Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Cara Menstimulasi Panca Indra si Kecil

GROWTH & DEVELOPMENT  |  17 Dec '18


Moms, dunia adalah tempat yang penuh dengan hal baru bagi si Kecil. Indra penglihatan, penciuman, pendengaran, perasa, dan sentuhnya mendapat banyak stimulasi dari hal-hal sekitarnya, sehingga dapat membantu si Kecil belajar lebih banyak. Untuk mengembangkan panca indra si Kecil kita bisa melakukan beberapa hal untuk menstimulasi hal tersebut.

Cara Stimulasi 5 Indra si Kecil

  1. Indra penglihatan
    Moms bisa melakukan face to face dengan si Kecil untuk menstimulasi indra penglihatannya Moms. Sering juga melakukan kontak mata, jangan malu untuk bernyanyi, senyum dan bicara dengan si Kecil Moms. Di usianya 1 bulan Moms bisa menunjukan warna kontras dengan menyediakan warna hitam putih, gambar atau pattern hitam putih. Bisa juga dengan menggunakan media cermin saat usia si Kecil 4 bulan, bayi makin tertarik dengan bayangan di cermin Moms. Awalnya ia tidak sadar siapa yang dilihatnya di cermin tapi nantinya ia sadar kok Moms.

  2. Indra Penciuman
    Moms bisa melakukan skin to skin, sering melakukan kontak kulit akan membuat si Kecil dan Moms mengenal aroma tubuh masing-masing. Jangan pakai parfum ya Moms, tak perlu menggunakan parfum atau wewangian dengan aroma mencolok agar si Kecil mengenal wangi alami tubuh. Biarkan ia mencari puting dengan meletakkan bayi di perut Moms biarkan ia mencari puting sendiri Moms.

  3. Indra Perasa
    Moms bisa memberikan ASI, rasa ASI bisa berubah-ubah tergantung pada makanan yang Moms makan, jadi si Kecil bisa merasakan sekilas berbagai rasa makanan saat minum ASI. Variasikan makanan saat si Kecil sudah mulai MPASI. Moms tawarkan berbagai makanan dengan rasa dan tekstur yang berbeda. Anak juga menggunakan mulut untuk mengenal berbagai tekstur, biarkan saja Moms yang penting benda-benda yang dimasukkan ke mulut si Kecil itu bersih.

  4. Indra Pendengaran
    Moms bisa melakukan baby talk, bicaralah dengan si Kecil dalam berbagai nada berhenti sejenak untuk mendengarkan responnya, saat ia rewel dengarkan white noise yang akan membuatnya lebih tenang bisa dengan suara mesen cuci atau hairdryer. Bisa juga dengan membacakan buku si Kecil atau memainkan musik Moms.

  5. Indra Peraba
    Moms bisa menggendong si Kecil, gendong anak dengan baby carrier Moms dan minimalisir menggunakaan stroller itu bisa membuat anak nyaman. Dengan menggunakan mainan tangan juga bisa Moms, sesekali juga bisa si Kecil melakukan baby massage. Memijat bayi bisa memperkuat bonding dan memberikan kenyamanan pada si Kecil, bila si Kecil sudah mulai tumbuh bisa melakukan meraba tekstur, sediakan berbagai macam tekstur ajarkan si Kecil menyentuh dan meraba lalu jelaskan nama tekstur untuk menambah kosa kata si Kecil.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

578 Yuniana awang

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Tanda Bayi Tumbuh Sehat

Selain berat badan, ternyata masih ada beberapa faktor lain yang menandakan bayi tumbuh sehat.

Manfaat Membaca Buku sejak Dini

Kebiasaan membaca sebaiknya ditanam sejak dini dikarenakan adanya alasan-alasan berikut ini.

Yuk Ajak Anak Bermain Di Luar Rumah

Ada kalanya Moms bisa ajak si Kecil bermain di luar rumah, karena banyak sekali manfaatnya

Gunakan Sepatu Sesuai Usia si Kecil ya Moms

Mengapa si Kecil harus dikenakan sepatu sesuai dengan usia atau perkembangannya?

Cara Mudah Membantu si Kecil Tertidur

Ingin membuat si Kecil terlelap dengan mudah? Yuk mari kita coba beberapa cara-cara berikut!

Tips Atasi Night Terror yang Mengganggu Tidur si Kecil

Yuk kenali lebih dalam apa itu night terror yang selalu mengganggu tidur si Kecil

Gejala Autisme pada Anak

Terdapat beberapa aspek yang harus diperhatikan bila seorang anak mengalami autisme.

Umur Berapa Gigi Bayi Tumbuh?

Gigi bayi tumbuh bervariasi, tapi yang perlu dikhawatirkan adalah jika giginya belum tumbuh di usia 1 tahun.