Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Cara Mengajar Anak Makan Sendiri

FEEDING  |  MY STORY  |  TODDLER  |  02 Dec '19


Pasti Moms pingin ya anaknya pintar makan, kebetulan anak keduaku lebih pintar makan daripada anak pertama. Mungkin juga karena sudah anak kedua, jadi lebih santai juga menghadapi semua drama MPASI hehehe.

Di awal MPASI Eleanor tentu saja aku memakai cara disuapin donk, pakai bubur halus kadang-kadang juga pakai instan food. Karena sudah anak kedua, aku juga ga mau merepotkan diri seperti dulu, karena aku juga harus mengurus anak pertama yaitu Morgan yang makannya agak susah.

Waktu Eleanor usia 9 bulan, aku ganti metode makannya pakai BLW. Dan aku liat dia lebih semangat saat mau makan. Dia lebih bereksplor dalam makanan dan mau mencoba semua jenis sayur, buah dan daging dengan sendirinya. Kemudian di usia dia 13 bulan aku mulai mengajarkan dia makan dengan sendok sendiri.

Caraku mengajarkan Eleanor untuk bisa makan sendiri:

1. Biasakan duduk di baby chair saat makan
Eleanor jadi mengerti kalau sudah didudukkan di baby chair adalah saat makan, dan makannya juga tidak terganggu dengan main / lari2.

2. Peralatan makan untuk anak
Jaman sekarang peralatan makan anak lucu2 dan sangat bermanfaat membantu anak cepat belajar makan sendiri. Beli mangkok yang ada suctionnya karena membantu anak saat menyendok mangkok tidak bergerak. Sendok garpu juga beli yang seukuran tangan mungilnya, membantu untuk belajar menggenggam & menyendok lebih mudah.

3. Makan bersama keluarga
Wah ini yang paling bikin Eleanor happy makan sendiri waktu makan ramai2 sekeluarga. Kalau sudah lihat koko/papanya makan, pasti dia minta duduk di kursinya dan minta mangkoknya sendiri.

4. Menu favorit
Perhatikan menu favoritnya, kemudian pancing makan sendiri dengan menu favoritnya. Biasanya pasti lebih semangat kalau makan.

5. Sabar
Anak belajar makan sendiri pasti akan kotor, dan ujung2nya makanan pasti akan dibuat main. Kalau kata orang ga ada kotor ga belajar donk. Jadi Moms harus sabar & siap kotor saat anak belajar makan sendiri ya.

6. Penyajian saat BLW
Pastikan saat BLW, sayur serta buah dengan potongan kecil-kecil sesuai dengan tangan dan mulut kecilnya. Sehingga menghindarkan dia dari tersedak.

Setiap usaha pasti membuahkan hasil, dulu saat Eleanor belajar makan sendiri setiap hari 3x sehari selalu kotor-kotoran saat makan. Semua berserakan di lantai dan di meja juga, setiap selesai makan selalu ngepel lantai hahaha. Kemudian selesai makan selalu langsung mandi karena uda kotor semua sebadan donk hehe. Sekarang El usia 16 bulan sudah pintar makan sendiri, yaa meski kadang kalau sakit atau lagi manja jadi ga mood makan minta disuapin mamanya.

Yup but it's mom life 😆 Selamat mencoba Moms!

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

347 Elvina Megawati

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Menu Anti GTM Ala Mom Jasmine

Si Kecil sedang GTM? Coba menu anti GTM berikut ini Moms!

Resep MPASI Nasi Bayam dan Tumis Manis Tahu Udang

Uwais lagi senang senang nya makan nasi dan bosan makan makanan yang berkuah.

Roti Bagelen, Trik Kreasi Cemilan untuk Snack Time si Kecil

Hai Moms, sering ngerasa galau gak kalau di rumah punya roti tawar yang masih sisa?

Bakso Puyuh Kuah Santan untuk BB Booster si Kecil

Berat badan memang bukanlah satu-satunya acuan untuk melihat pertumbuhan si kecil.

Resep Bubur Kacang Hijau Ketan Merah

Hai moms, resep kali ini menu kesukaan adek attaqi, hampir tiap hari makan bubur kaya gini.

Bubur Kacang Hijau Mutiara: Bubur Kacang Favorite Zila

Bubur kacang hijau merupakan makanan olahan dari kacang hijau yang memberikan banyak manfaat.

Peyek Kacang Tanah (Snack Toddler)

Kali ini saya ingin berbagi resep membuat peyek nih, apa di sini Moms semua sudah tau camilan satu ini?

Resep MPASI Mie Ayam Buah Naga (12M+)

Sangat banyak sekali olahan dari buah naga untuk dijadikan makanan.

Pizza Homemade untuk si Kecil Ala Mom Risny

Moms siapa nih yang si kecilnya suka makan pizza? Coba buat pizza homemade yuk Moms.

Resep MPASI Bakso Goreng Ayam Udang (12M+)

Siapa nih si kecil yang suka sama bakso? Yuk buatkan resep berikut ini untuk MPASI si Kecil Moms

Snack MPASI Rubi : Perkedel Tahu Hati Ayam

Tahu, siapa warga +62 yang tidak tahu "Tahu"? Hehe, saya rasa hampir semua tahu ya Moms.

Resep Donat Ring Empuk untuk si Kecil (12M+)

Moms, adakah di sini yang anaknya suka sekali dengan donat? Anak saya suka sekali donat dengan topping rasa coklat.

Hangatkan Musim Hujan dengan Klepon Tiga Warna

Hampir tiap hari hujan ya Moms, rasanya paling cocok kalau makan / minum yang hangat untuk menghangatkan tubuh.

Resep MPASI Garlic Potato (12 M+)

Kentang merupakan salah satu menu varian untuk si kecil yang sangat mudah diolah.

Resep Ikan Asap Bumbu Kuning: Cara Seru Makan Ikan untuk Zila

Moms kali ini saya mau berbagi resep ikan asap masak bumbu kuning nih

Snack Kabocha Avocado with Chia Seeds

Dulu saat Zila MpAsi saya selalu kasi menu kabocha avocado dengan taburan chia seeds.

Resep MPASI Chawan Mushi Jagung (12M+)

Banyak olahan jagung yg dapat kita variasikan untuk menu makan si kecil, seperti resep berikut ini

Mie Goreng Jawa Batita 20 M+

Akhir-akhir ini si Kecil sangat susah untuk makan nasi. Apalagi kalau ada sayuran hijaunya, langsung deh dilepeh.

Resep MPASI: Capcay Goreng ala Mama Zavi (20 M+)

Capcay merupakan makanan yang bergizi karena terdiri dari berbagai macam sayur mayur.

Mac n Cheese with Egg, Resep MPASI Luvina

Kali ini saya mau share resep MPASI Luvina yang pastinya gampang apalagi untuk yang pemula masak seperti saya