THE DAILY

Apakah Panas dari Laptop dapat Memengaruhi Kesuburan? Apakah Panas dari Laptop dapat Memengaruhi Kesuburan?
20 Jan '19

Memilih Wadah Terbaik Menyimpan ASIP Memilih Wadah Terbaik Menyimpan ASIP
06 Nov '18

Anak Kurus Pasti Tidak Sehat? Anak Kurus Pasti Tidak Sehat?
20 Jan '19

Bahan Kimia yang Mempengaruhi Kesuburan Pria Bahan Kimia yang Mempengaruhi Kesuburan Pria
20 Jan '19

Bagaimana Cara Menaikkan Tekstur MPASI si Kecil? Bagaimana Cara Menaikkan Tekstur MPASI si Kecil?
20 Jan '19

Apakah Anak Berusia 4 Tahun ke Atas Masih Memerlukan Stroller? Apakah Anak Berusia 4 Tahun ke Atas Masih Memerlukan Stroller?
30 Jul '18

Makanan Peningkat Kesuburan Makanan Peningkat Kesuburan
20 Jan '19

Pro dan Kontra Menjadi Working Mom Pro dan Kontra Menjadi Working Mom
20 Jan '19

Dukung Tumbuh Kembang Anak dengan Probiotik Dukung Tumbuh Kembang Anak dengan Probiotik
20 Jan '19

Mengatasi Efek Buruk Penggunaan Gadget pada si Kecil Mengatasi Efek Buruk Penggunaan Gadget pada si Kecil
07 Nov '18

Hati-hati Saat Berbicara dengan Ibu Hamil! Hati-hati Saat Berbicara dengan Ibu Hamil!
20 Jan '19

Menghitung Masa Subur Menghitung Masa Subur
20 Jan '19

Cerita Kehamilan Mom Usi Cerita Kehamilan Mom Usi
20 Jan '19

Cara Ampuh Melindungi Si Kecil dari Berbagai Penyakit Cara Ampuh Melindungi Si Kecil dari Berbagai Penyakit
23 Nov '18

Tips agar Baby Tidur Nyenyak Semalaman Tips agar Baby Tidur Nyenyak Semalaman
19 Jan '19

Amankah Makanan yang Mengandung Biji Wijen bagi Si Kecil? Amankah Makanan yang Mengandung Biji Wijen bagi Si Kecil?
19 Jan '19

Tips Hamil Anak Kembar Tips Hamil Anak Kembar
19 Jan '19

Berbahayakah Tidur Satu Ranjang dengan Bayi? Berbahayakah Tidur Satu Ranjang dengan Bayi?
18 Dec '18

Persediaan Obat untuk si Kecil Persediaan Obat untuk si Kecil
19 Jan '19

Yuk Moms Buat Mainan Sendiri! Yuk Moms Buat Mainan Sendiri!
19 Jan '19

Pentingnya Skrining Bayi Prematur Pentingnya Skrining Bayi Prematur
19 Jan '19

Tips Mengatasi Kulit Bayi yang Kering dan Dehidrasi Tips Mengatasi Kulit Bayi yang Kering dan Dehidrasi
08 Nov '18

Hindari Makanan dan Minuman Ini agar Cepat Hamil Hindari Makanan dan Minuman Ini agar Cepat Hamil
19 Jan '19

Sudah Dua Kali Keguguran, Masihkah Berpeluang Hamil? Sudah Dua Kali Keguguran, Masihkah Berpeluang Hamil?
19 Jan '19

Tofu Egg Soup Tofu Egg Soup
19 Jan '19

Brokoli Selimut Tepung Brokoli Selimut Tepung
19 Jan '19

Tips Bersalin Normal dengan Tenang dan Nyaman Tips Bersalin Normal dengan Tenang dan Nyaman
19 Jan '19

Cara Cepat Hamil ala Mom Selly Cara Cepat Hamil ala Mom Selly
19 Jan '19

Perlukah Memiliki Baju Menyusui? Perlukah Memiliki Baju Menyusui?
19 Jan '19

Menghentikan Kebiasaan Anak Memukul Kepala Sendiri Menghentikan Kebiasaan Anak Memukul Kepala Sendiri
19 Jan '19

Tips Cepat Hamil ala Mom Dian Tips Cepat Hamil ala Mom Dian
19 Jan '19

Couvade Syndrome: Istri Hamil, Suami Ikut Ngidam Couvade Syndrome: Istri Hamil, Suami Ikut Ngidam
18 Jan '19

Yuk Ajak si Kecil ke Pantai! Yuk Ajak si Kecil ke Pantai!
18 Jan '19

Misoa Telur Puyuh (14 M+) Misoa Telur Puyuh (14 M+)
18 Jan '19

Cara Menurunkan Demam Anak Cara Menurunkan Demam Anak
18 Jan '19

Review Sudocrem: Baby Care Cream Review Sudocrem: Baby Care Cream
18 Jan '19

READ MORE

Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Cara Mom Mala Menyapih Dot

FEEDING  |  OTHERS  |  24 Dec '18

Kemarin ini sudah banyak yang tanya bagaimana cara Dila lepas dot dan pertanyaan-pertanyaan seputar dot Dila.

Sebelumnya saya benar-benar mau thankfully banget sama tantenya Dila. Soalnya tantenya yang paling punya peran besar atas keberhasilan lepas dot Dila. Karena saya pribadi kan cuma ketemu Dila malam saja kalau weekdays. Dan seharian full Dila sama tantenya kalau weekdays. Jadi makanya saya benar-benar merasa tantenya Dila yang sukses buat sapih Dila.

Awalnya saya mau sapih Dila dot itu nanti ya Moms pas Dila 2 tahun aja. Sapih dot ini sama sekali tidak direncanakan dan diniatkan sama sekali. Jadi awal ceritanya itu pas kita lagi di jalan pulang dari Bogor terus di perjalanan Dila minta susu. Saya cuma bawa botol dot itu 2 dan semuanya sudah kepakai buat nyusu pas tadi siang. Saya tidak expect Dila minta susu lagi soalnya itu sudah mau sampai rumah makanya botol dotnya tidak saya cuci.

Tapi ternyata keinginan Dila berkehendak lain. Dia ngerengek pengen susu dan semua botolnya kotor, saya tawarikan dia buat minum di straw cup. Dan saya jelaskan ke dia semua botolnya kotor tidak ada lagi dotnya, jadi kalau mau susu hanya tinggal di botol.

Amazingly, entah memang saking pengennya minum susu atau bagaimana, dia mau loh minum susu di straw cup. Saya iseng bilang "apa kita sapih dot aja sekalian kali ya?" tantenya Dila bilang "Ok yaudah kita coba".

Dila memang sudah tidak pernah minum susu malam at all Moms. Jadi memang proses penyapihan itu dimulai waktu paginya. Malamnya sebelum tidur saya sudah ngomong ke dia "Dila besok minum susunya di straw cup ya, No No dot lagi. Botol dotnya kotor semua jadi minumnya di straw cup aja ya". Saya bisikin terus itu berulang-ulang Moms.

Besok paginya baru deh drama dimulai. Biasanya bangun tidur dia minta susu langsung saya kasih deh di straw cup. Mulailah menolak dan merengek dia engga mau minum susu di straw cup. Berkali-kali dia merengek bilang "mamih cucu mamih, mau cucu". "ini susu Dila, mulai sekarang minum susunya di sini yah, dotnya kotor semua".

Sambil berkata seperti itu, saya sodorkan straw cup isi susu tetap dia berulang kali bilang susu. Mungkin karena dia tahunya minum susu itu bukan di situ tapi di dot. Awalnya saya sempat menyerah, saya mikir lagi apa nanti aja lah nunggu dia 2 tahun. Tapi tantenya Dila yang menguatkan, dia bilang dicoba aja dulu seharian ini bagaimana kan belum dicoba juga.

Akhirnya saya kuatkan tekad lagi, langsung saya masukin semua botol-botol dotnya Dila dan saya simpan di tempat yang kira-kira tidak terlihat sama dia dan saya bulatkan untuk lanjutkan penyapihan dot ini. Kira-kira ini seperti ini progressnya bagaimana sampai Dila bisa full lepas dot.

DAY 1

Full seharian itu Dila rewelnya minta ampun. Maunya digendong terus, diperhatiin, rengek-rengek engga jelas. Mainan salah, mau tidur salah, pokoknya apapun salah. Ditambah dia pun jadi males makan.

Jadi setiap dikasih susu itu dia tidak pernah abis. Paling hanya di sedot 2-3 kali udah engga mau lagi. Sayang banget kan dan bikin worry juga karena berarti susunya kurang banget. Malam-malamnya juga Dila rewel pengennya digendong terus karena sebelum tidurnya dia tidak nyusu.

Sampai papinya protes "udahlah mih kasih lagi aja dotnya, kasian kan nyusunya juga jadi sedikit banget" saya jadi makin paniklah udah diprotes gitu kan, mana anaknya juga rewel. Tapi saya jadi mikir lagi, ini sudah setengah jalan banget, kalau saya berhenti di sini, some day saya harus menghadapi situasi seperti ini lagi.

Jadi dibanding saya harus menghadapi situasi seperti ini 2 kali, mending saya beresin aja sekali waktu. Dan untungnya saya dapat support juga dari tantenya Dila "yang mau capek". Jadi saya coba yakinkan diri sendiri bahwa badai ini pasti berlalu.

DAY 2

Dila sudah mulai mau coba beradaptasi. Dia sudah tidak lebay-lebay lagi kalau minta susu. Dan tantenya Dila coba buat kasih Dila susunya pakai clear holder bukan pakai straw cup. Dan good newsnya Dila lebih banyak minum susunya kalau pakai clear holder dan makannya juga jadi membaik. Dila sudah mulai seperti biasanya tidak se-cranky day 1. Tapi tetap masih ada rewel-rewelnya sedikit.

DAY 3

Totally Dila sudah sukses lepas dot. Dia sudah tidak rewel-rewel sama sekali. Kalau minta susu langsung kasih di clear holder, anteng minum susunya. Tidak ada lagi drama-drama dotnya. Dia sudah ngerti banget kalau minum susu sudah bukan di dot lagi. Mungkin dia juga mikir mau dia rewel seperti apapun juga tidak kan dikasih.

Manfaat Sapih Dot

  1. Mencegah munculnya gigi karies
    Dan karena sapih dot ini juga bikin kebiasaan baru yang baik buat Dila. Dila jadi tidak nyusu lagi kalau mau tidur. Biasanya dia kalau mau tidur harus nyusu dulu, karena sapih dot ini kan dia tidak bisa nyusu sambil tiduran. Benar-benar mencegah gigi karies Moms.

  2. Jam nyusunya lebih teratur
    Makan sama ngemilnya jadi banyak. Karena memang nyusunya jadi lebih sedikit. Kemana-mana lebih praktis banget. Tidak perlu cuci dan steril botol lagi. Cukup bawa clear holder aja.

Cara Menyapih Dari Dot

  1. Kompak
    Jangan sampai kejadian seperti saya Moms. Yang sayanya sudah niat banget eh ayahnyanya yang kasian. Jadinya anak kita akan berlindung ke sosok yang menurut dia "melindungi" dia. Jadi make sure semuanya harus kompak dan perlakuannya sama.

  2. Pola makan
    Pastikan kalau nafsu makannya lagi bagus ya Moms. Jangan anak lagi GTM kita sapih. Alhasil jadinya makan sedikit, nyusu juga sedikit. Soalnya pasti anak rewel, bisa jadi seperti Dila juga jadi malas makan. Makanya lebih bagus kalau nafsu makannya lagi baik. Jadi kalaupun tidak nyusu tapi makannya lumayan.

  3. Jangan berpatokan dengan umur
    Lihat kebutuhan dan kesiapan anak kita masing-masing ya Moms. Kalau kita merasa anak kita sudah mampu dan bisa untuk disapih baru kita lakuin. Misalnya ya, ada anak yang umur 9 bulan sudah tidak mau dot kita jadi bingung. Moms tidak perlu bingung toh pada akhirnya kita akan sapih dia jadi anggap saja dia menýapih dirinya sendri secara alami. Kan kita bisa pakai media lain untuk kasih susu. Misalnya pakai straw cup atau disendokin. Atau sebaliknya anak kita sudah 2 tahun tapi kok sepertinya masih perlu deh dotnya karena situasi yang belum memungkinkan ya tidak apa-apa Moms.

Mendidik dan merawat anak bukan balapan siapa yang duluan kok. Jadi semua balik lagi ke masing-masing anak dan ibunya. Kita sendiri yang tahu kondisi kita. Jadi, don't care sama semua judging dan pandangan orang Moms. Yang penting happy Mom happy child.

Semoga bermanfaat.

By: Mala Sari

Copyright by Babyologist

89 Mala Sari Send Message to Writer

Related Stories