Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Cara Mengajarkan Anak Tidur Sendiri

GROWTH & DEVELOPMENT  |  PARENTING  |  26 Jan '19

Pasti ada beberapa di antara Moms yang anaknya hanya bisa tidur jika digendong. Ketika ditidurkan di kasur, si Kecil pun terbangun lagi. Hal ini tentu membuat Moms merasa lelah karena kurangnya jam istirahat di malam hari. Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengajarkan anak tidur sendiri. Tapi ini berlaku untuk yang berusia 6 bulan ke atas ya Moms. Tangisan bayi di bawah 6 bulan terjadi karena mereka butuh sesuatu, jadi jangan di-ignore karena dapat berpengaruh ke psikis anak. Tapi ketika bayi berumur 6 bulan ke atas, mereka sudah mulai belajar tentang kebiasaan (menurut buku What to Expect the First Year).

Beberapa macam cara agar anak belajar tidur sendiri:

  1. Cry it out method (cold turkey)
    Anak ditaruh di ranjang, katakan good night, matikan lampu (jika terbiasa) kemudian tinggalkan dia sendiri. Anak pasti menangis, tapi biarkan dia hingga ketiduran. Ini adalah cara yang paling cepat, biasanya 3 hari anak belajar dan langsung tidur sendiri. Bagi orang tua yang tega mungkin bisa, karena beberapa orang tua juga pasti tidak tega.
  1. Ferberizing (gradual withdrawal)
    Anak ditaruh di ranjang, katakan good night, matikan lampu (jika terbiasa), tinggalkan dia sendiri. Biarkan dia menangis 5 menit, jika dia masih menangis, orang tua bisa masuk kamar lagi dan disayang-sayang (jangan digendong) selama 2 menit, tinggalkan lagi 5 menit, masuk dan disayang sayang lagi 2 menit, begitu seterusnya hingga tertidur. Untuk malam selanjutnya, waktu bisa diperpanjang menjadi 6, 7 menit dan seterusnya.
  1. Co sleeping
    Cara ini adalah cara tidur satu ranjang dengan bayi. Jadi ketika tidur tidak perlu digendong. Cara ini untuk Moms yang tidak ingin anak tidur terpisah.

Itulah beberapa cara untuk mengajarkan anak tidur sendiri. Bisa dipilih sesuai karakter anak juga ya Moms. Selamat mencoba.

 

Semoga bermanfaat.

By: Noviana Maharani Syaraswati

Copyright by Babyologist

2558 Noviana Maharani Syaraswati

Comments

Related Stories