Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Cerita Kehamilan dan Melahirkan Anak Pertama: Eneg Sama Uang!

MY STORY  |  PREGNANCY  |  16 Jun '19


Kehamilan merupakan hal yang sangat ditunggu-tunggu oleh pasangan suami istri. Begitupun dengan saya dan suami. Berikut cerita kehamilan dan melahirkan anak pertama saya.

Saya menikah saat berusia 23 tahun, suami 3 tahun lebih tua dari saya. Selang 1,5 bulan semenjak pernikahan, saya diberi anugerah yang luar biasa, 2 garis merah di testpack. Saya pun menangis bahagia tidak percaya karena Allah telah mempercayai kami secepat ini. Agar semakin yakin, kami pergi menemui obgyn. Dan ternyata benar, sebuah kantong kecil ada di rahim saya yang ternyata sudah berusia 5 minggu.

Di bulan ke-2 kehamilan, saya mulai mengalami mual muntah. Hal-hal aneh mulai terjadi pada diri ini dimana membuat suami saya kebingungan sekaligus lucu. Yaa saat itu saya tidak suka ke dapur, melihat dapur pun terasa eneg. Selain itu saya tidak suka mencium aroma nasi yang lagi dimasak, untuk makan nasi pun langsung muntah. Ada hal yang lebih lucu lagi, saya tidak bisa memegang uang karena baunya yang aduhai bikin mual. Jadi selama hamil, suami memegang peranan sebagai bendahara juga.

Di bulan ke-3, saya harus dirawat. Saat itu malam hari jadwal kontrol kehamilan di obgyn. Saya baru kebagian dicek jam 10 malam. Kondisi saya yang masih sering muntah, bahkan berat badan saya yang sudah turun 8 kg, ternyata saya mengalami Hyperemesis Gravidarum. Saya pun harus dirawat malam itu juga karena menurut dokter bahaya untuk janin jika tidak ada asupan makanan yang masuk. Tanpa persiapan apapun akhirnya saya masuk ke kamar inap. Suami langsung pulang ke rumah mempersiapkan baju-baju dan barang lainnya. Saya dirawat 3 malam 2 hari dengan kondisi yang lumayan membaik.

Di trimester ke-2 kondisi saya sudah membaik. Makan apapun sudah terasa enak walopun hanya makan nasi sedikit. Tapi masih tidak bisa pegang uang karena masih eneg dengan baunya.

Trimester ke-3, segala makanan terasa nikmat sekali. Makan dalam porsi banyak pun sudah tidak merasa bersalah karena perut yang semakin membesar. Pernah saat itu ngidam kue putu, kue yang berwarna hijau berisi gula merah, dengan suara khas ‘ngiiiiiiing’ dari cerobong kompornya. Kue putu di daerah saya sangat sulit dicari karena memang sudah jarang yang menjual. Beberapa hari kemudian barulah saya bisa menikmati kue putu. Itupun didapat dari teman suami yang kebetulan ada abang jualan kue putu lewat di rumahnya, sepulang kerja suami langsung mengambil kue putu di rumah temannya tersebut. Setiap Ibu hamil pasti punya cerita ngidamnya masing-masing bukan?

Di usia kehamilan 39 minggu saya melahirkan anak pertama. Saya mengalami pembukaan pertama selama 2 hari. Pada Kamis pagi terdapat sedikit flek merah muda di celana dalam saya yang saya tahu bahwa si Kecil sudah tidak sabar untuk lahir ke dunia. Jam 8 pagi, saya dan suami bergegas ke bidan. Oiya, untuk anak pertama ini saya melakukan kontrol ke bidan dan dokter, ke dokter pun selalu dokter yang berbeda-beda. Maklumlah hamil pertama kali, masih mencari dokter mana yang cocok. Saat di bidan ternyata sudah pembukaan satu. Saya memilih pulang terlebih dulu ke rumah. Sorenya kesana lagi ternyata masih pembukaan satu juga. Akhirnya saya memilih menginap di bidan malam itu karena takut pembukaan akan semakin bertambah. Ternyata si Kecil masih betah di perut saya, malam itu saya masih bisa tidur nyenyak. Jumat pagi saat dicek ternyata pembukaan belum bertambah. Saya memilih pulang ke rumah saja daripada bosan menunggu di tempat praktek bidan.

Pada malam Sabtu, saya mulai merasa gelisah karena kontraksi yang mulai teratur, saya tidak bisa tidur malam itu. Sabtu jam 3 pagi saya menyerah karena pinggang dan pantat sudah berasa panas. Saya membangunkan suami dan Mama saya yang kebetulan sudah ada di rumah. Suami menelepon Ibu mertua juga yang rumahnya berdekatan dengan rumah kami. Jam 3 kami berempat berangkat ke RS langsung masuk ke IGD. Setelah dicek oleh bidan ternyata sudah pembukaan 4. Saya dibawa ke dalam ruang bersalin, badan menghadap ke kiri agar pembukaan cepat bertambah.

Jam 7 sudah pembukaan lengkap, tapi si Kecil belum bisa dilahirkan. Kenapa? Karena saya memakai BPJS maka semua tindakan harus dilakukan oleh dokter. Saya masih harus menunggu dokter datang. Dokter datang jam 08.25 pagi, semua bidan dan perawat sudah menyiapkan segala peralatan. Saat saya berbalik telentang, saya melihat sekeliling saya sudah ramai oleh bidan magang. Yaa saat itu saya melahirkan normal ditonton oleh bidan yang kebetulan hari itu hari terakhir mereka magang. Sambil saya melahirkan, dokter menjelaskan kepada bidan-bidan magang tersebut. Saya sudah merasa ‘bodo amat’, yang terpenting si Kecil cepat-cepat dilahirkan karena saya sudah tidak tahan dengan rasa sakitnya.

Hari Sabtu, 20 Februari 2016 jam 08.30 anak pertama saya lahir. Si Kecil langsung diletakkan di dada saya untuk melakukan Inisiasi Menyusui Dini atau IMD. Perasaan campur aduk saat itu. Sedih karena suami tidak bisa menemani saat melahirkan karena sudah prosedur rumah sakit. Senang karena si Kecil telah lahir dengan sehat dan selamat. Karena saya melahirkan menggunakan BPJS maka tidak dipungut biaya sepeserpun. Ini pada tahun 2016 ya, semua biaya melahirkan normal masih ditanggung BPJS. Tapi tahun 2019 ini kebijakannya sudah berbeda, BPJS hanya menanggung persalinan operasi Caesar dengan indikasi gawat darurat dari dokter. Saya merupakan anggota BPJS kelas 1, tetapi saat itu saya harus turun ke ruangan kelas 2 karena ruangan kelas 1 sudah penuh.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

1284 Syifa Azizah

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Cerita Kehamilan dan Melahirkan Mom Devita

Moms, yuk simak cerita kehamilan dan melahirkan Mom Devita berikut ini.

Cerita Promilku di Usia 35 Tahun

Moms sedang merencanakan program hamil? Simak yang satu ini yuk!

Aku Ngidam Belut, Amankah Di Konsumsi Saat Hamil?

Amankah ibu hamil mengonsumsi belut? Baca yang berikut ini.

Pengalaman Kuretase di Usia Kehamilan 11 Minggu

Salah satu resiko yang dapat terjadi pada Ibu hamil adalah keguguran. Setelah itu biasanya Mom akan dianjurkan untuk kuretase.

Pengalaman Program Hamil dengan Memiliki Myoma di Rahim

Di awal pernikahan aku dan suami sudah berencana ingin segera memiliki momongan. Karena kami sudah berpacaran 4 tahun, jadi rasanya sudah cukup [...]

7 Langkah Persiapan Persalinan Penuh Cinta

Ternyata perkara melahirkan bukan terjadi begitu saja. Tanpa persiapan, maka tak jarang kenangan buruk yang akan tersimpan dalam waktu yang [...]

Ceritaku Hampir Khilaf Saat Hamil

Siapa Moms yang pernah merasa galau ketika tahu hamil? You're not alone. Baca cerita ini yuk.

Proses Persalinan Anak Kedua Lebih Cepat, Benarkah?

Kata orang melahirkan anak kedua akan jauh lebih mudah dan lebih cepat dari anak pertama. Benarkah demikian?

Tips Jarak Kehamilan Antara Kakak dan Adik

Berapa jarak kehamilan yang ideal? Setiap orang pasti punya alasannya masing-masing ya. Berikut ini cerita dari Mom Ngel Zhuang.

7 Hal Penting yang Harus Dipersiapkan Sebelum Persalinan

Memasuki trimester ketiga, ibu hamil biasanya akan merasakan dag dig dug antara bahagia karena akan segera bertemu dengan sang buah hati dan [...]

Hindari Perkataan Negatif Terhadap Ibu Hamil

Yuk hindari mom-shaming dan bersama-sama memberikan dukungan terhadap para orang tua lainnya. Simak cerita berikut ini ya.

Tips Mengatasi Perut Gatal Saat Hamil

Ibu hamil sering mengalami gatal-gatal di kulit karena berbagai hal. Apa pun penyebabnya, berikut ini beberapat tips mengatasi perut gatal saat hamil.

Perbedaan USG 2D, 3D dan 4D

Bagi Moms yang tengah hamil tentunya USG sudah tidak asing lagi, ya. Seiring perkembangan zaman USG untuk memeriksa kondisi janin pun semakin [...]

5 Tanda Awal Kehamilan yang Dapat Dideteksi Tanpa Testpack

Apakah Moms mengalami telat haid? Atau merasa eneg mual ingin muntah setiap pagi dan bertanya-tanya jangan-jangan Moms sedang hamil? Jika memang [...]

Couvade Syndrome: Suami Ngidam saat Istri Hamil Ternyata Bukan Mitos

Salah satu hal yang sering dianggap tidak masuk akal adalah suami yang ikut ngidam saat Moms hamil. Di dunia medis, hal ini disebut sebagai [...]

3 Manfaat Jeruk Lemon bagi Kehamilan

Ibu hamil disarankan untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya termasuk vitamin C. Oleh karena itu, jeruk lemon juga baik untuk kesehatan ibu hamil.

Berhubungan Intim Terbukti Berhasil Memancing Kontraksi

Kata orang berhubungan intim di kala hamil tua dapat memicu kontraksi. Betulkah demikian?

Sounding ke Bayi, Mempermudah Persalinanku

Waktu 2 garis di test pack itu muncul, betapa bahagianya hati Saya dan Suami. Kami memang tidak menunda punya momongan dan diberikan kepercayaan [...]

My First Pregnancy Story (Part 1)

Saya menikah pada bulan Januari 2017 di usia 24 tahun. Sebelum menikah, saya tidak pernah melakukan Premarital Check-Up.

Galau Masalah KB? Berikut Pengalaman Pribadi Saya

Permasalahan KB buat para ibu yang baru melahirkan ini susah-susah gampang ya Moms.