Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Cara Menyusui & Penggunaan Botol Susu yang Tepat untuk Menghindari Kolik

BABY  |  FEEDING  |  MY STORY  |  09 Jul '19


Kolik pada bayi, apa itu kolik? Sebagai ibu baru yang sedang memasuki tahapan masa menyusui dan merawat bayi, tentunya cukup membingungkan untuk mengatasi yang namanya kolik.

Kolik adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan kondisi ketika bayi terus menangis tanpa sebab yang jelas dan sulit dikendalikan. Biasanya bersifat jangka pendek dan dapat hilang dengan sendirinya.

Banyak ahli secara umum meyakini bahwa kolik terjadi berkaitan dengan sistem pencernaan si kecil. Kemungkinan karena pencernaan si kecil yang kesulitan mencerna makanan dengan baik (khususnya laktosa) serta terlalu banyaknya udara yang masuk saat proses menyusui atau minum susu dari botol yang membuat perutnya kembung, tak nyaman sehingga rewel dan kolik.

Tanda-tanda kolik biasanya dimulai dengan menangis kencang selama beberapa waktu dan seringnya diwaktu yang selalu sama atau beberapa saat setelah disusui. Wajah si kecil kemerahan, tangannya mengepal kencang, kaki ditekuk ke dada serta perut mengeras. Ini yang biasanya umum terjadi bila bayi kolik. Ini juga yang menandakan bahwa si kecil tidak nyaman atau sedang berjuang dengan pencernaannya.

Oleh karena itu, penting bagi kita moms mengetahui cara menyusui serta penggunaan botol susu yang tepat untuk menghindari kolik. Berikut cara untuk menghindari kolik pada bayi:

1. Gendong bayi dengan tegak sebisa mungkin saat menyusui, setidaknya posisi kepala si kecil lebih tinggi dari posisi tubuhnya. Atau apabila terkadang tidak memungkinkan untuk posisi seperti itu setiap menyusui, gendong bayi posisi berdiri dan menghadap serta menumpu ke kita (kepala diatas bahu kita) setelah disusui sekitar 15 menit agar ASI dapat masuk lebih baik.

2. Kenali posisi latch on bayi yang tepat sesuai payudara moms untuk menghindari udara berlebih masuk ke tubuh si kecil setelah menyusui. Posisi latch on bayi adalah posisi mulut si kecil saat menempel di payudara. Pastikan sebagian besar areola (daerah gelap yang mengelilingi puting) terutama bagian bawah, masuk ke mulut bayi saat menyusui. Kita dapat tahu posisi latch on tidak tepat apabila selama proses menyusui kita merasa kesakitan dan bayi mengeluarkan suara menghisap yang keras.

3. Menggunakan botol susu anti kolik. Walaupun aku mostly direct breastfeeding selama masa menyusui OA, nyatanya tetap wajib punya botol susu untuk memberikan ASIP hasil dari power pumping guna meningkatkan produksi ASI. Sempat memakai botol susu biasa karena awam waktu itu, OA sering gumoh dan rewel, kolik, perut gak enak setelah minum susu. Ketika beralih ke botol susu anti kolik, hampir gak pernah lagi gumoh serta hilang tanda-tanda kolik dan juga OA pembawaannya lebih tenang. Apalagi untuk situasi OA yang kebanyakan direct breastfeeding, tidak terbiasa minum dari botol susu, hampir selalu terkena kolik bila menggunakan botol susu biasa.

Botol susu anti kolik yang kupakai adalah botol susu Dr. Brown's. Yang membedakan botol susu anti kolik ini dengan botol susu biasa adalah adanya internal vent system (semacam selang & insert di leher botol) yang berfungsi memisahkan jalur udara dan cairan dalam botol sehingga tidak ada udara yang ikut terhisap saat bayi minum susu. Kita juga bisa melihat tidak ada gelembung udara yang timbul dari susu saat bayi menghisap botol. 

Kemudian yang bikin aku makin jatuh cinta adalah nipple Dr. Brown's yang memiliki cara kerja seperti payudara ibu yang ASI menetes bulir per bulir. Aku gak kuatir OA akan bingung puting walau berganti-ganti direct dengan minum dari botol.

So moms yang sekalipun banyakan direct breastfeeding, jangan skeptis dan berpikir tidak akan butuh botol susu. Pasti butuh dan sediakan botol susu anti kolik. Sekarang ibu menyusui sangat direkomen untuk rutin melakukan power pumping demi meningkatkan produksi ASI, yang endingnya jadi ada stok ASIP (ASI perah) di rumah.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

650 Dwi Widyawati

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Menjalani New Normal As A Stay-at-Home Mom sekaligus New Mom

Moms, yuk simak cerita Mom Rubi berikut ini tentang kehidupan menjalani new normal sebagai Ibu rumah tangga.

Atasi Bingung Puting dengan Dot Wide-Neck

Salah satu kondisi yang umum ditemui pada bayi yang sering minum susu dari botol adalah bingung puting. Kondisi ini terjadi ketika si Kecil [...]

Yuk, Atasi Bingung Puting dengan Dot Menyerupai PD Moms!

Di zaman yang semakin maju ini, ada banyak tipe dot yang ditawarkan sampai kadang Moms lupa dot seperti apa yang sebenarnya dibutuhkan si Kecil.

Ikuti Kiat Berikut untuk Tuntaskan Masalah Bingung Puting

Selain menggunakan dot khusus, Moms juga harus melakukan beberapa kiat berikut untuk menunjang agar si Kecil tidak mengalami bingung puting.

Tips-tips Atasi Bingung Puting untuk Para Pejuang ASI

Berbagai masalah dan keluhan biasa dialami oleh para pejuang ASI. Masalah bingung puting, misalnya, tak jarang menyebabkan para ibu menjadi [...]

4 Hal Ini Efektif Cegah Bingung Puting

Tahukah Moms, ternyata memberikan botol susu di minggu-minggu pertama kehidupan bayi, saat mereka sedang belajar menyusu, bisa berisiko [...]

Bye-bye bingung puting!

Konon katanya, dot bisa membuat si Kecil nyaman menyusui. Ini membuat Moms takut si Kecil bingung puting ketika frekuensi menyusu langsung [...]

4 Kriteria Dot Ideal untuk Atasi Bingung Puting

Sebenarnya, tidak semua dot memberikan efek bingung puting. Moms perlu mencari dot yang memberikan kesan serupa dengan payudara agar si Kecil [...]

4 Tips Pilih Botol Susu Bayi untuk Working Moms

Walaupun ada risikonya, botol susu adalah solusi termudah bagi working Moms untuk tetap memberikan ASI selagi mereka bekerja.

3 Kiat Cegah Bingung Puting Sejak Dini

Kondisi bingung puting sering dialami pada bayi baru lahir. Tanda-tandanya adalah bayi menangis ketika disusui atau tidak mau menyusu secara [...]

Atasi Bingung Puting dengan 2 Langkah Ini

Apabila Moms tidak segera mengatasi kondisi bingung puting, si Kecil semakin menolak untuk menyusu langsung pada payudara.

Bingung Puting Pada Anakku dan Caraku Mengatasinya

Botol susu memang seringkali dijadikan alternatif pilihan bagi para Moms yang tidak bisa menyusui bayinya secara langsung. Namun, saat Moms [...]

Moms, Kenali Ciri, Penyebab, dan Solusi Bingung Puting

Kondisi bingung puting biasanya ditandai dengan bayi tidak mau membuka mulutnya dengan lebar dan hanya mau mengisap ujung/sebagian dari payudara ibu.

Ini 3 Hal Penting dalam Memilih Botol Susu Anti Bingung Puting

Botol susu biasa dengan aliran lancar membuat si Kecil malas menyedot. Inilah yang membuatnya menolak puting Moms ketika Moms ingin menyusu langsung.

Smart Mom Atasi Bingung Puting dengan Botol Susu yang Tepat

Moms, pernahkah mendapati si Kecil bingung puting? Apa yang telah Moms lakukan ketika menghadapi situasi seperti itu?

Pemilihan Dot yang Tepat, Solusi Bingung Puting pada Bayi

Bingung puting tidak bisa dianggap sepele. Jika dibiarkan, si Kecil tidak mau mengisap langsung dari payudara Moms. Lama-kelamaan, produksi ASI [...]

Bingung Puting Usai Minum Susu dari Dot? Ini Cara Mengatasinya

Setelah saya membaca-baca banyak artikel kesehatan, saya jadi tahu bagaimana cara dot yang tidak menyerupai nipple payudara ibu bekerja. Ini [...]

Kasus Bingung Puting pada Bayi

Mengapa tiba-tiba si Kecil tidak mau menyusu secara langsung? Inilah beberapa sebabnya.

Kenali Tanda Bingung Puting pada Si Kecil & Cara Mengatasinya dengan Tepat

Untuk mencegah bingung puting pada si Kecil, saya menyiasatinya dengan memberikan botol susu yang tepat, yaitu yang mempunyai nipple serupa [...]

Tips Efektif Mencegah Kolik dengan Mengganti Botol Susu Anti Kolik

Dear Moms, saya telah berbagai pengalaman saya mengenai kolik yang Zavi alami di artikel sebelumnya. Kali ini, saya ingin membagikan TIPS yang [...]