Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Cara Mencegah Kuning pada Bayi Baru Lahir

HEALTH TIPS  |  05 Apr '19

Kuning pada bayi baru lahir/neonatal jaundice merupakan sebuah kondisi di mana timbul warna kuning pada kulit dan jaringan tubuh lain pada bayi. Penyakit kuning pada bayi yang baru lahir dianggap normal oleh dokter anak. Kenapa? Karena terkadang fungsi hati bayi saat lahir belum berfungsi secara optimal. Jadi tingkat billirubin pada bayi yang baru lahir bisa saja meningkat. Di mana pada umumnya kadar billirubin seharusnya berada di posisi 5 mL/dL tapi adakalanya hati bayi yang baru lahir belum mampu mengurai sel darah merah dengan baik. 

Selama kadar billirubin masih dianggap wajar (bayi belum terlalu kuning) oleh DSA, maka tidak diperlukan tindakan lebih lanjut. Tetapi apabila setelah pemeriksaan darah di lab jika menunjukkan kadar billirubin terlalu tinggi (dalam kasus saya 18 mL/dL) sehingga diperlukan tindakan khusus seperti terapi blue light. Terapi ini mengharuskan bayi untuk dirawat langsung di RS untuk mendapat penanganan langsung dan akan dipantau setiap saat.

Tetapi ternyata berdasarkan pengalaman mama mertua saya, penyakit kuning tersebut dapat dicegah dengan pemberian air putih yang sudah dicampur dengan gula anggur (dalam jumlah sedikit sekitar 2 sdt + 30 ml air putih). Walaupun sebagian orang tua menganut paham tidak boleh memberikan bayi apapun selain ASI (saya juga begitu dulu). Tapi ternyata pemberian minuman ini sangat ampuh untuk mencegah bayi kuning sudah terbukti dari keempat anak mama mertua saya. Pemberian gula anggur bisa diberikan ketika baby baru lahir sampai sekitar 1-2 bulan. 

Jadi, kesimpulannya pemberian air putih disertai gula anggur dapat membantu mencegah bayi kuning (walaupun belum ada penelitian secara medis), tetapi sudah banyak dibuktikan dalam keluarga saya sendiri.

Semoga bermanfaat.

By: Angga sany

Copyright by Babyologist

179 Angga sany

Comments

Related Stories