Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Cek Kepadatan Tulang di KalCare

HEALTH TIPS  |  MY STORY  |  PARENTING  |  28 Feb '20


Setelah menjadi seorang Ibu, banyak sekali perubahan yang terjadi pada diri saya. Salah satu yang sering sekali terasa apalagi saat sudah memiliki anak yaitu rasa sakit atau nyeri di sekitar punggung dan pinggang. Terdapat beberapa faktor yang bisa menyebabkan kondisi tersebut, seperti seringnya menggendong si Kecil yang semakin bertambah umurnya maka akan semakin berat. Namun, ada faktor lain yang menjadi ketakutan saya yaitu kurangnya kalsium pada tulang saya.

Mengingat saat ini saya sedang memberikan ASI kepada anak kedua saya dan anak pertama saya dulunya juga ASI sampai 2 tahun lebih, wajar saja ketakutan itu datang. Beberapa literatur yang saya baca menjelaskan bahwa jika ibu menyusui membutuhkan asupan kalsium 2 kali lebih banyak dari biasanya karena harus memenuhi kebutuhan ibu dan bayi yang sedang disusuinya. Jika kalsium untuk produksi ASI tidak terpenuhi, maka produksi ASI akan mengambil cadangan kalsium dari tulang Ibu. Apabila terjadi terus menerus, maka kepadatan tulang Ibu akan berkurang. Moms bisa berisiko paling parah terkena osteoporosis. Untuk itulah, saya memberanikan diri mengecek kepadatan tulang saya di KalCare.

KalCare hanya terdapat di beberapa mall tertentu saja. Untuk melihat lokasi KalCare, Moms bisa cek di akun instagramnya @kalcare. Saya memilih Kalcare Pesona Square Depok karena lokasinya paling dekat dari tempat tinggal saya Bogor. Selain cek kepadatan tulang, Moms juga bisa melakukan pengecekan lain seperti usia organ tubuh, analisa pembuluh darah, tensi dan konsultasi gizi. Saat saya ke Kalcare, kebetulan sekali sedang ada pembagian voucher gratis untuk cek kesehatan. Saya memilih pengecekan kepadatan tulang sesuai dengan tujuan utama saya datang ke sini. Suami pun juga melakukan tes kepadatan tulang memanfaatkan voucher gratis tersebut.

Kepadatan tulang dicek dengan menggunakan alat khusus yang bernama Ultrasound Bone Densitometer yang dipasangkan pada kaki kanan. Awalnya, area mata kaki dibersihkan dengan alkohol lalu dioleskan gel. Selanjutnya, kaki kanan diletakkan di alat. Beberapa saat kemudian, sisi kanan dan kiri alat akan menjepit area sekitar mata kaki. Tidak sampai 1 menit proses ini selesai, sangat cepat. Hasil analisis dapat terlihat dari kertas yang dicetak dari alat tersebut.

Petugas KalCare dengan senang hati menjelaskan hasil analisisnya dengan bantuan slide persentasi pada layar komputer. Hasil yang saya peroleh yaitu Osteopenia. Itu artinya, kepadatan tulang saya sudah mulai berkurang; peralihan dari tulang yang normal menuju osteoporosis. Ternyata, inilah mengapa saya merasa tidak nyaman belakangan ini.

Setelah mengetahui hasil pemeriksaan, petugas KalCare menyarankan saya untuk mengkonsumsi suplemen kalsium, minum susu, berolahraga dan mengurangi minuman bersoda dan kopi. Mereka menawarkan produk dari Kalbe yang bisa kita beli. Kalaupun tidak beli juga tidak apa-apa. Akhirnya, saya memilih untuk membeli suplemen kalsium dari Kalbe yang bisa dikonsumsi untuk 2 bulan. Harganya juga masih terjangkau sekitar Rp.100.000-an.

Buat Moms yang sedang menyusui ataupun tidak, beserta suaminya, saya sangat menyarankan untuk melakukan tes kepadatan tulang. Perlu Moms tahu, kepadatan tulang wanita lebih rendah daripada laki-laki. Kepadatan tulang juga akan berkuran seiring dengan bertambahnya usia. Dari tes ini, saya dapat mengetahui apakah tulang saya dalam kondisi normal atu tidak.

Jika kepadatan tulang Moms masih dalam keadaan normal, tentunya Moms tetap harus menjaga agar selalu sehat. Moms juga harus segera mencari perawatan apabila diketahui kepadatan tulang Moms sudah mulai berkurang.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

287 Syifa Azizah

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Manfaaat Berolahraga Bersama si Kecil

Moms, berolahraga bersama si Kecil selain menyenangkan juga memiliki banyak manfaat loh. Yuk, simak berikut ini.

Tips Simple Supaya Baby Suka Mencuci Tangan

Simak tips sederhana mengajarkan si Kecil suka cuci tangan berikut ini.