Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Cerita Kehamilan Pertamaku

MY STORY  |  PREGNANCY  |  23 Feb '19


Hai Moms, kali ini saya akan bercerita tentang pengalaman kehamilan pertama saya. Saya menikah dengan suami sekitar 5 tahun yang lalu. Pada waktu itu, umur saya baru menjelang 23 tahun. Tidak ada kesulitan yang berarti ketika kami mengharapkan akan hadirnya seorang bayi di tengah-tengah keluarga kami. Syukur, setelah menikah saya hanya mengalami menstruasi di bulan pertama dan dinyatakan hamil pada bulan selanjutnya.

Menurut saya, salah satu faktor pendukung mengapa saya cepat hamil adalah karena jadwal menstruasi yang teratur. Jadwal menstruasi saya setiap 4 minggu atau 28 hari, jadi jadwal menstruasi saya untuk bulan depan adalah maju 3 hari dari tanggal bulan sebelumnya. Hal ini membuat saya mudah menghitung masa subur dan masa tidak subur.

Menurut beberapa artikel yang saya baca, agar peluang hamil lebih besar, pasangan suami istri disarankan untuk melakukan HSI (hubungan Suami Istri) pada masa-masa subur. Tidak perlu setiap hari ya Moms, idealnya 3 kali seminggu agar kualitas sperma suami pun lebih prima untuk membuahi sel telur di dalam rahim istrinya. Oh iya, perlu untuk diperhatikan bahwa kesehatan suami pun sangat menentukan besarnya peluang untuk membuahi sel telur istrinya.

Salah satu keunggulan suami saya dalam hal kesehatan pada pengalaman hamil pertama adalah ia sudah lama berhenti merokok. Nah, hal ini pulalah yang menurut saya menjadi faktor penentu. Dalam proses kehamilan pun, saya tidak mengalami permasalahan yang serius. Saya hanya mengalami mual ringan yang berlangsung tidak lebih dari dua bulan di trimester pertama, dan tidak sampai mengganggu aktivitas harian. Hanya ada satu pengalaman terparah, yaitu ketika saya pernah merasa pusing dan hampir pingsan karena terlalu lama berdiri. Hal ini terjadi pada saat trimester pertama. Selebihnya, hari-hari yang saya lalui pada kehamilan pertama bisa dikatakan hampir baik-baik saja hingga menjelang waktu persalinan.

Meski semudah itu, saya tidak pernah melewatkan jadwal kontrol ke dokter kandungan ya Moms. Kontrol bulanan dan dua minggu menjelang persalinan tetap setia saya lakukan. Oleh dokter, saya diresepkan Cal95 dan Promavit. Obat-obatan ini adalah untuk tulang dan vitamin untuk ibu hamil. Itulah pengalaman kehamilan pertama saya.

 

Semoga bermanfaat.

By: Sarah Brahmana

Copyright by Babyologist

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

309 Sarah Brahmana

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Ceritaku Hamil Kembar dan Mengalami Preeklampsia

Dibalik kelucuan memiliki bayi kembar, ternyata ada hal-hal yang perlu diwaspadai, salah satunya preeklampsia.

Cerita Kehamilan dan Melahirkan Mom Devita

Moms, yuk simak cerita kehamilan dan melahirkan Mom Devita berikut ini.

Cerita Promilku di Usia 35 Tahun

Moms sedang merencanakan program hamil? Simak yang satu ini yuk!

Aku Ngidam Belut, Amankah Di Konsumsi Saat Hamil?

Amankah ibu hamil mengonsumsi belut? Baca yang berikut ini.

Pengalaman Kuretase di Usia Kehamilan 11 Minggu

Salah satu resiko yang dapat terjadi pada Ibu hamil adalah keguguran. Setelah itu biasanya Mom akan dianjurkan untuk kuretase.

Pengalaman Program Hamil dengan Memiliki Myoma di Rahim

Di awal pernikahan aku dan suami sudah berencana ingin segera memiliki momongan. Karena kami sudah berpacaran 4 tahun, jadi rasanya sudah cukup [...]

7 Langkah Persiapan Persalinan Penuh Cinta

Ternyata perkara melahirkan bukan terjadi begitu saja. Tanpa persiapan, maka tak jarang kenangan buruk yang akan tersimpan dalam waktu yang [...]

Ceritaku Hampir Khilaf Saat Hamil

Siapa Moms yang pernah merasa galau ketika tahu hamil? You're not alone. Baca cerita ini yuk.

Proses Persalinan Anak Kedua Lebih Cepat, Benarkah?

Kata orang melahirkan anak kedua akan jauh lebih mudah dan lebih cepat dari anak pertama. Benarkah demikian?

Tips Jarak Kehamilan Antara Kakak dan Adik

Berapa jarak kehamilan yang ideal? Setiap orang pasti punya alasannya masing-masing ya. Berikut ini cerita dari Mom Ngel Zhuang.

7 Hal Penting yang Harus Dipersiapkan Sebelum Persalinan

Memasuki trimester ketiga, ibu hamil biasanya akan merasakan dag dig dug antara bahagia karena akan segera bertemu dengan sang buah hati dan [...]

Hindari Perkataan Negatif Terhadap Ibu Hamil

Yuk hindari mom-shaming dan bersama-sama memberikan dukungan terhadap para orang tua lainnya. Simak cerita berikut ini ya.

Tips Mengatasi Perut Gatal Saat Hamil

Ibu hamil sering mengalami gatal-gatal di kulit karena berbagai hal. Apa pun penyebabnya, berikut ini beberapat tips mengatasi perut gatal saat hamil.

Perbedaan USG 2D, 3D dan 4D

Bagi Moms yang tengah hamil tentunya USG sudah tidak asing lagi, ya. Seiring perkembangan zaman USG untuk memeriksa kondisi janin pun semakin [...]

5 Tanda Awal Kehamilan yang Dapat Dideteksi Tanpa Testpack

Apakah Moms mengalami telat haid? Atau merasa eneg mual ingin muntah setiap pagi dan bertanya-tanya jangan-jangan Moms sedang hamil? Jika memang [...]

Couvade Syndrome: Suami Ngidam saat Istri Hamil Ternyata Bukan Mitos

Salah satu hal yang sering dianggap tidak masuk akal adalah suami yang ikut ngidam saat Moms hamil. Di dunia medis, hal ini disebut sebagai [...]

3 Manfaat Jeruk Lemon bagi Kehamilan

Ibu hamil disarankan untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya termasuk vitamin C. Oleh karena itu, jeruk lemon juga baik untuk kesehatan ibu hamil.

Berhubungan Intim Terbukti Berhasil Memancing Kontraksi

Kata orang berhubungan intim di kala hamil tua dapat memicu kontraksi. Betulkah demikian?

Sounding ke Bayi, Mempermudah Persalinanku

Waktu 2 garis di test pack itu muncul, betapa bahagianya hati Saya dan Suami. Kami memang tidak menunda punya momongan dan diberikan kepercayaan [...]

My First Pregnancy Story (Part 1)

Saya menikah pada bulan Januari 2017 di usia 24 tahun. Sebelum menikah, saya tidak pernah melakukan Premarital Check-Up.