Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Ciri-ciri Perkembangan Kehamilan di Minggu 18

PREGNANCY  |  14 Mar '19

Dalam perkembangan kehamilan di minggu ke-18 ini, janin akan mengalami perkembangan yang pesat. Namun, hal yang menyenangkan bagi Moms adalah tidak lagi merasakan serangkaian gejala kehamilan yang cukup menyiksa dan mengganggu seperti di awal kehamilan.

Pada usia kandungan 18 minggu, ciri-ciri ibu hamil semakin terlihat nyata seperti perut yang membesar. Ukuran janin sudah hampir seperti paprika dengan berat 200 gr dan panjang 14 cm.

Tanda Perkembangan Kehamilan Usia 18 Minggu

  1. Anggota Badan Mulai Lengkap
    Pada usia kandungan 18 minggu, anggota badan janin mulai lengkap. Si Kecil sudah dapat mendengar dari dalam kandungan karena tulang telinga tengah dan ujung saraf otaknya mulai berkembang. Putarkan lagu pengantar tidur agar si Kecil merasa nyaman. Retina mata si Kecil sudah dapat mendeteksi cahaya. Dia akan bereaksi ketika Moms mengarahkan sinar dari senter ke bagian depan perut. Tulang, klavikula, dan kaki mulai mengeras.

  2. Moms Mengalami Sakit Punggung karena Perubahan Tubuh Selama Hamil
    Memasuki kehamilan minggu ke-18, Moms akan merasakan sakit pada bagian punggung. Hal yang umum terjadi ini disebabkan karena dua hal:
    Yang pertama, melonggarnya sendi panggul. Ini bertujuan untuk memudahkan si Kecil keluar dari tubuh Moms selama persalinan. Yang kedua, perut Moms menjadi lebih keras dan ini akan mengurangi kemampuan Moms dalam menyeimbangkan diri. Tanpa disadari, Moms juga akan cenderung mendorong bahu ke belakang. Sementara itu, punggung dan leher tegak lurus ke atas dengan perut terdorong ke depan.

  3. Jantung Moms Bekerja Lebih Keras
    Selain ciri-ciri di atas, perkembangan kehamilan di minggu 18 ditandai dengan jantung yang akan bekerja lebih keras dari sebelumnya yaitu hampir 40-50x lebih keras. Hal tersebut akan membuat Moms menjadi cepat lelah meskipun hanya melakukan hal kecil. Ukuran kandungan akan semakin membesar, menekan saluran darah dan membuat Moms merasa pusing. Jangan paksakan diri untuk beraktivitas ketika merasa pusing atau nyeri. Tetaplah aktif namun imbangi juga dengan istirahat cukup.

Perubahan yang Terjadi pada Ibu Hamil

  • Perubahan Fisik Moms
    Moms mungkin akan mengalami bengkak-bengkak pada kaki, tangan dan kram di bagian kaki. Moms juga kemungkinan akan mengalami tekanan darah rendah, sakit punggung, hidung berdarah dan pembuluh darah mekar. Perubahan tersebut terjadi karena semuanya terhubung dengan sirkulasi darah yang terhambat. Moms mungkin akan mulai melihat bekas peregangan pertama dan muncul di bagian perut saat kulit membentang.

  • Selera Makan Meningkat
    Dengan perkembangan pertumbuhan janin yang meningkat, maka selera makan Moms juga akan semakin meningkat. Oleh karena itu, Moms disarankan untuk selalu menyetok makanan sehat di dapur seperti sayur, buah-buahan dan makanan bergizi lainnya. Dengan begitu, Moms tidak akan kebingungan saat ingin makan dan tidak perlu membeli makanan secara sembarangan.

  • Perubahan Emosi
    Saat masuk perkembangan kehamilan di minggu ke-18, perasaan serta emosi Moms akan membaik. Jangan lupa untuk selalu berbagi perasaan bahagia dengan Dads karena Dads juga perlu tahu perkembangan calon anaknya.

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist

Copyright by Babyologist

157 Babyologist Indonesia

Comments

Related Stories