Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Cara Mempercepat Pembukaan Persalinan Secara Alami

PREGNANCY  |  Trimester 3  |  21 Jun '18

Persalinan yang aman dan selamat tentu didambakan setiap Mom. Pembukaan sendiri adalah tahapan penting dalam proses persalinan karena ini menjadi tanda bahwa bayi akan segera keluar. Namun pembukaan tidak terjadi dalam periode yang singkat, melainkan bisa sampai berjam-jam lamanya. Mom bisa mendapatkan pengalaman yang berbeda-beda dalam proses pembukaan ini.

Cara mempercepat pembukaan persalinan

Mom bisa mencoba beberapa tips berikut agar bisa pembukaan bisa segera berlangsung dan persalinan bisa cepat dilakukan.

  • Pastikan untuk selalu memenuhi kebutuhan cairan tubuh terlebih karena ibu hamil mengalami kenaikan jumlah volume darah yang berarti tubuh memerlukan lebih banyak cairan. Dengan tetap terhidrasi dengan baik, maka tubuh akan berfungsi dengan optimal. Kehamilan pun akan berjalan sesuai siklusnya dengan tepat, termasuk kapan saatnya memasuki proses pembukaan.
  • Saat memasuki usia kehamilan 33 minggu, Mom bisa mulai rutin memijat perineum, area antara vagina dan anus. Ini bertujuan agar area jalan lahir bayi tersebut bisa lebih lentur nantinya dan lebih mudah dalam proses pembukaan. Ibu bisa melakukan pemijatan dengan lembut di area tersebut selama 5 - 10 menit. Lakukan pemijatan ini secara rutin dua kali sehari setiap sebelum mandi. Mom bisa memijatnya sambil menggunakan minyak esensial favorit.
  • Cara mempercepat pembukaan persalinan lainnya bisa dengan rutin mengonsumsi air kelapa muda. Air kelapa muda sendiri memiliki kandungan yang mirip dengan cairan tubuh dan bisa membantu menggantikan cairan tubuh yang hilang. Air kelapa muda juga dieprcaya bisa membantu membersihkan jalan lahir dari berbagai kotoran. Sehingga nantinya proses persalinan bisa berjalan lebih lancar dan bayi bisa lebih mudah dikeluarkan.
  • Agar proses pembukaan bisa terjadi secara lebih singkat, maka pastikan agar kondisi tubuh dalam keadaan prima dan ibu memiliki cukup tenaga untuk menjalani proses persalinan. Pastikan pula agar Anda tidak panik dan stres saat menjalani proses pembukaan. Dengan begitu, pembukaan bisa lebih lancar dan tidak terlalu lama. Untuk mengurangi stres saat proses persalinan, Mom bisa mendengarkan musik, mencium minyak aromaterapi, dan lain sebagainya.

Proses pembukaan biasanya disertai dengan rasa mulas akibat dari kontraksi pada rahim yang menjadi tanda bahwa bayi akan segera keluar. Proses ini menimbulkan rasa sakit yang membuat Mom kewalahan dan menghabiskan banyak energi dan bisa menyebabkan kesulitan saat harus mengejan nantinya. Maka untuk mempermudah proses tersebut Mom bisa mengikuti tips-tips di atas. 

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist Editor. 

1857 Babyologist Editor Send Message to Writer

Related Stories