Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Cara Menyusui Yang Benar Untuk Optimalkan Asupan Nutrisi Bayi

FEEDING  |  20 Feb '18

Meskipun menyusui adalah proses alami, namun menyusui membutuhkan pengorbanan dan komitmen dari ibu. Selain itu, ibu tidak bisa menyusui dengan asal-asalan. Penting bagi ibu untuk mempelajari dan mengetahui bagaimana cara menyusui yang benar. Dengan begitu, asupan nutrisi untuk bayi bisa dioptimalkan. Jika pemberian ASI dilakukan dengan benar, maka manfaat dari ASi akan dirasakan sepenuhnya baik oleh bayi maupun ibu. 

Selain harus bisa menyusui dengan benar, penting juga bagi ibu untuk menyusui dalam kondisi yang nyaman dan menyenangkan. Jika ibu terlalu stres atau cemas saat menyusui maka bisa mempengaruhi produksi ASI dan bahkan bisa mempengaruhi mood bayi ibu sendiri. Menyusui memang bukan perkara mudah terlebih jika ibu berkomitmen untuk memberikan ASI eksklusif. Ibu harus siap menyusui kapanpun bayi membutuhkan, bahkan saat tubuh ibu merasa sudah sangat lelah sekalipun. 

Berikut adalah beberapa tips cara menyusui yang benar, agar proses menyusui lebih nyaman dan menyenangkan:

  • Pastikan agar posisi ibu saat menyusui serileks mungkin. Begitupun dengan posisi bayi, pastikan agar ia dalam posisi yang nyaman dan rileks. Jika bayi masih gelisah berarti ia belum ada pada posisi yang nyaman. 
  • Posisikan kepala bayi agar lebih tinggi dibanding tubuhnya. Ini bertujuan agar bayi tidak kesulitan dalam menelan ASI. Cara ini juga berguna untuk menghindari bayi tersedak saat menyusu. 
  • Selanjutnya, ibu bisa menggunakan tangan ibu untuk menyangga kepala bayi. Pastikan agar posisi hidung bayi sejajar dengan puting untuk membantu bayi membuka mulutnya dan mempermudah bayi untuk menjangkau ASI.
  • Selanjutnya, dekatkan mulut bayi ke payudara ibu dan biarkan mulut bayi terbuka hingga posisi lidahnya kearah bawah. Ibu bisa menggunakan jari ibu untuk membantu bayi menemukan posisi yang tepat dalam memasukkan puting kedalam mulutnya.
  • Poin penting dalam cara menyusui yang benar ialah posisi perlekatan. Maka, pastikan agar posisi perlekatan bayi sudah benar. Ini ditandai dengan posisi mulut bayi yang melekat lebar pada area bawah puting payudara. Sehingga puting ibu masuk seluruhnya kedalam mulut bayi. Dengan posisi perlekatan yang benar seperti ini, bayi bisa menyusu dengan posisi stabil dan nyaman. 
  • Namun jika ibu merasakan nyeri ketika menyusui, ini berarti perlekatan tadi belum ada pada posisi yang benar. Maka, usahakan agar perlekatan bayi saat menyusu sudah benar. Gunakan jari ibu untuk mengarahkan mulut bayi agar perlekatan bisa sempurna. Jika ibu sudah bisa merasakan bayi menelan ASI dan tidak terasa nyeri maka perlekatan sudah sesuai.
  • Sebaiknya fokuskan perhatian ibu pada bayi ketika menyusui dan tidak sibuk dengan kegiatan lain misalnya bermain gadget. Perhatian optimal pada bayi saat menyusui akan meningkatkan emotional bonding ibu dan anak. Proses menyusui pun dapat memberikan manfaat secara optimal bagi bayi. 

Untuk membantu ibu agar bisa menyusui dengan nyaman, ibu bisa melakukan beberapa hal berikut:

  • Gunakan bantal menyusui untuk menopang punggung dan pinggang ibu sehingga tidak mudah pegal ketika harus menyusui bayi berkali-kali dalam periode lama. Pastikan untuk memilih bantal yang berkualitas dengan bahan yang aman untuk bayi. Pilih juga bantal dengan permukaan luas agar bisa menopang tubuh bayi seluruhnya sehingga ia bisa menyusu dalam posisi yang stabil. 
  • Sebaiknya, ibu benar-benar mengosongkan satu payudara saat menyusui bayi sebelum beralih ke payudara lainnya. Ini bisa membantu menjaga siklus produksi ASI agar tetap melimpah dan bisa memenuhi kebutuhan nutrisi bayi.
  • Jika ibu merasakan nyeri dipayudara akibat menyusui, maka ibu bisa melakukan pijatan lembut secara rutin misalnya sebelum tidur dan saat bangun tidur. Pijatan diarea payudara bisa membantu otot-otot sekitarnya lebih rileks. Ibu pun akan lebih nyaman saat menyusui nantinya. 
  • Gunakan bra khusus menyusui yang memiliki penyangga atau penopang khusus. Selain itu, bra khusus menyusui juga memiliki kait atau kancing didepan sehingga memudahkan ibu untuk menyusui kapanpun. 
  • Gunakan breast pad untuk disisipkan pada bra agar payudara ibu tertopang dengan baik. Ini juga bisa membantu mencegah bocornya ASI karena produksinya yang melimpah. Ibu tentu saja tidak ingin baju basah kuyup karena ASI yang bocor. Maka penggunaan breast pad ini bisa membantu saat ibu harus menyusui diperjalanan.

Mengetahui cara menyusui yang benar sangatlah penting karena proses menyusui sendiri memiliki berbagai dampak positif baik untuk bayi maupun ibu. Jika menyusui dilakukan dengan cara yang benar, dampak tersebut bisa dirasakan sepenuhnya. Apa saja manfaat dari menyusui untuk ibu dan bayi? Berikut beberapa diantaranya:

  • Memperkuat bonding antara ibu dan bayi. Ikatan emosional ibu dan bayi akan lebih kuat jika ibu menyusui bayinya dengan cara yang benar. Kontak skin to skin saat menyusui juga bisa membuat bayi merasa aman dan nyaman. 
  • Menyusui bisa membantu ibu untuk membakar kalori. Ibu tidak perlu diet mati-matian agar tubuh bisa langsing kembali setelah melahirkan. Dengan memberikan ASI eksklusif pada bayi, ibu bisa membakar 500 kalori setiap harinya. Ibu bisa tetap makan seperti biasa dengan gizi seimbang, dan berat badanpun bisa turun secara alami.
  • Menyusui bisa membantu melepaskan hormon penyebab stres. Ibu biasanya mengalami stres pasca melahirkan. Dengan menerapkan cara menyusui yang benar, maka stres ibu bisa berkurang. Sebaliknya, tubuh ibu akan memproduksi lebih banyak hormon oksitosin, yaitu hormon yang bisa membuat tubuh ibu lebih rileks. 
  • Dengan mengaplikasikan cara menyusui yang benar, bisa membantu mengoptimalkan tumbuh kembang bayi. Bayi yang menerima ASI eksklusif minimal 6 bulan pertama setelah dilahirkan, memiliki resiko yang lebih rendah untuk terkena infeksi, bahkan kematian mendadak. Selain itu, bayi yang disusui dengan benar juga memiliki tingkat kecerdasan yang lebih baik saat ia dewasa nanti, menurut beberapa penelitian. 

Agar proses menyusui bisa tetap lancar, nyaman, dan menyenangkan, pastikan agar ibu dalam kondisi yang sehat dan bugar. Jaga kondisi kesehatan dengan cara:

  • Konsumsi makanan yang bervariasi dan mengandung nutrisi lengkap serta seimbang.
  • Perbanyak konsumsi cairan terutama air putih, dan batasi konsumsi minuman mengandung kafein seperti teh dan kopi.
  • Lakukan olahraga ringan secara rutin agar tubuh tidak mudah capek. 
  • Pastikan tubuh ibu mendapat istirahat yang cukup dengan tidur secara teratur. 

Menyusui bayi adalah momen berharga bagi ibu untuk mempererat ikatan dengan bayi meskipun tujuan utamanya adalah untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya. Menyusui memberikan banyak manfaat positif bagi ibu dan anak. Manfaat tersebut bisa dirasakan secara optimal terutama jika ibu mengetahui cara menyusui yang benar dan mengaplikasikannya setiap kali ibu memberikan ASI eksklusif pada bayi.

By: Babyologist Editor

2769 Babyologist Editor Send Message to Writer

Related Stories