Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Cegah Si Kecil Iritasi, Gunakan Deterjen yang Aman untuk Kulit

MY STORY  |  04 Sep '21


Alergi merupakan kondisi kesehatan yang sangat umum terutama pada bayi dan anak-anak. Kondisi ini terjadi ketika sistem kekebalan tubuh si Kecil merespons hal-hal yang seharusnya tidak berbahaya secara berlebihan. Dilansir dari Babycentre UK, lebih dari seperempat orang di dunia pernah mengalami alergi selama hidupnya. Kabar baiknya, sebagian besar dari alergi ini akan hilang dengan sendirinya seiring dengan waktu.

Ada banyak cara yang bisa Moms lakukan untuk meminimalkan gejala alergi yang dialami si Kecil dan membantunya untuk merasa lebih baik. Namun sebelumnya, Moms perlu mengetahui terlebih dahulu penyebab-penyebab umum alergi pada bayi. Setelah itu, Moms baru bisa menerapkan langkah-langkah untuk meringankan gejala alergi si Kecil sesuai dengan penyebabnya.

Apa saja penyebab dan gejala paling umum alergi pada bayi?

Makanan yang mengandung alergen

Tanda dan gejala alergi makanan ini biasanya muncul di awal-awal fase MPASI yaitu sekitar usia 4 hingga 6 bulan. Beberapa makanan yang paling umum menyebabkan alergi adalah susu, telur, ikan, kacang-kacangan, kedelai, dan gandum. Gejala si Kecil alergi makanan bervariasi dari kulit gatal-gatal, hidung tersumbat, bersin-bersin, hingga gangguan pencernaan. Sekitar 85% anak-anak akan sembuh dengan sendirinya dari alergi makanan seiring dengan berkembangnya saluran imun mereka. Sedangkan solusi lainnya adalah menghindari konsumsi makanan penyebab alergi dan menggantinya dengan nutrisi alternatif.

Lingkungan yang kurang bersih

Ketika si Kecil beranjak dewasa, yaitu sekitar usia 18 bulan, dia mulai mengeksplorasi lingkungan sekitarnya. Sensitivitas si Kecil terhadap alergen dalam dan luar ruangan mungkin akan terlihat saat si Kecil menunjukkan gejala khas alergi termasuk bersin, batuk, hidung dan mata gatal, hingga asma. Tungau debu, serbuk sari, jamur, hingga bulu hewan peliharaan mungkin jadi penyebab gejala alergi tersebut muncul. Jika sudah demikian, Moms perlu sering-sering membersihkan lingkungan rumah. Moms juga harus rajin grooming hewan peliharaan dan meminimalkan kontak hewan peliharaan dengan si Kecil.

Bahan kimia yang menempel pada pakaian dan peralatan si Kecil

Kulit si Kecil yang iritasi dan luka ternyata juga bisa disebabkan karena bahan kimia berbahaya menempel di pakaian dan peralatan yang dipakainya. Bahan-bahan kimia penyebab alergi ini bisa jadi berasal dari penggunaan sabun cuci yang tidak tepat, misalnya deterjen baju bayi atau sabun cuci botol bayi tidak ramah anak. Alih-alih membersihkan pakaian dari noda dan mensterilkan botol susu dari kuman penyakit, penggunaan sabun cuci mengandung bahan berbahaya tersebut malah bisa menyebabkan si Kecil terkena penyakit.

Kandungan apa saja dalam deterjen cuci pakaian dan sabun cuci peralatan bayi yang harus dihindari?

Bahan-bahan kimia berbahaya berikut biasanya ada pada produk home detergent dan bottle cleaner:

Paraben

Paraben merupakan zat kimia yang kerap ada dalam produk pembersih sebagai pencegah bakteri dan jamur. Faktanya, paraben ini dapat menyebabkan gangguan sistem hormon bahkan dapat menyebabkan cacat permanen.

Formalin

Produsen sabun cuci piring dapat menambahkan formalin ke dalam produk mereka sebagai agen antibakteri, pengawet, dan untuk memperkuat wangi sabun. Zat yang juga digunakan untuk mengawetkan jenazah ini diketahui bersifat racun bagi manusia. Kontak dengan formalin dapat menyebabkan iritasi dan perasaan terbakar pada mata dan kulit serta dalam jangka panjang bisa merusak sel-sel tubuh.

Fosfat

Fosfat umum ditambahkan dalam deterjen dan sabun cuci agar lebih ampuh membersihkan kotoran dan noda membandel. Hasilnya, fosfat pun menjadi zat aditif yang populer digunakan dalam produk pembersih. Namun, fosfat menyebabkan masalah kesehatan dan bahaya lingkungan yang besar. Residu fosfat pada permukaan peralatan si Kecil pun dapat menyebabkan mual, diare, dan iritasi kulit.

Deterjen dan sabun cuci apa yang aman buat kulit si Kecil?

 

Setelah aware dengan kandungan zat kimia berbahaya yang sering ditemukan dalam deterjen bayi yang aman dan sabun buat cuci botol bayi, wajar jika Moms jadi bertanya-tanya produk seperti apa yang aman untuk si Kecil. Solusinya, Moms perlu memilih produk berbasis tanaman (plant-based formula) yang bebas racun dan aman untuk kulit sensitif, yaitu MOMAMI Little One’s Laundry Detergent dan MOMAMI Wash Wash Away Dish & Bottle Cleaner.

MOMAMI Little One’s Laundry Detergent

Deterjen pakaian dari MOMAMI ini merupakan solusi terdepan untuk mengangkat noda di pakaian si Kecil, membunuh kuman, dan menghilangkan bau apek. Meski ampuh membunuh 99% kuman dan bakteri, deterjen ini tetap aman bagi kulit sensitif Moms dan si Kecil dan tidak menyebabkan iritasi. Dilengkapi dengan bahan aktif berbasis tanaman, MOMAMI Little One’s Laundry Detergent dapat menjaga ketahanan warna pada baju agar tidak cepat memudar dan memiliki teknologi advance anti redeposition yang mencegah kotoran menempel kembali pada saat pencucian. Tentu saja, deterjen ini tidak mengandung fosfat, paraben, dan formalin.

MOMAMI Wash Wash Away Dish & Bottle Cleaner

Sisa protein susu di botol dan sisa makanan di peralatan MPASI si Kecil perlu dibersihkan dengan sempurna agar tidak ada bakteri dan kuman tertinggal. MOMAMI Wash Wash Away Dish & Bottle Cleaner dapat dengan mudah menghilangkan bekas susu dan bau dari botol si Kecil. Sabun cuci khusus ini menggunakan bahan aktif berbasis tanaman yang bersifat antibakteri, aman terhadap kulit sensitif Moms dan si Kecil, tidak meninggalkan residu, dan aman bila terkena makanan (food contact safe). Sabun cuci dengan wangi lembut dari cucumber ini tidak mengandung bahan berbahaya fosfat, paraben, dan formalin.

Kenali penyebab alergi si Kecil sehingga dapat tertangani dengan segera. Cegah kulit si Kecil iritasi dan luka dengan menggunakan MOMAMI Little One’s Laundry Detergent untuk mencuci pakaian dan MOMAMI Wash Wash Away Dish & Bottle Cleaner.untuk mencuci perlengkapan MPASI-nya, ya, Moms!

Referensi: Babycentre, Eastern Mirror, Everyday Health, NCBI, NYC.GOV

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

4529 Momami Indonesia

Comments

LATEST POSTS

Pentingnya Memastikan si Kecil Bertumbuh dan Berkembang Sesuai Milestone

Membahas tentang si Kecil tentu tidak ada habisnya, entah itu mengenai lucunya si Kecil, mempersiapkan nutrisi hingga memberikan stimulasi [...]

Rekomendasi Stretch Mark Lotion versi Babyo

Ini dia rekomendasi stretch mark lotion dari Babyo, bagaimana menurut Moms? Apa sih produk stretch mark lotion yang Moms gunakan untuk [...]

Rekomendasi Kantong ASI versi Babyo

Itu dia rekomendasi kantong ASI dari Babyo, bagaimana menurut Moms? Apa sih produk kantong ASI yang Moms gunakan untuk menampung ASIP?

Rekomendasi Susu Ibu Menyusui versi Babyo

Babyo merekomendasikan 3 susu ibu menyusui yang menjadi pilihan versi Babyo. Bagaimana menurut versi Moms?

Rekomendasi Baby Hair Lotion versi Babyo

Babyo merekomendasikan 3 hair lotion yang menjadi pilihan versi Babyo untuk si Kecil. Bagaimana menurut versi Moms?

Pendidikan Anak Usia Dini, Apa yang Harus Dicermati oleh Orangtua?

Sebelum masuk Sekolah Dasar (SD), seorang anak dapat mengikuti jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (

Kenali Penyebab Si Kecil Stres Di Masa Pandemi dan Solusinya

Seperti layaknya orang dewasa, stres yang dialami si Kecil pun berasal dari berbagai faktor. Tak jarang penyebabnya adalah hal-hal terdekat, [...]

Penuhi Nutrisi Si Kecil Agar Grow Happy With Nestle Lactogrow, Moms!

Nah, agar menghindari supaya si Kecil tidak stres terlebih selama di rumah saja karena kondisi pandemi, saya mau berbagi tips nih, Moms.

Orangtua Penyebab Stress Anak? Yuk, Lakukan Hal Ini Dukung Anak Grow Happy

Stres bukan hanya bisa terjadi pada orang dewasa. Sejak usia dini, anak juga bisa mengalami stres. Bahkan salah satu penyebab anak menjadi stres [...]

Membersamai Anak jadi Salah Satu Kunci Agar Si Kecil Tumbuh Bahagia

Selain membersamai si Kecil, pemenuhan nutrisi untuk si Kecil juga diperlukan ya, Moms.

Bagaimana Cara Agar Anak Tidak Mudah Stres? Simak Tips Berikut ini, Moms!

Hal apa saja sih, yang bisa kita lakukan agar si Kecil tidak mudah stres dan dapat tumbuh bahagia di kondisi pandemi Covid-19 seperti saat ini? [...]

Caraku Mengatasi Stres pada Anak di Tengah Kondisi Pandemi

Nah, berikut ini ada tips mendukung anak agar tumbuh bahagia.

4 Cara Cegah Stres Si Kecil Kala #diRumahSaja

Hai, Moms, Selamat Tahun Baru! Di tahun baru ini, aku ingin sedikit membagikan tips mengatasi stres pada anak.

3 Tips Agar Si Kecil Tidak Mudah Stres dan Tumbuh Bahagia

Nah, berikut ini ada beberapa langkah atau tips untuk membuat si Kecil bahagia dan juga agar si Kecil tidak mudah stres ya, Moms.

5 Ide Kegiatan Coping Stress untuk Si Kecil

Pandemi banyak membawa perubahan untuk kita ya, Moms. Produktivitas dan kreativitas tentu terus berkembang. Itu menjadi nilai positif yang patut [...]

Ini Cara Ampuh Menangani Stres Si Kecil di Kala Pandemi

Pernahkah Moms melihat si Kecil marah-marah gak jelas dan mudah tersinggung saat Moms berkomunikasi dengannya? Bisa jadi, si Kecil sedang [...]

Kenali Stres dan Cara Mengatasinya pada Balita

Tahukah parents bahwa stress si Kecil dapat berpengaruh terhadap kesehatannya?

Grow Happy, Stres Terkendali

Stres terdengar cukup menyeramkan ya, Moms. Padahal sebenarnya stres merupakan proses penyesuaian diri terhadap lingkungan. Hal ini sebenarnya [...]

Tips Mengatasi Stres Pada Anak

Beberapa hal yang bisa Moms lakukan untuk menciptakan rasa bahagia si Kecil apabila mulai terlihat tanda-tanda kejenuhan padanya adalah:

Kunci Kebahagiaan Si Kecil Adalah Orang Tua Yang Bahagia

Tidak semua orang tua mengetahui cara membesarkan anak dengan bahagia, faktor yang membuat anak tumbuh bahagia, dan apa saja yang bisa [...]