Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Cara Mencukupi ASI Walau Sibuk Bekerja

BRANDS  |  FEEDING  |  23 Jul '18

Makanan pokok dan asupan gizi utama untuk bayi bersumber dari ASI. Selama kurang lebih enam bulan, bayi dianjurkan menerima ASI eksklusif. Sayangnya banyak working Moms yang mengalami kesulitan untuk menyediakan ASI bagi si Kecil. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka diciptakanlah breast pump atau pompa ASI.

Salah satu metode memompa ASI yang terbukti berhasil meningkatkan supply ASI bagi banyak Moms adalah power pumping. Power pumping adalah metode memompa ASI yang meniru frekuensi menyusu si Kecil pada masa growth spurt (percepatan pertumbuhan). Pada masa ini, bayi membutuhkan asupan ASI lebih banyak dari sebelumnya. Metode ini dapat membantu Moms untuk menambah produksi ASI.

Memompa ASI dengan Teknik Power Pumping

Satu hal yang perlu Moms ingat, power pumping tidak dilakukan untuk mengganti semua jadwal memompa ASI selama satu hari. Moms dapat melakukan power pumping satu kali sehari, bisa di pagi hari sebelum bekerja atau di malam hari sebelum tidur. Selebihnya, Moms tetap perlu memompa seperti jadwal biasanya.

Power Pumping Selama Satu Jam

Selama satu jam, Moms dapat mempraktekkan cara power pumping dengan menggunakan dual pump berikut ini:

  • Pompa selama 20 menit, istirahat 10 menit.
  • Pompa lagi 10 menit, istirahat 10 menit.
  • Pompa lagi 10 menit, selesai.

Tips Sukses Power Pumping

Pilihlah Pompa yang Lembut dan Memiliki Daya Hisap Kuat

Untuk mendapatkan hasil produksi ASI yang maksimal, Moms perlu memilih alat pompa yang nyaman untuk digunakan. Selain itu, pastikan juga pompa pilihan Moms memiliki daya hisap yang lembut untuk menghindari nipple crack.

Sebisa Mungkin, Gunakan Pompa “Dual Pump”

Sebetulnya untuk power pumping, Moms dapat menggunakan satu corong saja. Namun, bagi banyak working Moms, tidak banyak waktu yang tersedia untuk memompa ASI dalam skala waktu Panjang. Untuk itulah, sebisa mungkin Moms dapat menggunakan pompa ASI yang dapat difungsikan dengan dua corong (dual pump) untuk menghemat waktu. Jadi, Moms dapat memanfaatkan waktu yang ada untuk bermain dengan si Kecil atau beristirahat.

Lakukan Secara Rutin

Tingkat keberhasilan metode ini berbeda pada setiap ibu. Agar Moms dapat merasakan peningkatan produksi ASI melalui metode ini, maka harus dilakukan setiap hari secara rutin dan konsisten.

Jangan Stres

Pada saat melakukan aktivitas ini, sebaiknya Moms tidak terlalu terpaku pada perhitungan waktu dan hasilnya. Karena hal ini hanya akan menimbulkan perasaan tertekan dan dapat mempengaruhi efektivitas power pumping.

 

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist Editor 

800 Spectra Baby Indonesia

Comments

Related Stories