Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Cara Sederhana Atasi Separation Anxiety Pada Anak

MY STORY  |  PARENTING  |  25 May '18


Tepatnya sehari setelah kami pulang mengunjungi orangtua di Bandung. Zikri menunjukkan gejala yang tidak biasanya. Ini tidak membahayakan,  namun ketika saya amati dia semakin menjadi ketika saya beranjak pergi. Semua permohonan izin saya di tolaknya dengan rengekan. Ada apa dengan Zikri? Belakangan saya tahu bahwa Zikri sedang dalam masa Separation Anxiety (Kecemasan untuk berpisah).

Dengan berkembangnya kemampuan intelektual dan emosionalnya Zikri belajar untuk mengenal orang-orang di sekitarnya dan menjadi melekat dengan orang tuanya. Ketika ia tengah asyik digendong nenek, kakek atau tantenya, lalu secara tak sengaja saya melewatinya tiba-tiba dia menangis bahkan ketika hanya mendengar suara saya saja.

Dengan semakin kuatnya ikatan ini, Zikri seringkali menjadi cemas atau takut jika saya pergi meninggalkanya atau jika orang asing muncul. Namun, ketakutan ini merupakan bagian normal dari perkembangan anak dan terus membaik seiring dengan waktu. Kecemasan untuk berpisah biasanya mulai terjadi saat anak berusia sekitar 8 bulan dan paling hebat saat anak berusia 10-18 bulan. Kecemasan untuk berpisah akan menghilang saat anak berusia sekitar 24 bulan. Pada usia ini, anak mulai mengerti bahwa orang tuanya sedang pergi, tetapi nanti akan kembali.

Namun, meskipun anak telah berhasil melewati tahap perkembangan ini, kecemasan untuk berpisah bisa terjadi lagi saat anak mengalami stres. Kebanyakan anak akan merasakan kecemasan untuk berpisah dalam tingkat yang berbeda saat berada pada situasi yang asing, terutama saat berada terpisah dari orang tuanya. Misalnya, saat anak sakit dan dirawat di rumah sakit. Anak akan mencari ketenangan dan perlindungan dari orang tuanya. Tetapi jika orang tua tidak dapat berada bersama dengannya pada situasi ini, maka anak bisa merasa tertekan.

Tips mengatasi  separation anxiety

  • Meredam rasa takutnya Pertama yang harus ditanamkan kepada anak bahwa kita pergi akan kembali. Buatlah kepercayaan bahwa kita tidak akan meninggalkannya. 
  • Kenalkan Si Kecil pada pengasuhnya Meninggalkan bayi bersama nenek atau kakeknya jauh lebih baik daripada orang lain. Tentu ini juga harus melewati waktu pembiasaan agar ia merasa nyaman dengan nenek kakeknya ketika kita pergi.
  • Latihan di rumah Melakukan hal yang berulang akan membuat bayi terbiasa memprediksinya. Maka ada baiknya melatih dengan rutin supaya bayi dapat membangun kepercayaan dirinya untuk berpisah
  • Berpisah dengan menyenangkan  Ketika akan meninggalkan Si Kecil mintalah izin dengan baik. Utarakan tujuan kita, berikan pelukan serta ciuman seraya meyakinkan ia bahwa akan segera kembali. Tentu tidak pergi secara diam-diam ya Moms
  • Berikan kesibukkan Jika anak sedang asyik melakukan sesuatu maka biasanya perhatiannya sulit dialihkan, di kala ia menunggu kita kembali maka, buatlah ia sibuk melakukan kegiatan yang menyenangkan. 

Sebenarnya tidak ada yang perlu di khawatirkan apalagi sampai melakukan pemeriksaan menghadapi separation anxiety ini. Namun jika kecemasan untuk berpisah terjadi sangat hebat dan menetap hingga anak berusia lebih dari 2 tahun, maka perlu dilakukan evaluasi lebih lanjut oleh dokter ahli.

 

Semoga bermanfaat.

By: Chriesty Anggraeni

 

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

3288 Chriesty Anggraeni

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Uang Sekolah Makin Mahal, Gimana Cara Mempersiapkannya?

Memberikan pendidikan terbaik bagi si Kecil merupakan salah satu kewajiban utama Moms & Dads.

It’s Okay to Not Be Okay

Dalam mengasuh anak, tentu Moms mengharapkan si Kecil tumbuh menjadi pribadi dengan kondisi fisik

Tips Praktis Memompa ASI di Kantor

Hai Moms, Meskipun pandemi virus corona belum berakhir, tapi banyak dari kita yang sudah

Tips Menghindari Toxic Parenting

Hai Moms, Siapa disini yang minggu lalu nonton Babyo Channel Ngobrol Bareng Babyo dengan topik

Ketika Dads Sibuk dengan Hobinya

Setiap hari Jumat, sekarang Babyo Connect memiliki "Apa Kata Moms?" yang akan membahas topik yang terasa tabu Moms bahas, atau uneg-uneg yang [...]

Anak Umur 2 Tahun Belum Bisa Ngomong, Wajarkah?

“Anaknya 2 tahun? Sudah bisa ngomong belum? Oh, speech delay? Sama donk seperti anak saya. Gpp nanti usia 3 tahun juga bisa sendiri.”

5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebagai Working Mom

Menjadi seorang working Mom tentunya memiliki tantangan tersendiri. Yuk simak tips dari Mom Inayah berikut ini.

Hal yg Bisa Dilakukan untuk Mengisi Kegiatan si Kecil di Rumah Selama Pandemi

Moms, yuk simak aktvitas yang bisa dilakukan di rumah bersama si Kecil berikut ini.

Fiersa is Turning One

Merayakan ulang tahun pertama pastinya adalah moment yang tidak bisa dilewatkan. Yuk, simak cerita berikut ini.

Caraku Mempertahankan Keutuhan Rumah Tangga di Tengah Pandemi

Rumah tangga yang harmonis pasti sudah menjadi dambaan pasutri. Simak tips berikut ini yuk Moms and Dads!

Caraku Mengatur Keuangan Keluarga di Kondisi Pandemi

Di tengah-tengah pandemi ini tidak bisa dipungkiri bahwa banyak keluarga yang terdampak secara ekonomi. Simak tips berhemat berikut ini yuk!

Punya Anak Perempuan Lebih Boros?

Hayo siapa yang punya anak perempuan dan merasa boros karena beli barang-barang lucu atau baju untuk Si Kecil? Sebenarnya boros tidaknya [...]

Cerita Sibling Goals di Usia Berdekatan

Bagaimana ya caranya agar kakak adik rukun? Yuk, simak cerita berikut ini.

Mengajarkan Kemandirian Sejak Dini Penting Gak Sih Moms?

Mengajarkan si Kecil untuk mandiri sedari dini memiliki banyak manfaat loh Moms. Yuk, simak berikut ini.

Ide Kreatif Bermain Saat Mati Lampu

Mati lampu memang menjadi kondisi yang kurang nyaman. Namun, Moms bisa memanfaatkan kondisi ini untuk barmain dengan si Kecil.

Suamiku Ayah ASI! Yuk Tanamkan Positif Mind!

Hai para istri, yuk belajar cara merayu suami agar mau untuk menjadi ayah ASI berikut ini!

Pengalaman Lebaran Pertama Tanpa Keluarga

Meskipun jauh dari sanak saudara, Lebaran sudah seharusnya menjadi momen yang dirayakan. Yuk, simak cerita berikut ini.

Setahun Bersama Babyologist

Moms, yuk simak pengalaman Mom Dinar setahun bersama Babyo berikut ini.

Menjadi Istri dan Teman Bagi Suami di Masa Pandemi

Pandemi Covid-19 ini sangat berdampak pada ekonomi keluarga. Yuk belajar jadi Istri yang baik dan teman bagi suami kita.

Semakin Harmonis Di Masa Pandemi

Moms and Dads, yuk simak tips untuk semakin harmonis selama masa pandemi ini.