DAILY FEED

Tips Sederhana untuk Menghindari Baby Blues Tips Sederhana untuk Menghindari Baby Blues
24 Apr '19

SCOORA Bine, Kasur Bayi yang Multifungsi SCOORA Bine, Kasur Bayi yang Multifungsi
22 Apr '19

Review Nuby Sure Grip Miracle Mat Suction Plate Review Nuby Sure Grip Miracle Mat Suction Plate
24 Apr '19

Kandungan Cottonseed Oil pada Produk Naif untuk Kulit Sehat Bayiku Kandungan Cottonseed Oil pada Produk Naif untuk Kulit Sehat Bayiku
24 Apr '19

Penting! Ini Daftar Imunisasi Bayi 4 Bulan Penting! Ini Daftar Imunisasi Bayi 4 Bulan
24 Apr '19

Smart Shopping for Kids Clothings Smart Shopping for Kids Clothings
22 Apr '19

Brownies Kukus Tanpa Mixer ala Mom Shaka (18 M+) Brownies Kukus Tanpa Mixer ala Mom Shaka (18 M+)
24 Apr '19

Sup Makaroni, Menu Alternatif Saat si Kecil Bosan Sup Makaroni, Menu Alternatif Saat si Kecil Bosan
24 Apr '19

Tips Mengatasi LDR yang Tak Terduga Tips Mengatasi LDR yang Tak Terduga
16 Apr '19

Mengapa Kandungan Cottonseed Oil pada Produk Skincare Baik bagi Kulit? Mengapa Kandungan Cottonseed Oil pada Produk Skincare Baik bagi Kulit?
24 Apr '19

Jangan Biarkan Bayi Minum Susu Sambil Tiduran! Jangan Biarkan Bayi Minum Susu Sambil Tiduran!
24 Apr '19

Pigeon PP Bottle VS PPSU Bottle by Mom Nihayatul Husna Pigeon PP Bottle VS PPSU Bottle by Mom Nihayatul Husna
24 Apr '19

Bekal Praktis dengan OmieBox Bekal Praktis dengan OmieBox
13 Apr '19

Tips Aman Terbang Bersama Baby dan Toddler Tips Aman Terbang Bersama Baby dan Toddler
24 Apr '19

Mengajak si Kecil Travelling di Alam Bebas, Bisa Gak Ya? Mengajak si Kecil Travelling di Alam Bebas, Bisa Gak Ya?
24 Apr '19

Penyebab ASI Keluar Sedikit dan Solusi Mengatasinya Penyebab ASI Keluar Sedikit dan Solusi Mengatasinya
24 Apr '19

Menyusui si Kecil saat Traveling dengan Nursing Apron Baby Loop Menyusui si Kecil saat Traveling dengan Nursing Apron Baby Loop
12 Apr '19

Review Naïf Care Woman by Kartika Wulan Sari Review Naïf Care Woman by Kartika Wulan Sari
24 Apr '19

Resep Menu Sarapan Simpel ala Mommy Arka Resep Menu Sarapan Simpel ala Mommy Arka
24 Apr '19

Montessori Play: DIY Membuat Playdough di Rumah Montessori Play: DIY Membuat Playdough di Rumah
24 Apr '19

Jangan Salah Memilih Selimut! Jangan Salah Memilih Selimut!
11 Apr '19

Perlukah Memakai Pagar Bayi? Perlukah Memakai Pagar Bayi?
24 Apr '19

Review Dooglee Wedge Pillow by Mom Ivone Review Dooglee Wedge Pillow by Mom Ivone
23 Apr '19

Pengalaman Melawan Penyakit Asma si Kecil Pengalaman Melawan Penyakit Asma si Kecil
23 Apr '19

Cara Menghilangkan Stretch Mark dengan Serum Cara Menghilangkan Stretch Mark dengan Serum
09 Apr '19

Review Mamibot by Mom Febby Review Mamibot by Mom Febby
23 Apr '19

Pengaruh Gadget terhadap Kemampuan Bicara Anak Pengaruh Gadget terhadap Kemampuan Bicara Anak
23 Apr '19

Cottonseed Oil: Skincare yang Kaya Khasiat Cottonseed Oil: Skincare yang Kaya Khasiat
23 Apr '19

Mau Meningkatkan Produksi ASI? Banyak Konsumsi Protein! Mau Meningkatkan Produksi ASI? Banyak Konsumsi Protein!
23 Apr '19

Atasi Sakit Flu Tanpa Obat Atasi Sakit Flu Tanpa Obat
23 Apr '19

Cottonseed Oil dan Berbagai Manfaatnya Cottonseed Oil dan Berbagai Manfaatnya
23 Apr '19

Berhubungan saat Hamil Tua Menimbulkan Kontraksi? Berhubungan saat Hamil Tua Menimbulkan Kontraksi?
23 Apr '19

Apa sih Cottonseed Oil Itu dan Apa Khasiatnya pada Produk Skincare? Apa sih Cottonseed Oil Itu dan Apa Khasiatnya pada Produk Skincare?
23 Apr '19

Resep MPASI 9 M+: Macaroni Soup with Beef and Cheese Resep MPASI 9 M+: Macaroni Soup with Beef and Cheese
23 Apr '19

Sulitkah Working Moms Berkomunikasi dengan Pre-toddler? Sulitkah Working Moms Berkomunikasi dengan Pre-toddler?
23 Apr '19

Mengenal Cottonseed Oil dan Manfaatnya untuk Kulit Mengenal Cottonseed Oil dan Manfaatnya untuk Kulit
23 Apr '19

READ MORE

Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Cermati Bahan Dasar Skincare Bayi

BRANDS  |  HEALTH TIPS  |  05 Oct '18

Moms pasti tahu jika kulit si Kecil lebih sensitif dibandingkan dengan kulit orang dewasa. Kulit bayi rentan terkena iritasi atau masalah kulit lainnya. Untuk mengatasi hal tersebut, Moms tentu harus cerdas dan bijak untuk memilih produk bayi. Pilihlah produk bayi yang aman dan nyaman bagi kesehatan kulit bayi. Hindari produk yang berdampak buruk bagi kesehatan si Kecil. Namun bagaimana caranya agar kita tahu produk bayi mana yang baik dan mana yang bukan?

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memilih skincare yang aman bagi bayi Anda. Pertama, Moms harus mengecek bahan dasar dari produk perawatan kulit bayi yang Anda pilih. Hal ini sangat penting, karena kulit bayi sensitif memerlukan produk khusus untuk perawatannya.

 

Kedua, cek kondisi kemasan. Jika kandungan produk sudah sesuai, Moms harus melihat kembali keadaan produk secara kasat mata. Perhatikan pula tanggal kadaluwarsa produk.

Ketiga, lihat aturan pakai dan label peringatan. Penting untuk Anda membaca aturan pemakaian pada kemasan produk. Moms harus gunakan produk perawatan kulit bayi sesuai dengan petunjuk yang diberikan. Beberapa produk menyertakan aturan pakai secara terpisah dari kemasannya. Moms harus membiasakan membaca aturan tersebut.

Lalu apa saja bahan dasar skincare yang cocok untuk bayi?

Moms sebaiknya memilih skincare bayi yang terbuat dari bahan-bahan alami dan tidak mengandung bahan kimia. Hal ini bertujuan untuk menjaga keamanan dan kesehatan kulit bayi. Ada beberapa bahan alami yang aman untuk dijadikan sebagai bahan dasar dalam pembuatan produk perawatan kulit bayi .

Avocado Oil

Moms pernah mendengar minyak alpukat? Dalam produk perawatan kulit bayi, minyak alpukat ini memiliki beberapa manfaat. Karena kandungan antioksidan dan lemak sehat dalam buah alpukat baik untuk melembapkan kulit. Selain itu, minyak alpukat mengandung vitamin E yang tinggi. Vitamin E mampu mengatasi masalah kulit kering, atau kulit bersisik pada bayi. Avocado oil berkhasiat untuk mengurangi gatal dan peradangan pada kulit bayi. Kandungan avocado oil akan mempermudah skincare untuk diserap oleh kulit.

Selain melembapkan kulit, menurut jurnal Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine, avocado oil dapat membantu menyembuhkan luka karena mengandung asam oleat dan asam lemak esensial. 

Manfaat lainnya dari avocado oil adalah untuk melindungi kulit bayi dari sinar UV. Selain memberikan kelembapan kulit, antioksidan yang terkandung dalam minyak alpukat ternyata membantu menenangkan kulit yang terbakar oleh matahari. Hasil penelitian menemukan di dalam minyak alpukat terdapat kandungan vitamin A, B1, B2, D, dan E yang dapat membantu melembapkan dan melindungi kulit bayi Anda dari radikal bebas yang menjadi penyebab utama kerusakan kulit.

Chamomile

Produk skincare bayi yang memiliki bahan dasar tanaman chamomile memiliki beberapa khasiat untuk mengatasi permasalahan kulit bayi. Chamomile mengandung minyak esensial yang dapat mencegah terjadinya radang pada kulit bayi. Ekstrak chamomile mengandung antibakteri, antiseptik dan antioksidan yang mampu mencegah iritasi dan menghilangkan radikal bebas yang menyerang kulit bayi. Selain itu, aroma yang terkandung pada bunga chamomile dapat memberikan efek menenangkan.

Cottonseed Oil

Cottonseed oil merupakan minyak yang diekstrak dari tanaman kapas yang biasanya digunakan untuk memasak.  Namun, apakah Moms tahu bahwa minyak ini memiliki manfaat untuk kulit bayi? Cottonseed oil pada produk perawatan kulit bayi mampu menghaluskan kulit yang kasar. Selain itu, minyak ini dapat menjadikan kulit bayi menjadi lebih lembut. Kandungan antioksidan dan vitamin E pada cottonseed oil dapat meningkatkan kesehatan kulit bayi. Selain itu, cottonseed oil memiliki sifat anti-aging yang mampu mencegah terlihatnya tanda-tanda penuaan dini dan mencegah kerusakan sel tubuh akibat dari radikal bebas.

Sweet Almond Oil

Kandungan sweet almond oil pada produk perawatan kulit bayi memiliki peran untuk membantu menjaga kesehatan kulit bayi. Mengapa? Karena minyak almond mengandung zinc yang mampu mengobati ruam pada kulit bayi. Selain itu, minyak ekstrak kacang almond ini berfungsi untuk melembutkan kulit bayi. Sweet almond oil dapat melindungi kulit bayi dari radiasi matahari yang berbahaya.

Macadamia Nut Oil

Produk perawatan kulit bayi dengan bahan dasar macadamia nut oil mampu memberikan perlindungan pada kulit bayi. Macadamia nut oil mengandung palmitoleic (lemak tak jenuh) yang bermanfaat untuk melembapkan dan menghaluskan kulit tanpa membuat kulit bayi menjadi berminyak. Karena sifat minyak kacang macadamia mudah menyerap pada kulit. Selain itu, macadamia nut oil mampu mengatasi iritasi kulit, menstimulasi regenerasi sel kulit bayi, dan berkhasiat untuk meredakan gatal pada kulit bayi.

 

Hal lain yang perlu diperhatikan oleh Moms saat akan memilih bahan dasar dari produk perawatan kulit bayi

  • Bebas phthalate dan paraben. Produk perawatan kulit bayi yang mengandung zat aditif phthalate dan paraben harus dihindari. Karena kedua zat tersebut berpotensi membuat kulit bayi menjadi iritasi dan menyebabkan eksim.
  • Hypoallergenic. Label ini menandakan bahwa kandungan produk berpotensi menyebabkan alergi jauh lebih sedikit pada kulit bayi.
  • Bebas alkohol. Alkohol dapat berpotensi menyebabkan iritasi kulit pada bayi.
  • Hindari produk sabun antibakteri. Hindari sabun antibakteri yang mengandung bahan kimia. Umumnya sabun antibakteri diberi tambahan bahan kimia seperti triclosan yang dikhawatirkan akan mengiritasi kulit bayi yang sensitif.
  • Bebas pewangi dan pewarna. Produk yang mengandung pewangi dan pewarna dapat menyebabkan reaksi alergi pada kulit bayi. Jika kondisi kulit bayi kering maka produk yang mengandung pewangi dan pewarna berpotensi membuat iritasi kulit dan memperburuk kondisi kulit bayi.
  • Sesuai dengan pH kulit bayi. Kadar kulit bayi yang ideal adalah pH 5,5. Kadar kulit bayi lebih kecil dibandingkan dengan pH air (netral) yakni 7. Karena kulit bayi bersifat asam, maka pilihlah produk perawatan kulit bayi yang mendekati tingkat pH kulit bayi (tidak lebih dari 7) yang tidak akan mengganggu lapisan kulit. Selama kulit tidak kering atau terkelupas ketika pemakaian, berarti pH produk  tersebut tidak bermasalah.

 

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist Editor.

388 Naif Care Send Message to Writer

Related Stories