Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Cara Mengatasi Lemak yang Menempel pada Newborn

HEALTH TIPS  |  24 May '18


Seringkali ibu yang melahirkan melihat bayinya keluar penuh dengan lemak yang menempel pada tubuhnya. Mereka merasa khawatir bahkan semakin kalut akan adanya timbul penyakit. Namun, pada kenyataannya lemak yang dibawa oleh bayi yang dilahirkan memiliki kegunaan yang baik bagi bayi. Lemak yang ia bawa merupakan campuran dari sel minyak (kelenjar) dengan sel kulit yang berkelupas.

Fungsi Lemak pada Bayi yang Baru Lahir:

  1. Lemak menjaga suhu tubuh bayi agar tetap hangat dan terhindar dari hipotermia saat berada dalam kandungan.
  2. Lemak juga berfungsi sebagai pelindung dari bakteri-bakteri yang menyerang tubuh bayi.
  3. Lemak yang memiliki kandungan protein di dalamnya berfungsi sebagai antibiotik bagi tubuh bayi.
  4. Lemak juga merupakan proteksi bagi bayi dari jamur.

Meski lemak memiliki berbagai fungsi bagi bayi, banyak juga otangtua yang menginginkan bayi yang putih, bersih, dan cerah saat dilahirkan. Berikut adalah beberapa asupan yang bisa mencegah bayi dari lemak yang menempel saat kelahirannya.

Konsumsi Air Putih

Air adalah suatu asupan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, apalagi oleh ibu hamil. Kebutuhan air yang harus dikonsumsi pastinya lebih banyak. Karena bukan hanya untuk ibu hamil saja, melainkan asupan cairan yang dibutuhkan sang janin pun harus tetap tercukupi. Kekurangan cairan dalam tubuh ibu hamil dapat memberikan efek yang buruk bagi janin, salah satunya yaitu dapat menghambat pertumbuhan dan perkembangan janin. Sedangkan, bila cairan dalam tubuh tercukupi maka bayi yang akan lahir tetap terjaga kebersihannya. 

Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti brokoli, bayam, atau daun katuk merupakan asupan penting bagi setiap orang, apalagi bagi ibu yang sedang hamil. Sayuran hijau banyak kandungan yang baik, seperti nutrisi yang tinggi dan juga dapat menjaga agar plasenta tetap terjaga kebersihannya. Oleh karena itu, mengonsumsi sayuran hijau sama halnya dengan menjaga kebersihan janin yang sedang Anda kandung.

Bengkoang

Makanan ini memiliki banyak khasiat, di antaranya adalah sebagai pencerah kulit bayi yang akan lahir. Hal ini dikarenakan bengkoang mengandung nutrisi dan zat antioksidan yang dipercaya dapat menjaga kebersihan kulit.

Kelapa

Kandungan yang ada pada air kelapa dan daging kelapa adalah elektrolit yang berperan sebagai antioksidan untuk memberikan perlindungan pada ibu hamil dan juga pada kulit janin agar terhindar dari lemak yang menempel dan menjaga kebersihan kulit tetap cerah.

Putih Telur

Ibu yang sedang hamil sangat dianjurkan untuk selalu mengonsumsi setidaknya 1 butir dalam sehari, karena putih telur memiliki kandungan protein yang tinggi, mineral, serta kolin. Hal ini dapat membantu untuk menjaga nutrisi janin agar selalu tercukupi dan juga dapat menghindari kotoran lemak pada saat melahirkan.

Madu

Sejak zaman dahulu, madu merupakan suatu makanan yang memiliki kandungan baik di dalamnya. Khususnya bagi perawatan kulit. Satu sendok dalam sehari dapat menjaga kekebalan tubuh janin serta memberikan kulit yang cerah dan bersih saat dilahirkan.

 

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist Editor.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

5637 Babyologist Indonesia

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Amankah Minyak Urut untuk Pijat Hamil?

PIjat saat persalinan memiliki manfaat yang sangat baik lho Moms. Namun, apakah aman memijat dengan minyak?

Efek Obat Penahan Rasa Sakit Masa Persalinan

Suntik epidural dapat diberikan untuk menghilangkan nyeri selama persalinan. Namun, ada efek sampingnya Moms.

Makan Durian Dapat Berisiko Keguguran, Benarkah?

Pernahkah Moms mendengar larangan untuk makan durian saat hamil? Benarkah makan durian berisiko keguguran?

Mengatasi Hipotensi Saat Hamil 7 Bulan

Apa sebenarnya yang menyebabkan tekanan darah Moms rendah saat hamil? Yuk cari tahu di sini.

Sesak Napas Saat Hamil 8 Bulan

Apa yang menyebabkan dada sesak saat hamil 8 bulan? Simak penjelasannya berikut ini.

Waspadai Penyakit Ini Jika Dada Nyeri Saat Hamil 7 Bulan!

Moms, ada beberapa penyakit yang menjadi penyebab dada sakit saat hamil 7 bulan. Waspadai penyakit ini.