Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Cerita Imunisasi Fiersa di saat Kondisi Di Rumah Aja

BABY  |  26 Mar '20


Menurut saya imunisasi adalah salah satu hal penting yang harus diberikan kepada anak. Baik itu imunisasi dasar ataupun imunisasi tambahan. Untuk imunisasi dasar di dukung pemerintah, Moms bisa melakukan imunisasi di posyandu yang ada di daerah Moms tinggal.

Sejak Fiersa lahir, imunisasi hal yang tidak pernah saya lewatkan. Walau terkadang mesti molor 1-2 minggu dari jadwal karena Fiersa sakit. Ya Moms, lucunya Fiersa selalu sakit sebelum jadwal imunisasi, dan setelah imunisasi jarang sakitnya, hanya 1 atau 2 kali demam. 

Fiersa sudah 9 bulan, ini merupakan imunisasi dasar terakhir Fiersa, yaitu imunisasi campak. Sebenarnya terjadwal tanggal 29/2/2020, tapi karena satu dan lain hal, saya dan ayahnya berhalangan mengantarkan Fiersa imunisasi pada hari itu. Akhirnya sudah ketunda 3 minggu, disebabkan vaksinnya habis, kami pindahan rumah dan Fiersa sakit. 

Sabtu (21/3/2020), Saya bawa Fiersa untuk imunisasi campak. Awalnya saya ragu, kenapa? Seperti yang kita tau Moms, Indonesia dan bahkan banyak negara di dunia sedang mengalami pandemi Covid 19. Dalam upaya pencegahan penyebaran Covid 19 di Indonesia, pemerintah menyarankan untuk social distancing dan #dirumahaja. Pasti Moms sering mendengar kata tersebut akhir-akhir ini.

Selain itu, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) juga menyarankan untuk tunda bawa anak ke RS kecuali dalam keadaan darurat dan untuk imunisasi dapat di tunda 2 minggu (apabila tidak bisa ditunda bisa konsultasi dulu). 

Tapi akhirnya saya dan suami memutuskan juga untuk imunisasi. Kenapa?

  1. Jadwal imunisasi Fiersa udah ketunda 3 minggu.
  2. DSA praktek di Rumah Sakit Ibu & Anak (RSIA), kami berpikir itu aman dari orang dewasa yang sakit.
  3. Gak ada yang tau ke depannya seperti apa, di daerah saya tinggal sudah ada yang positif dan meninggal. Apabila ditunda lagi, Fiersa terlalu lama imunisasi campaknya. 

Tentunya sebelum itu, kami sudah berkonsultasi dengan DSA Fiersa tentang jadwal imunisasinya dan buat janji. Alhamdulillah sesampainya di RSIA, ternyata RSIA sudah menerapkan upaya pencegahan Covid 19, seperti pemeriksaan suhu tubuh saat masuk RSIA, membatasi penjagaan pasien (hanya 1 orang) dan membatasi kunjungan pasien. Saya merasa aman dan imunisasi Fiersa juga lancar. 

Buat Moms yang bingung tentang jadwal imunisasi selama masa #dirumahaja Moms bisa lakukan:

  1. Konsultasikan ke bidan/DSA tentang jadwal imunisasi, apakah bisa ditunda atau tidak.
  2. Bila tidak bisa ditunda, Moms bisa pilih RSIA/Praktek DSA/Bidan, sehingga minim ketemu orang yang sakit.
  3. Pastikan tetap menjaga kebersihan dengan mencuci tangan/menggunakan hand sanitizer saat diluar.
  4. Usahakan tujuan Moms hanya imunisasi saja, setelah selesai langsung pulang ke rumah.
  5. Sesampainya dirumah segera ganti baju karena Moms dari luar. 

Alhamdulillah akhirnya saya bisa tenang imunisasi Fiersa sudah lengkap. Semoga masalah Covid 19 di Indonesia segera berlalu ya Moms. Jaga selalu kebersihan dan kesehatan Moms dan keluarga. 

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

355 Luri Adriani

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Cara Mengatasi Kepala Peyang Pada Bayi

Banyak sekali para bunda meresahkan masalah kepala peyang pada bayi. Banyak sekali penyebab kepala banyi menjadi peyang. Meskipun tidak [...]

5 REKOMENDASI KADO UNTUK BAYI BARU LAHIR ANTI MAINSTREAM

5 REKOMENDASI KADO UNTUK BAYI BARU LAHIR ANTI MAINSTREAM Tentunya ikut senang juga bukan jika ada teman sekantor, tetangga atau mungkin [...]

Honest Review Pisuka Minyak Balur

Siapa nih yang suka pijet anak-anak dirumah? Atau Moms nya yang sering pegal-pegal? Nah kalau sudah seperti ini, apa yang wajib ada di rumah? [...]

Review Botol Susu Dr. Browns

Pada awalnya sebelum Faye lahir, sebagai calon Mama aku sangat berharap Faye bisa full DBF dan sama sekali ga perlu botol karena aku ingin [...]

Botol susu & dot (Pacifier)

Hai, aku adalah newmom dengan 1 anak laki laki. Bukankah hal yg menyenangkan memiliki anak seusia 1tahun? Banyak sekali kecemasanku mengenai [...]

ASI SEDIKIT? JANGAN MENYERAH MOMS! KAMU TIDAK SEND...

ASI SEDIKIT? JANGAN MENYERAH MOMS! KAMU TIDAK SENDIRI Hallo Parents! Aku Dhea dari Bekasi. Aku sedikit ingin bercerita tentang proses menyusui [...]

Kepala bayi peyang? No worries moms!

Pengalaman dalam merawat anak pertama sungguh tak mudah, terlebih di masa pandemi seperti ini. Kurangnya informasi dan posisi menggendong kami [...]

Honest Review MOMAMI Baby Care

Haii moms...siapa sih yang ga pengen punya kulit sehat & terawat, apalagi untuk si kecil. Pasti sebagai seorang ibu kita selalu memilihkan [...]

Review : Electronic sterilizer with drying feature dr.brown's

Tidak bisa dipungkiri bahwa perlengkapan bayi itu super banyak, dan itu pula yang saya rasakan, saya ibu 2 orang anak dimana usia anak kedua [...]

Review Bantal Lovenest Blue & Milk Dispenser Arctic Blue Babymoov

Dalam memasuki trimester tiga banyak sekali persiapan yang harus aku lakukan untuk menghadapi persalinan. Ga cuma untuk diri sendiri tapi untuk [...]

Cara Mengatasi Anak Growth Spurt !

Growth spurt adalah kondisi di mana tubuh bayi membutuhkan asupan nutrisi lebih banyak dari kebutuhan nutrisi pada umumnya. Selama fase growth [...]

Resep snack MpASI sehat : Banana Oat Pancake (12m+)

Resep snack MpASI sehat : Banana Oat Pancake Hai moms.. kali ini aku mau share snack MpASI baby aku nih yang sekarang sudah 12m+ Dan baby aku [...]

Baby Anti Bacterial Cleaner dari Babycare - Hand Sanitizer yg Aman untuk si Kecil

Virus berbahaya saat ini sedang mewabah di seluruh penjuru dunia, tidak terkecuali di negara kita. Ya, Indonesia saat ini juga sedang berjuang [...]

Pengalaman Mengkhitan Bayi

Hi aku mau cerita sedikit pengalaman aku sirkumsisi anak aku usia 9 bulan. Setelah beberapa minggu lalu aku menceritakan tentang kenapa anak aku [...]

Review Babycare Silicone Snack Cup

Halo Moms, apa kabar semuanya? Siapa disini anaknya yang sudah masuk fase MPASI? Nah selain makanan utama, pada fase MPASI, si kecil juga harus [...]

Botol ASI atau Kantong ASI, Mana yang Jadi Pilihan...

Botol ASI atau Kantong ASI, Mana yang Jadi Pilihan Bunda? ASI merupakan cairan dengan sejuta kebaikan untuk si kecil. ASI juga merupakan [...]

Apakah Bayi Newborn Memerlukan Bantal Tidur?

Orang dewasa akan tidur dengan lebih nyaman jika menggunakan bantal. Sangat masuk akal jika orang tua ingin memberikan si Kecil bantal untuk [...]

Mencari Susu Pengganti

Mencari Susu Pengganti Hari Selasa, 24 November 2020 aku dan suami memutuskan untuk ke dokter anak di Eka Hospital untuk cek BB dan TBnya, [...]

*Apa Manfaat Kolostrum Untuk Si kecil ?* Halo mom...

*Apa Manfaat Kolostrum Untuk Si kecil ?* Halo moms mau aku mau sharing sedikit tentang "Kolostrum" cairan pertama yang keluar saat si ibu [...]

Perlukah Si Kecil Dimandikan Setiap Hari?

Sejak di rumah aja, kebersihan menjadi salah satu prioritas tertinggi bagi semua orang, apalagi orang tua yang memiliki anak kecil. Sangat wajar [...]