Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Cara Memandikan Bayi

PARENTING  |  31 Oct '17

Mandi merupakan waktu bermain utama bagi Si Kecil. Meski tidak kotor, Si Kecil tetap butuh aktivitas mandi sebagai rutinitasnya sehari-hari untuk menjaga tubuhnya tetap bersih, terutama di area diaper. Kulit Si Kecil yang cenderung tipis dan sensitive membuatnya membutuhkan berbagai produk perawatan seperti lotion, diaper cream, serta baby oil. Sisa penggunaan produk-produk tersebut yang masih menempel pada kulit Si Kecil inilah yang perlu dibersihkan dengan mandi.

Selain untuk membersihkan kulit dari kuman dan keringat, waktu mandi juga bisa menjadi momen mempererat ikatan antara Mom dan Si Kecil. Melalui sentuhan lembut dan senyuman Ibu yang hangat, si Kecil akan merasa dicintai dan nyaman. Perasaan seperti ini, dapat menjadikan perkembangan psikologis Si Kecil semakin optimal yang nantinya dapat memengaruhi proses tumbuh kembangnya. Tak hanya itu, hasil penelitian menunjukkan bahwa mandi dapat menjadi terapi bagi kulit Si Kecil yang ekstra kering dan memiliki riwayat eczema karena membantu kulit tetap terhidrasi.

Ketika mandi, perhatikan langkah-langkah berikut ini:

1. Gestur Memandikan Si Kecil
Perlahan masukkan Si Kecil ke dalam bak mandi dengan menggunakan satu tangan Mom untuk menopang kepala dan tubuh Si Kecil, sementara tangan lain untuk menyangga tubuh bagian bawah.

2. Membersihkan Wajah
Pertama, bersihkan dulu area sekitar mata si Kecil tanpa sabun mulai dari sudut dalam mata menuju keluar. Lanjutkan pada area mulut, hidung, dan seluruh wajah secara lembut. Tak lupa, usap juga bagian belakang telinganya.

3. Membersihkan Tubuh
Basuh tubuh Si Kecil dengan air mulai dari bagian kepala, dilanjutkan ke tubuh, alat kelamin, dan terakhir pantat dengan sabun dan shampoo khusus bayi.

4. Membilas dan Mengeringkan
Bilas hingga bersih tubuh Si Kecil, terutama pada bagian lipatan kulit untuk menghindari adanya iritasi. Setelah itu keringkan tubuh Si Kecil dengan cara menepuk-nepuk secara lembut menggunakan handuk kering dan pastikan bagian lipatan tubuhnya juga benar-benar kering.

5. Menutrisi
Setelah mengeringkan, gunakan produk baby cream seperti lotion, nurturing, serta diaper cream pada area tubuhnya untuk menutrisi kulit Si Kecil. Produk baby cream sebaiknya digunakan tepat setelah kulit Si Kecil dikeringkan dengan handuk supaya cream menyerap sempurna pada kulitnya.

By: Gabriela Iridi 

BACA JUGA: Tips Mengajak Si Kecil Foto

371 Gabriela Iridi Send Message to Writer

Related Stories