Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Caraku Mengelola Keuangan Selama Pandemi

MY STORY  |  OTHERS  |  PARENTING  |  11 Jun '20


Seperti yang kita semua ketahui bahwa, sejak masuknya wabah virus COVID-19 ini ke Indonesia, seluruh warga merasakan dampak yang sangat besar. Salah satunya adalah hancurnya sistem perekonomian. Peraturan pemerintah yang menghimbau diberlakukannya PSBB ( Pembatasan Sosial Berskala Besar ) dimasyarakat berakibat ditutup beberapa toko dan swalayan, beberapa perusahaan yang merumahkan karyawannya dan menghentikan produksi, sulitnya mendapatkan bahan pangan, angkutan umum yang tidak beroperasi, bahkan ojek online pun tidak boleh menarik penumpang, semua berdampak pada pendapatan yang semakin berkurang, bahkan terkadang tidak ada pemasukan sama sekali.


Bagaimana cara mencukupi kehidupan ditengah pandemi dengan pendapatan yang ada, mengingat ntah sampai kapan pandemi ini akan berakhir. ini cara mommy palo dalam menggunakan pendapatan yang ada ;

1. Memilah hal yang memang dipentingkan atau menjadi prioritas
Karena sumber pendapatan yang berkurang, ada baiknya sebelum membeli barang atau memakai uang harus dipikirkan matang-matang, hanya digunakan untuk hal-hal yang memang menjadi prioritas keluarga. Jangan membelanjakan uang untuk barang-barang yang akan mubazir atau tidak terpakai karna nafsu membeli atau laper mata.

2. Mencari alternative agar hemat
Menghemat pengeluaran dengan cara mencari alternative pengganti, misalnya biasanya membeli sabun mandi yang bermerk, diganti dengan sabun mandi yang biasa, dengan harga yang jauh lebih murah guna menghemat pengeluaran dengan fungsi yang sama. Bisa juga memanfaatkan diskon, misalnya ada barang yang promo yang memang dibutuhkan keluarga bisa dibeli.

3. Memasak makanan sendiri
Biaya pengeluaran makan jika selalu beli atau jajan diluar sangat boros, apalagi jika mempunyai jumlah anggota keluarga yang banyak. Memasak makanan sendiri dirumah adalah salah satu cara agar bisa berhemat. Lagi pula memasak makanan sendiri dirumah juga lebih terjaga kebersihannya.

4. Kurangi berbelanja online
Nah biasa nya neh suka santai-santai sambil pegang hape pantengin jualan online, tanpa sadar kepengen barang terus dibeli, yang akhirnya juga tidak terpakai. Lebih baik selama dirumah aja lebih sering menghabiskan waktu untuk mengurus rumah, bermain dengan anak-anak dan berkumpul dengan keluarga.

5. Jangan belanja dengan keadaan panik
Berbelanja harus dengan keadaan yang tenang dan rilex, biasanya saya sebelum berbelanja di swalayan menyiapkan list belanja, agar tidak berlebihan saat membeli. Berbelanja dengan keadaan panik secara tidak sadar kita membeli barang dengan jumlah yang banyak. Pembelian masker contohnya, banyak orang berebut untuk membeli masker, akhirnya masker yang akan dipakai juga tidak sebanyak dengan saat membeli.

6. Menghemat bensin kendaraan
Meminimalisir operasional pemakaian kendaraan dengan menggunakan sepeda atau berjalan kaki, misalnya ingin ke warung depan gang, yang biasanya menggunakan motor bisa diganti dengan berjalan kaki, atau naik sepeda. Yang biasanya bosen dirumah dan jalan naik mobil muter-muter bisa diganti dengan bermain bersama anak dengan membuat DIY permainan anak.

7. Memakai uang tabungan atau simpanan
Ada baiknya kita menggunakan sedikit uang simpanan atau uang darurat untuk memenuhi kebutuhan dimasa pandemi ini untuk berlangsung hidup. Karena perekonomian juga belum bisa pulih.

Nah itu dia hal-hal yang mommy palo lakukan guna mengelola keuangan keluarga disaat pandemi seperti ini. semoga akivitas perekonomian kembali normal seperti semula. Sekian sharingnya moms, semoga bermanfaat.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

1429 Mommy Palo

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Tips Menghemat Energi Listrik Saat di Rumah Aja

Bagaimana caranya agar biaya listrik saat di rumah aja jadi ga boros? Yuk, simak berikut ini.

Tips Manajemen Keuangan Di Masa Pandemi

Moms and Dads, yuk simak tips mengatur keuangan keluarga di masa pandemi berikut ini.

Cara Sederhana Mencegah Kulit Kering Karena Pemakaian Hand Sanitizer

Yuk simak tips mencegah kulit tangan kering akibat hand sanitizer berikut ini.

DIY Stroller Pad Praktis Tanpa Mesin Jahit

Tidak semua stroller dilengkapi stroller pad saat pembelian. Nah, kali ini, saya bermaksud membagikan cara membuat stroller pad dari kain bedong [...]

Berkunjung ke Wisata Kampung Halloween Sekipan

Hai Moms, saya ingin menceritakan pengalaman pertama kalinya mengajak anak saya untuk berlibur. Kebetulan, saya memutuskan untuk berkunjung ke [...]

REVIEW : Wisata Edukasi di The World Landmark Merapi Park Yogyakarta

Moms yang lagi liburan sama si Kecil di Yogyakarta, ada tempat wisata yang bisa membuat si Kecil mengenal berbagai negara di dunia, loh. Namanya [...]

Caraku Mengatasi Rasa Bersalah Saat Bekerja

Berikut tips untuk working Mom agar tidak merasa bersalah saat harus meninggalkan untuk bekerja

Haruskah si Kecil Memiliki Tabungan Sendiri?

Perlukah kita membuat tabungan sendiri untuk si Kecil? Buat saya pribadi sih PERLU BANGET. Kenapa?

Jangan Lupa Ucapkan Terima Kasih pada Nenek yang Menjaga Anak Kita

Sebagian besar Working Moms memilih menitipkan anak pada keluarga, baik itu Orang Tua ataupun Mertua jika memungkinkan.

Mompetition Di Social Media, Yuk Hadapi Dengan Bijak!

Menjadi Mom zaman now memang tidak mudah, salah satunya adalah ketika harus berhadapan dengan social media.