Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Cara Mudah Membuat si Kecil Lebih Kreatif

BRANDS  |  PARENTING  |  TODDLER  |  27 Nov '19


Di era sekarang ini, seringkali kita mendengar istilah generasi kreatif ya, Mom. Mengembangkan kreativitas memang penting untuk si Kecil. Tak hanya memberi ia kesempatan untuk mengembangkan hal yang ia minati, lebih jauh, kreativitas juga bisa membantu mereka untuk mengembangkan skill emosional, mental, bahkan sosialnya di masa yang akan datang.

Lalu, adakah cara melatih si Kecil menjadi lebih kreatif? Jawabannya, ada Moms. Ada banyak kegiatan dan aktivitas yang dapat kita lakukan bersama anak untuk melatih mereka menjadi lebih kreatif. Bahkan, menjadikan si Kecil lebih kreatif bisa dilakukan dengan cara yang sederhana. Beberapa cara mudah membuat si Kecil lebih kreatif adalah sebagai berikut:

Lihat Minat dan Bakatnya

Ketika si Kecil berusia 2 tahun, atau terkadang kurang dari 2 tahun, orang tua dapat mulai melihat minat dan bakat mereka. Beberapa dari mereka ada yang suka mewarnai, ada yang suka bernyanyi, atau ada yang suka bermain dokter-dokteran. Dari sinilah kita dapat mengidentifikasi minat dan bakat mereka sebelum kita bantu mereka untuk mengembangkannya. 

Jangan lupa, bahwa belajar ala anak adalah bermain. Jadi, biarkan mereka bermain sambil belajar tanpa merasa terpaksa atau tertekan. Tugas kita para orang tua adalah mendampingi si Kecil agar dapat menangkap konsep permainan yang sedang ia mainkan dan menunjukkan pada anak bagaimana hal itu dapat dikembagkan lagi.

Beri ia Ruang untuk Mengasah Kreativitasnya

Jika si Kecil suka menggambar, belikan ia alat gambar. Namun, jika ia sangat suka menari, orang tua boleh mengajaknya untuk les balet, misalnya. Berikan ruang senyaman mungkin agar ia bisa mengekspresikan minatnya. Namun, perlu diingat si Kecil terkadang bisa bosan, juga, lho, Moms. Cobalah untuk memberi kegiatan yang berbeda dari kegiatan yang biasa ia lakukan. Misalnya, ajak ia berenang setelah ia lelah menggambar atau ajak si Kecil masak bersama jika ia sudah capek atau bosan menari balet. Selain dapat mengusir rasa bosan, Moms juga bisa melihat apakah si Kecil memiliki potensi lain yang bisa dikembangkan.

Apresiasi Hal Positif yang Ia Lakukan

Sama seperti orang dewasa, anak-anak pun menyukai pujian. Jika diutarakan dengan tepat, pujian dapat membuat si Kecil senang dan lebih termotivasi untuk melakukan atau membuat sesuai yang ia suka. Sebaiknya pujian tidak hanya diberikan ketika si Kecil merasa berhasil melakukan atau membuat sesuatu. Ketika ia merasa gagal, kita juga harus mengapresiasi kerja mereka agar menumbuhkan rasa percaya diri dan perasaan dihargai. Dengan begitu si Kecil bisa dapat termotivasi untuk berani mencoba lagi.

Diskusi dengan si Kecil

Mulailah dengan berdiskusi mengenai masalah yang ditemui sehari-hari, seperti berdiskusi mau liburan kemana atau sekadar mau makan apa? Dengan berdiskusi, si Kecil akan merasa dihargai karena ia dilibatkan dalam membuat keputusan. Lakukanlah metode  brainstorming dengan si Kecil untuk mencurahkan ide-ide mengenai topik diskusi tersebut di depan anak. Metode ini akan membuka wawasan mereka untuk menemukan ide baru yang bisa melatih mereka untuk lebih kreatif.

Biasakan Membaca Buku

Kegiatan membaca juga bisa mengasah kreativitas si Kecil, lho, Moms. Jika si Kecil belum bisa membaca, Moms dapat membacakan cerita pada mereka. Misalnya, biasakan untuk melakukan bed time story sebelum tidur. Dengan membaca cerita, si Kecil akan mulai berimajinasi dan imajinasi merupakan titik awal sebuah kreativitas.

Berikan Asupan Nutrisi yang Cukup dan Tepat

Asupan nutrisi yang cepat dan tepat tentu memegang peranan yang penting dalam perkembangan anak termasuk perkembangan kreativitasnya. Menjadi anak yang kreatif tidak hanya membutuhkan fisik yang kuat tetapi juga membutuhkan otak yang sehat dan cerdas. Salah satu sumber makanan pelengkap yang dapat dikonsumsi si Kecil untuk menunjang kreativitasnya adalah susu. 

Susu mengandung gizi penting yang lengkap mulai dari vitamin, mineral, karbohidrat, dan protein. Selain itu, untuk menunjang kesehatan tubuh dan otaknya, susu juga dilengkapi dengan lemak esensial seperti omega 3, DHA, dan EPA. Bahkan saat ini Moms dapat menemukan susu dengan kandungan cod liver oil yang merupakan sumber omega 3, DHA, EPA, Vitamin A dan D yang dapat mengoptimalkan kecerdasan, daya tahan, tumbuh kembang, hingga penglihatannya.

Itulah cara-cara mudah membuat si Kecil tumbuh menjadi anak yang kreatif. Tak hanya membutuhkan stimulasi dari luar seperti, bermain, menggambar, maupun melakukan aktivitas lainnya, anak juga membutuhkan asupan nutrisi dari dalam yang cukup dan tepat. Dengan begitu si Kecil pun dapat tumbuh sebagai anak yang kreatif.

Referensi: Parents, PBS ORGANIZATION, Kompas, Tempo

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

1808 Vidoran Indonesia

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

12 Langkah agar Anak Mau Makan

Jangan khawatir ketika si Kecil menolak makan, Moms. Simak mengatasinya di sini!