Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Ciri-Ciri Batuk Bawaan Hamil

PREGNANCY  |  18 Jul '18

Selama hamil beberapa gejala yang bisa timbul, salah satunya adalah batuk bawaan hamil. Batuk pada saat awal kehamilan timbul ketika janin janin mulai terbentuk di rahim. Kondisi psikologis ketika hamil akan sangat berpengaruh pada kesehatan fisik dan mental, oleh karena itu sebaiknya ibu hamil sangat menjaga kesehatannya.

Ketika ibu hamil mengalami pusing yang disertai batuk, maka ia sebaiknya segera berhenti dari aktivitas yang sedang dilakukan kemudian istirahat dan memperbanyak minum air putih untuk memulihkan kondisi sakit kepala dan pusing. 

Kondisi yang menyebabkan batuk pada awal kehamilan adalalah beberapa ibu hamil seringkali mengalami mual-mual yang disertai dengan mulut yang terasa tidak nyaman atau terasa pahit. Hal ini akan disebabkan kurang minum dan tenggorokan kering, sehingga munculah batuk. Pada kondisi seperti ini sebaiknya Mom lebih banyak mengonsumsi minuman dan makanan yang mengurangi rasa mual seperti makanan atau minuman yang mengandung jahe atau mint. Atau Mom juga bisa mengonsumsi buah-buahan dengan rasa segar atau lebih masam untuk menyegarkan mulut dan tenggorokan.

Batuk yang menyerang ibu hamil berbeda dengan batuk yang disebabkan oleh virus pada umumnya yang akan menimbulkan demam atau batuk basah. Batuk yang menyerang ibu hamil pada umumnya tidak akan menimbulkan lendir atau dahak, dengan begitu Mom bisa mengatasinya dengan memperbaiki kualitas tidur dan tetap istirahat yang cukup. Namun sebaiknya ibu juga berkonsultasi dengan dokter kandungan agar tidak menimbulkan masalah pada janin.

Ciri-ciri batuk bawaan hamil di antaranya:

1. Batuk kering

Batuk yang menyerang terhadap ibu hamil biasanya bersifat kering atau ringan, meskipun pada sebagian kasus batuk kering yang menyerang ibu hamil juga disertai lendir. Lendir ini akan berwarna putih normal dan tidak berbau. Selain itu pada awal kehamilan Mom juga akan merasakan batuk yang disertai muntah. Karena batuk kering akan menyebabkan tenggorokan menjadi kering sehingga menimbulkan mual dan muntah.

2. Sakit kepala

Batuk yang menyerang ibu hamil juga seringkali disertai dengan sakit kepala, biasanya kepala juga akan terasa pusing. 

3. Nyeri otot

Batuk yang dialami ibu hamil secara terus menerus akan menjadi terasa berat sehingga menimbulkan rasa nyeri pada tubuh. Keadaan batuk yang tidak bisa ditahan dan terus menerus akan menyebabkan rasa lelah, pegal-pegal dan nyeri otot. Bahkan bisa menyebabkan kram pada kaki atau tangan.

4. Mudah lelah

Pada masa awal kehamilan Mom akan merasa lebih mudah lelah, ini menandakan pertumbuhan janin dalam kandungan. Selain itu, rasa lelah ini juga diakibatkan karena meningkatnya kinerja beberpa organ vital seperti jantung, paru-paru dan ginjal.

5. Mual

Mual merupakan gejala yang paling umum yang dialami oleh ibu hamil sebagai tanda awal kehamilan atau sering disebut dengan morning sickness. Pada masa inilah ibu hamil akan sering mengalami tenggorokan kering yang disertai batuk.

 

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist Editor.

BACA JUGA: Tips Menjelang Persalinan

772 Babyologist Editor Send Message to Writer

Related Stories