Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Ceritaku Hamil Kembar dan Mengalami Preeklampsia

MY STORY  |  PREGNANCY  |  02 Jun '20


Memang tidak setiap kehamilan kembar pasti akan terkena preeklampsia, akan tetapi kehamilan lebih dari satu / multiple pregnancy sudah masuk ke dalam golongan kehamilan dengan “resiko tinggi” yang patut mendapatkan “perhatian lebih” dari segala aspek, karena dalam satu waktu sang ibu harus berbagi nutrisi kepada lebih dari satu anak yang sedang bertumbuh didalam kandungannya.


Back to my first pregnancy experience, tahun 2014 silam. Dimana aku langsung diberi anugerah dua detak jantung didalam rahimku. Ya, aku hamil kembar 1 telur atau umum disebut kembar identik. Obgyn-ku sudah mengingatkan untuk tidak kaget dengan morning sickness dan keluhan kehamilan yang mungkin muncul dua atau tiga kali lebih parah dari kehamilan pada umumnya.

Namun bisa kukatakan, ini justru kehamilan termudah untukku, tak ada morning sickness, aku bisa melahap apapun tanpa rasa mual dan muntah. Kedua bayiku pun berkembang dengan baik, ada sedikit perbedaan berat badan di antara keduanya, tapi masih dalam batas normal, dan tidak mengarah ke TTTS Syndrome (Twin-twin Transfusion Syndrom; ini adalah komplikasi kehamilan yang terjadi pada janin kembar identik). Pada TTTS, terjadi ketidak-seimbangan aliran darah di antara janin yang berbagi satu plasenta.

Namun ternyata tidak semudah itu moms. Saat kehamilanku memasuki usia 29weeks, kakiku bengkak hingga menyerupai kaki gajah. Saat ditekan, akan menyisakan cekungan yang tidak seketika hilang. Ya, itu sudah masuk kedalam ciri preeklamsia; tungkai bengkak, berat badan naik cepat dalam waktu singkat. Ditambah setelah melakukan pemeriksaan, tekanan darahku tinggi sekitar 180 hingga 200, dan ditemukan kandungan protein dalam urine. Fix, aku harus dirawat intensive untuk mengontrol hipertensi dan memantau kondisi kedua janinku.

Disini aku masih bersyukur, pemilihan obgyn yang tepat saat itu adalah kunci aku dan kedua bayiku survive dan sehat hingga saat ini. Kehamilanku dipantau selama kurang lebih dua minggu saat itu, hingga pada akhirnya harus di terminasi dan kedua bayiku harus dilahirkan di usia 31weeks. Namun lagi-lagi aku bersyukur, pemberian suntik pematang paru membuat paru-paru kedua bayiku kuat dan bekerja baik walaupun mereka lahir lebih cepat dari perkiraan.

Kedua bayiku lahir dengan berat 1,6-1,7kg di usia kehamilan 31weeks. 3 hari perawatan di NICU dan 11 hari di perina, mustahil tidak menyisakan trauma dengan semua rasa cemas dan takut mereka tidak cukup kuat dan survive lahir di kondisi sekecil itu. Mungkin itu alasan kuatku ingin berbagi kisah ini, karena dibalik komentar “lucunyaa anak kembar” atau “ih pengen banget punya anak kembar” ada resiko yang jauh lebih harus diperhatikan dan diwaspadai pada kehamilan kembar, salah satunya preeclampsia ini. Tapi lantas juga tidak berarti kehamilan kembar itu menakutkan, banyak tips dan info mengenai preeclampsia yang bisa kita temukan dan pahami. Dengan memahami, kita akan lebih aware soal kesehatan kita dan bayi yang kita kandung.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

246 ina ramadhan

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Begini Efeknya Kalau Menunda KB

Moms ada yang berencana KB tapi terus tertunda? Wajib simak cerita yang satu ini!

Jangan Sepelekan Pemeriksaan USG Saat Kehamilan, Ini Alasannya!

USG di masa kehamilan itu penting loh Moms! Yuk, simak ulasan berikut ini.

Cerita Kehamilan dan Melahirkan Mom Devita

Moms, yuk simak cerita kehamilan dan melahirkan Mom Devita berikut ini.

Cerita Promilku di Usia 35 Tahun

Moms sedang merencanakan program hamil? Simak yang satu ini yuk!

Aku Ngidam Belut, Amankah Di Konsumsi Saat Hamil?

Amankah ibu hamil mengonsumsi belut? Baca yang berikut ini.

Pengalaman Kuretase di Usia Kehamilan 11 Minggu

Salah satu resiko yang dapat terjadi pada Ibu hamil adalah keguguran. Setelah itu biasanya Mom akan dianjurkan untuk kuretase.

Pengalaman Program Hamil dengan Memiliki Myoma di Rahim

Di awal pernikahan aku dan suami sudah berencana ingin segera memiliki momongan. Karena kami sudah berpacaran 4 tahun, jadi rasanya sudah cukup [...]

7 Langkah Persiapan Persalinan Penuh Cinta

Ternyata perkara melahirkan bukan terjadi begitu saja. Tanpa persiapan, maka tak jarang kenangan buruk yang akan tersimpan dalam waktu yang [...]

Ceritaku Hampir Khilaf Saat Hamil

Siapa Moms yang pernah merasa galau ketika tahu hamil? You're not alone. Baca cerita ini yuk.

Proses Persalinan Anak Kedua Lebih Cepat, Benarkah?

Kata orang melahirkan anak kedua akan jauh lebih mudah dan lebih cepat dari anak pertama. Benarkah demikian?

Tips Jarak Kehamilan Antara Kakak dan Adik

Berapa jarak kehamilan yang ideal? Setiap orang pasti punya alasannya masing-masing ya. Berikut ini cerita dari Mom Ngel Zhuang.

7 Hal Penting yang Harus Dipersiapkan Sebelum Persalinan

Memasuki trimester ketiga, ibu hamil biasanya akan merasakan dag dig dug antara bahagia karena akan segera bertemu dengan sang buah hati dan [...]

Hindari Perkataan Negatif Terhadap Ibu Hamil

Yuk hindari mom-shaming dan bersama-sama memberikan dukungan terhadap para orang tua lainnya. Simak cerita berikut ini ya.

Tips Mengatasi Perut Gatal Saat Hamil

Ibu hamil sering mengalami gatal-gatal di kulit karena berbagai hal. Apa pun penyebabnya, berikut ini beberapat tips mengatasi perut gatal saat hamil.

Perbedaan USG 2D, 3D dan 4D

Bagi Moms yang tengah hamil tentunya USG sudah tidak asing lagi, ya. Seiring perkembangan zaman USG untuk memeriksa kondisi janin pun semakin [...]

5 Tanda Awal Kehamilan yang Dapat Dideteksi Tanpa Testpack

Apakah Moms mengalami telat haid? Atau merasa eneg mual ingin muntah setiap pagi dan bertanya-tanya jangan-jangan Moms sedang hamil? Jika memang [...]

Couvade Syndrome: Suami Ngidam saat Istri Hamil Ternyata Bukan Mitos

Salah satu hal yang sering dianggap tidak masuk akal adalah suami yang ikut ngidam saat Moms hamil. Di dunia medis, hal ini disebut sebagai [...]

3 Manfaat Jeruk Lemon bagi Kehamilan

Ibu hamil disarankan untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya termasuk vitamin C. Oleh karena itu, jeruk lemon juga baik untuk kesehatan ibu hamil.

Berhubungan Intim Terbukti Berhasil Memancing Kontraksi

Kata orang berhubungan intim di kala hamil tua dapat memicu kontraksi. Betulkah demikian?

Sounding ke Bayi, Mempermudah Persalinanku

Waktu 2 garis di test pack itu muncul, betapa bahagianya hati Saya dan Suami. Kami memang tidak menunda punya momongan dan diberikan kepercayaan [...]