Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Cara Mendapatkan ASI yang Maksimal dalam Pumping Session

FEEDING  |  18 Dec '18

Bagi Moms yang harus kejar tayang dalam menabung ASIP, berbagai cara tentunya sudah dilakukan untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas ASI. Tetapi banyak yang mungkin belum tahu bahwa ada trik-trik yang dapat dilakukan untuk mengosongkan payudara sehingga hasil yang didapat dalam pumping session menjadi lebih maksimal. Setelah menjadi exclusive pumper selama beberapa bulan, berikut ini adalah tips yang bisa saya bagikan: 

1. Menekan Tombol Massage Untuk Memancing LDR 

Apabila Moms menggunakan pompa yang memiliki fitur massage, gunakan fitur ini untuk memancing Let Down Reflex (LDR). Untuk beberapa tipe pompa, biasanya fitur massage ini akan secara otomatis berjalan di awal pumping sessionJangan sungkan untuk menekan tombol massage di tengah-tengah pumping session. Jika dirasa aliran susu sudah mulai berkurang, Moms bisa kembali ke sesi massage untuk beberapa waktu, kemudian baru kembali ke sesi perah. 

2. Pijat Payudara Ketika Pumping 

Pijat payudara dengan gerakan dari atas ke bawah (ke arah puting) dengan menggunakan jempol. Jika memungkinkan, lakukan pemijatan di seluruh area payudara berulang-ulang. Penggunaan hands free pumping bra akan sangat membantu karena tangan kita dapat dengan bebas memijat payudara selama pumping session berlangsung.  

3. Periksa Posisi Payudara di Dalam Corong

Ketika aliran susu sudah mulai berkurang atau bahkan berhenti, maka coba geser posisi payudara Moms di dalam corong. Terkadang perubahan posisi membuat aliran susu kembali mengalir.

4. Akhiri Pumping Session dengan Memerah Manual Menggunakan Tangan

Setelah Moms selesai menggunakan electric atau manual pump, kosongkan payudara dengan cara memerah manual menggunakan tangan. Cara ini dapat menambah hasil perahan dan membantu dalam mengosongkan payudara secara tuntas. 

Semoga bermanfaat.

By: Anastasia Hendri

Copyright by Babyologist

280 Anastasia Hendri

Comments

Related Stories