Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Cerdas Hanya Dengan Mendengarkan Musik

OTHERS  |  17 Mar '18

Tentunya Mom pernah mendengar bahwa musik klasik mampu membuat anak menjadi pintar. Akibatnya, Banyak Mom yang sedang hamil ataupun yang sudah berkeluarga memilih untuk memperdengarkan musik klasik kepada buah hatinya dengan harapan agar anaknya menjadi pintar kelak nanti.

Meskipun efeknya tidak dirasakan secara langsung, musik klasik memang punya efek positif terhadap otak anak. Musik klasik dapat meningkatkan kesehatan tubuh, memperbaiki mood, dan meningkatkan kecerdasan Si Kecil. Perhatikan manfaatnya dibawah ini:

  1. Baik untuk kesehatan tubuh 
    Musik klasik dapat menenangkan pikiran dan tubuh. Alunan musik yang pelan akan memberikan rasa tenang serta menstabilkan detak jantung. Musik ini cocok menjadi pengantar tidur bayi agar ia dapat tertidur dengan mudah. Tidur yang cukup dan teratur akan meningkatkan kondisi mentalnya.  Selain itu, musik klasik juga sangat baik sebagai terapi untuk anak dengan trauma tertentu.

  2. Meningkatkan mood 
    Baik dari tempo maupun lirik, musik tentu bisa mempengaruhi mood seseorang. Menariknya, musik klasik dapat mempengaruhi serta meningkatkan kesehatan mental anak. Penelitian dari American Music Therapy Association menunjukkan bahwa music klasik dapat menstimulasi produksi endorfin pada tubuh (hormon yang menghilangkan stress dan meningkatkan rasa senang). Efek relaksasi ini dapat meningkatkan kesehatan mental dan kemampuan belajar anak.

  3. Meningkatkan kemampuan verbal 
    Terdapat ikatan yang kuat antara musik dan bahasa. Anak yang diperdengarkan musik klasik akan lebih cepat berbicara dan membaca. Si Kecil juga akan memiliki ingatan yang lebih tajam dan kemampuan mendengar yang lebih baik. Hal ini turut membantunya dalam memahami bahasa.

  4. Efek Mozart 
    Mendengarkan musik klasik akan meningkatkan IQ dan kemampuan spasial (pemahaman dan mengkomunikasikan bangun ruang) dalam waktu singkat.
    Meskipun efeknya hanya temporer, namun musik klasik tetap dapat membantu proses belajar anak.

 

Semoga bermanfaat.

By: S. S.

 

BACA JUGA: Bahaya Dibalik Fetal Surgery

125 S. S. Send Message to Writer

Related Stories