Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Cara Mencegah Penyakit Menular Seksual

OTHERS  |  03 Sep '18

Penyakit Menular Seksual (PMS) atau yang sekarang biasa disebut dengan Infeksi Menular Seksual (IMS) telah ada selama ribuan tahun. PMS terjadi karena melakukan hubungan seksual yang tidak aman. Media penularan penyakit ini melalui suatu cairan seperti cairan vagina, sperma, darah maupun cairan tubuh lainnya.

Cara Penularan Penyakit Menular Seksual

  1. Saat Melakukan Hubungan Seksual
  2. Berbagi Jarum Suntik dan Menggunakannya Berkali-kali
  3. Saat Sedang Hamil (Ibu dapat menularkan penyakit ini kepada janinnya)

Penyebab PMS

  1. PMS yang disebabkan oleh bakteri
    Beberapa bakteri yang menyebabkan PMS diaantaranya adalah Bakteri Treponema pallidum yang menyebabkan penyakit Sifilis (Raja Singa), Bakteri Neisseria gonorrhoeae yang menyebabkan penyakit Gonore (Kencing Nanah) dan masih banyak lagi.

  2. PMS yang disebabkan oleh virus
    Beberapa virus yang menyebabkan PMS antara lain adalah virus  herpes simpleks atau sering disebut HSV yang menyebabkan penyakit Herpes Genital, human papillomavirus (HPV) yang mengakibatkan penyakit Kutil Kelamin, human immunodeficiency virus yang menyebabkan penyakit HIV, Hepatitis B yang disebabkan oleh virus yang bernama sama yaitu virus hepatitis B.

  3. PMS yang disebabkan karena adanya parasit
    Beberapa parasit yang menyebabkan PMS diantaranya adalah tungau Sarcoptes scabiei yang menyebabkan penyakit Kudis dan serangga parasit kecil yang tumbuh dan Kutu pada Rambut Kemaluan hidup diantara rambut tubuh.

Penyakit-penyakit tersebut dapat menyebabkan komplikasi yang berbeda-beda. Pada wanita, kondisi ini dapat  berujung pada infertilitas, kehamilan di luar rahim, keguguran, kelahiran prematur, berat badan lahir rendah, dan infeksi pada bayi baru lahir. Sedangkan pada pria dapat menyebabkan infeksi pada saluran kencing, anus, dan prostat.

Cara Mencegah Penyakit Menular Seksual

  1. Menghindari berhubungan seksual yang bukan suami maupun istri.
  2. Melakukan vaksinasi sebelum pernikahan
  3. Menjaga tubuh agar selalu fit dengan mengonsumsi berbagai sayuran dan buah yang sehat dan rutin untuk mencegah serangan virus dan bakteri.
  4. Rutin melakukan medical check up mengenai permasalahan kesehatan seksual.
  5. Edukasi seks agar pengetahuan kita semakin bertambah dan kita mampu mencegah jenis-jenis penyakit menular seksual ya Moms.

Semoga bermanfaat.

By: Silvia Rahmawati

457 Silvia Rahmawati Send Message to Writer

Related Stories