

Selain menjadi pertanda semakin dekatnya periode menstruasi, keputihan yang keluar datang saat telat haid juga bisa menjadi pertanda kehamilan. [...]

Perbedaan Bentuk Perut Hamil Anak Laki-Laki dan Perempuan

Umumnya, jenis kelamin bayi yang ada dalam kandungan baru bisa diketahui setelah usia kehamilan Moms memasuki usia 18 atau 20 minggu.

Fakta Mual Muntah Saat Hamil Pertanda Janin Kuat

Hampir sebagian besar wanita yang tengah hamil mengalami mual dan muntah pada trimester pertama. Banyak yang memberi pendapat bahwa mual muntah [...]

Ketahui, Apakah Ibu Hamil Boleh Minum Kopi?

Hampir sebagian besar masyarakat Indonesia merupakan pecinta minuman kopi, tak terkecuali kaum wanita.

Penggunaan Microlax untuk Ibu Hamil

Microlax adalah salah satu obat mengatasi sembelit yang paling populer. Obat yang memiliki fungsi sebagai pencahar ini membantu melunakkan feses [...]

Makanan Ibu Hamil Muda Agar Anak Cerdas Sejak Dini

Memiliki anak cerdas adalah dambaan setiap orang tua. Namun, tidak semua orang tua mau berusaha untuk meningkatkan kecerdasan anak. Padahal, ada [...]

Penyebab Kaki Bengkak Saat Hamil dan Solusi Mengatasinya

Selain perut, salah satu perubahan tubuh yang terjadi saat kehamilan adalah kaki. Perubahan bentuk kaki membuat penasaran apa penyebab kaki [...]

Perbedaan Hamil Anak Laki-Laki dan Perempuan

Selama masa kehamilan, sebagai orang tua tentu Moms merasa excited sekaligus penasaran dengan jenis

Penjelasan Bolehkah Ibu Hamil Minum Es?

Menjaga asupan nutrisi selama kehamilan menjadi sangat penting agar kondisi ibu dan janin bisa tetap

Apakah Ibu Hamil Boleh Makan Durian? Ini Penjelasannya

Sebagian besar ibu hamil pasti akan merasakan fase ngidam terutama saat usia kehamilan masih muda.

8 Jenis Buah Penambah Darah Untuk Ibu Hamil

Agar ibu hamil bisa menjalani fase kehamilan dengan lancar, asupan nutrisi terbaik harus tercukupi.

Mengenal Penyebab Munculnya Garis di Perut Saat Hamil 1 Minggu

Setiap ibu hamil mengalami tanda-tanda kehamilan yang berbeda, termasuk juga munculnya garis di

Daftar Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Saat Hamil

Kehamilan merupakan salah satu fase paling berharga bagi seorang ibu. Sebab itulah, hal terbaik selalu diberikan agar kondisi janin berkembang [...]

Kenali Penyebab Kaki Bengkak pada Ibu Hamil

Banyak perubahan yang akan Moms rasakan selama masa kehamilan. Selain kondisi badan yang mulai berisi, bagian kaki pun akan mengalami [...]