Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Caraku Mengatasi Rasa Mual Saat Trimester Pertama

MY STORY  |  PREGNANCY  |  22 May '19


Pada saat hamil Clive, saya mengalami mual parah pada trimester pertama. Hal ini membuat berat badan menjadi turun. Setiap kali makan otomatis selalu muntah dan ini biasa terjadi di pagi hari atau siang hari saja. Untungnya rasa mual saya tidak sampai parah yang mengharuskan sampai masuk rumah sakit atau mengonsumsi obat-obatan.

Beberapa tips untuk mengatasi rasa mual saat hamil Clive

1. Hindari makanan yang dapat memperburuk rasa mual
Hindari makanan dengan bau yang tajam yg dapat membuat kita merasa semakin mual karena meningkatnya sensitivitas terhadap aroma atau bau-bauan tertentu pada saat hamil. Juga makanan berlemak sebaiknya jangan dimakan karena membutuhkan waktu yang lama untuk dicerna.

2. Turuti rasa "ngidam"
Apabila lagi ngidam ingin makanan tertentu ada baiknya kita menuruti karena biasa saat kita ada rasa ngidam biasa makanan tersebut tidak akan ditolak oleh tubuh kita. Hal ini bisa membuat kondisi ibu hamil menjadi lebih baik.

3. Bangun secara perlahan saat beraktivitas
Gerakan yang tiba-tiba, dapat membuat perut tersentak alias kaget dan justru akan menyebabkan rasa mual. Jadi usahakan bergerak sepelan mungkin (misalnya ketika ingin duduk, jongkok, berdiri dan aktivitas lainnya). Nah apalagi untuk yang memiliki riwayat tekanan darah rendah seperti saya. Saat bangun tidur di pagi hari, sebaiknya jangan terburu-buru langsung berdiri dari posisi tiduran. Hal ini agar kepala tidak terasa pusing atau mata terasa berkunang-kunang yang akhirnya bisa memicu rasa mual.

4. Makan sedikit dengan frekuensi sering
Di sini intinya supaya jangan sampai perut kosong. Biasanya makan sedikit paling tidak 3 atau 4 sendok, perut akan dengan cepat menerima makanan yg kita makan sebelum rasa mual datang. Hal ini bisa dilakukan dengan frekuensi yang sering.

5. Istirahat yang cukup
Nah cara ini menurut saya paling ampuh ya, setiap kali rasa mual datang, saya mencoba untuk berbaring, tutup mata, tarik nafas dalam, dan coba untuk tidur. Hal ini mungkin saja karena tubuh memang membutuhkan tidur, maklum ibu hamil biasanya cepat terasa capek dan ngantuk.

Namun saat mengatasi rasa mual ketika hamil kita harus lebih berhati-hati. Jangan sampai mual muntah teratasi, tetapi malah menimbulkan efek buruk terhadap janin dalam kandungan.

Semoga bermanfaat.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

619 Sherly ocktavia

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Pengalaman Flek ketika Hamil di Trimester Pertama

Sebagian dari ibu hamil mengalami flek di trimester pertama.

Q&A Kegalauan Bumil TM1 (Part 2)

Hai Moms! Melanjutkan artikel sebelumnya, hari ini kita bahas berbagai kegalauan lain selama hamil.

Morning Sickness Bikin IQ Bayi Tinggi?!

Kondisi kehamilan setiap ibu berbeda beda, ada yang sensitif banget ada yang aman-aman saja.

Q&A Kegalauan Bumil TM1

Hai Moms! By the way usia kandungan bumil-bumil semua udah berapa weeks nih?

Keguguran pada Usia Kehamilan 8 Minggu

Kehamilan yang ditunggu-tunggu harus berujung keguguran di minggu ke-8

Bolehkah Snorkeling Saat Hamil?

Saat usia kandungan menginjak 12 minggu / sekitar 3 bulan, saya pergi berlibur bersama teman-teman ke Pahawang.

Panas-Dingin di Trimester Satu

Yang saya hadapi saat pertama kali tahu hamil adalah: demam berkepanjangan hampir 5 minggu lamanya. Kok bisa?

Preggo Story: Trimester 1, Ngidam Sebel Sama Suami

Kali ini aku mau cerita tentang gimana rasanya ngejalanin kehamilan di Trimester 1 berdasarkan perjalanan pribadi ya

Unusual Habits in Pregnancy

Hari ini saya ingin membahas tentang kebiasaan-kebiasaan baru yang muncul setelah kehamilan yang pertama ini.

Kista di Awal Kehamilan

Apakah Moms juga mengalami kista dimasa awal kehamilan? Jangan khawatir Moms, simak informasi berikut.

Saat Pertama Kali Merasakan Denyut Jantung Janin

Ternyata gerakan dalam perut ketika hamil belum tentu si janin bergerak loh Moms, tapi bisa jadi itu detak jantungnya

Tokso yang Mengawali Kehamilanku

Apakah Moms sudah menunggu-nunggu untuk positif hamil dengan jangka waktu yang lama? Hati-hati terkena tokso!

Mual Tiap Kali Menyikat Gigi Saat Hamil?

Mual muntah menjadi faktor utama yang sangat mengganggu aktivitas sehari-hari di trimester awal kehamilan.

Hamil Muda Perjalanan Jauh? Why Not!

Apa saja yang boleh dilakukan oleh ibu hamil ketika sedang melakukan perjalanan?

Hamil pada Minggu Ketujuh

Berbagai kasus memang sering terjadi dalam dunia kehamilan, contohnya kasus seperti mom Yan yang hamil diluar kandungan.

Keguguran yang Bisa Mengancam Kehamilanku

Abortus Imminens sering disebut ancaman keguguran, dimana kondisi janin masih sehat namun beresiko mengalami keguguran

Pengalaman Kehamilan Kedua Mom Ryana Dea

Bagaimana pengalaman kehamilan kedua Mom Ryana Dea di saat ia juga masih harus menyusui si Kecil?

Cerita Awal Kehamilan Baby P

Pada waktu libur Lebaran 2018, ada satu hari tiba-tiba aku lemes banget, teler maunya tidur terus.

Hamil 2 Kantong Menjadi 1 Kantong, Kok Bisa?

Awal menjadi new Mom, aku senang sekali diinfoin Dokter Kandungan bahwa terdetect ada 2 kantong.

Apa Bedanya Morning Sickness dan Hiperemesis Gravidarum?

Apakah Moms mengetahui tentang perbedaan morning sickness dan hiperemesis gravidarum? Yuk, simak informasi berikut!