Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Cara Mengatur Anak Agar Tidur Malam Tepat Waktu

MY STORY  |  PARENTING  |  25 Apr '19

Hai Moms, aku mau sedikit cerita tentang jadwal tidurnya anak aku. Dari bayi, Derrick susah sekali tidurnya tepat waktu, dan sampai umur kurang lebih mau 1 tahun baru Derrick bisa tidurnya tepat waktu pas jam 9 malam atau jam 10 malam.

Waktu Derrick umur 2 bulan sampai 9 bulan itu, Derrick maunya digendong atau diayun baru tidur, tapi kalau ditaruh di kasur dia bangun dan ajak bermain. Maka dari itu aku dan suami mulai konsisten ajarin Derrick kalau jam 8 malam atau jam 9 itu udah musti tidur.

Ini cara aku dan suami mengatur jam tidur Derrick

  1. Matikan TV dan Hp/I-Pad/Tab
    Setiap malam kita setelah masuk kamar sudah tidak melakukan aktivitas menonton tv atau bermain hp. Matikan TV dan tidak bermain hp/Ipad/Tab, karena cahaya dari tv atau hp bisa mengganggu konsentrasi anak ketika mau tidur.

  2. Melewati rutinitas sebelum tidur
    Setiap kali sebelum tidur, kita mengajak anak kita melakukan rutinitas menggosok gigi, mengganti baju tidur, mematikan lampu/mengganti lampu tidur, menyiapkan tempat tidurnya dan membacakan buku cerita.

  3. Konsisten pada jam tidur
    Kita sebagai orangtua harus menjadi contoh ke anak, karena anak dengan cepat meniru kita. Maka dari itu ketika kita mau mengajak anak tidur, setidaknya kita juga harus belajar tidur awal, apalagi kita dengan anak tidur bersama.

  4. Jangan cepat menyerah
    Dan yang paling penting jangan cepat menyerah ya, karena mengajari anak untuk tidur tepat waktu itu gak cuma 1-2 hari saja, bisa sampai beberapa minggu atau 1-2 bulan. Jadi harus selalu semangat.

Semoga bermanfaat.

By: Suna Phang via Babyologist

1272 Suna Phang

Comments

Related Stories