DAILY FEED

Resep Dadar Gulung Kentang, Tofu, dan Keju Mom Rika Resep Dadar Gulung Kentang, Tofu, dan Keju Mom Rika
15 Feb '19

Traveling Asyik Membawa Bayi ala Mom Devina Traveling Asyik Membawa Bayi ala Mom Devina
15 Feb '19

Menidurkan Anak Tanpa Gendong Ala Mom Yunni Intan Menidurkan Anak Tanpa Gendong Ala Mom Yunni Intan
15 Feb '19

Review Bantal Anti Peyang ClevaMama by Mom Prianka Iradati Review Bantal Anti Peyang ClevaMama by Mom Prianka Iradati
15 Feb '19

Review NaÏf Care Ala Mom Editha Aldillasari Review NaÏf Care Ala Mom Editha Aldillasari
15 Feb '19

Apa yang Perlu Disiapkan Ketika Memakai Hospital Grade Breastpump Di RS? Apa yang Perlu Disiapkan Ketika Memakai Hospital Grade Breastpump Di RS?
15 Feb '19

Tips Segera Hamil Setelah Menikah Tips Segera Hamil Setelah Menikah
15 Feb '19

Perbedaan Spectra S2 Plus (Hospital Grade) dan Spectra 9+ (Portable Grade) Perbedaan Spectra S2 Plus (Hospital Grade) dan Spectra 9+ (Portable Grade)
15 Feb '19

Apa Saja Tanda-Tanda Awal Kehamilan? Apa Saja Tanda-Tanda Awal Kehamilan?
15 Feb '19

Babyo Review: Naif Baby Cleansing Wash Gel & Baby Nourishing Shampoo Babyo Review: Naif Baby Cleansing Wash Gel & Baby Nourishing Shampoo
15 Feb '19

Spaghetti Puding Biskuit Spaghetti Puding Biskuit
15 Feb '19

Seberapa Penting Pompa ASI untuk Full Time Mom? Seberapa Penting Pompa ASI untuk Full Time Mom?
15 Feb '19

Babyo Review Nutribaby+, Cara Cegah Gestational Diabetes Babyo Review Nutribaby+, Cara Cegah Gestational Diabetes
15 Feb '19

Penyebab Sembelit pada Bayi Penyebab Sembelit pada Bayi
15 Feb '19

Persamaan dan Perbedaan Pompa ASI Portable Spectra Berbagai Tipe Persamaan dan Perbedaan Pompa ASI Portable Spectra Berbagai Tipe
15 Feb '19

Susu Kedelai Dapat Memperlancar ASI Lho Susu Kedelai Dapat Memperlancar ASI Lho
15 Feb '19

Keracunan, Flu Atau Hamil? Keracunan, Flu Atau Hamil?
15 Feb '19

Ikan Gurame Kuah Kuning (14 M+) Ikan Gurame Kuah Kuning (14 M+)
15 Feb '19

Babyo Review Malish Aire Wide Neck Feeding Bottle & Nipple Babyo Review Malish Aire Wide Neck Feeding Bottle & Nipple
15 Feb '19

Perbedaan Pompa ASI Hospital Grade & Portable Perbedaan Pompa ASI Hospital Grade & Portable
15 Feb '19

Amankah Mengonsumsi Pil KB Saat Menyusui? Amankah Mengonsumsi Pil KB Saat Menyusui?
15 Feb '19

Working Mom: Pakai Hospital Grade Breastpump atau Portable Breastpump? Working Mom: Pakai Hospital Grade Breastpump atau Portable Breastpump?
15 Feb '19

Buds Organic Calming Rub Teman si Kecil Dikala Kembung dan Susah BAB Buds Organic Calming Rub Teman si Kecil Dikala Kembung dan Susah BAB
15 Feb '19

Pumping Efektif dengan Medela Portable Pump Pumping Efektif dengan Medela Portable Pump
15 Feb '19

Review Stroller Greentom by Mom Editha Review Stroller Greentom by Mom Editha
15 Feb '19

Naif Baby: Solusi Masalah Kulit Sensitif si Kecil Naif Baby: Solusi Masalah Kulit Sensitif si Kecil
14 Feb '19

Review NaÏf Woman : Skincare Mahal dengan Kualitas Maximal Review NaÏf Woman : Skincare Mahal dengan Kualitas Maximal
14 Feb '19

Review Trilogy Certified Organic Rosehip Oil by Mom Fenni Jahja Review Trilogy Certified Organic Rosehip Oil by Mom Fenni Jahja
14 Feb '19

Review Naif Women for Moms Review Naif Women for Moms
14 Feb '19

READ MORE

Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Cara Deteksi Dini Down Syndrome

HEALTH TIPS  |  PREGNANCY  |  21 Jan '19

Beberapa waktu yang lalu (Minggu, 2 Desember 2018) saya menghadiri sebuah acara talkshow yang diadakan oleh Cordlife Indonesia pada event IMBEX (Indonesia Maternity, Baby & Kids Expo) 2018 bertempat di Jakarta Convention Center dengan tema yang sangat menarik, yaitu mengenai "Deteksi Dini Kelainan Kromosom dan Pengasuhan Anak Dengan Sindroma Down".

Menghadirkan pembicara sebagai berikut :

  1. Dr. Meriana Virtin selaku Medical Advisor dari Cordlife Indonesia.
  2. Ibu Olivia Maya. S  sebagai perwakilan dari POTADS (Persatuan Orangtua Anak Dengan Down Syndrome)
  3. Sharing dari Ibu Maylani Wiaji yang ditayangkan dalam bentuk video sebagai klien Cordlife yang memiliki anak dengan Down Syndrome

Topik ini sangat bagus dan penting diketahui oleh para ibu, terutama yang sedang hamil atau sedang merencanakan untuk hamil.

Beberapa poin penting mengenai deteksi dini kelainan kromosom dan pengasuhan anak down syndrome

  1. Pada awal masa kehamilan, nutrisi perlu dipenuhi dengan baik. Kelainan kromosom bisa diketahui dengan melakukan pemeriksaan screening untuk mendeteksi kelainan janin sejak dalam kandungan (sejak usia 10 minggu). NIPT (Non Invasive Prenatal Test) tidak akan mengganggu dan membahayakan janin karena yang diambil adalah darah ibu. Pemeriksaan ini bisa dilakukan di klinik tempat ibu hamil melakukan kontrol pemeriksaan. Dan Cordlife Indonesia juga memiliki service untuk melakukan pemeriksaan NIPT ini yang membutuhkan sekitar 14 hari kerja untuk mengetahui hasilnya.

  2. Melalui pemeriksaan NIPT ini dapat dideteksi kelainan kromosom seperti Trisomy 21 (Down Syndrome), Trisomy 18 (Edward Syndrome), Trisomy 13 (Patau Syndrome) dan kelainan kromosom jenis kelamin.

  3. Salah satu tujuan dari pemeriksaan NIPT adalah untuk memastikan bahwa kehamilan Moms dalam kondisi baik. Akan tetapi apabila setelah pemeriksaan dilakukan ternyata hasilnya positif, orangtua dapat mempersiapkan diri dan mencari lebih banyak informasi mengenai perawatan anak dengan kelainan kromosom.

  4. Kelainan kromosom merupakan kelainan genetik yang tidak dapat dicegah. Terjadi secara random, bukan karena faktor keturunan (bukan salah Moms ataupun Dads), dan tidak berhubungan dengan asupan makanan yang dikonsumsi oleh ibu hamil.

  5. Untuk ibu yang hamil dengan usia di atas 35 tahun memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami kelainan kromosom pada janin.

  6. Ibu Olivia Maya membagikan pengalaman beliau sebagai orangtua dengan anak down syndrome dan beliau juga aktif dalam komunitas POTADS. POTADS (Persatuan Orangtua Anak dengan Down Syndrome) bisa menjadi wadah dan komunitas bagi para orangtua dan juga anak dengan down syndrome untuk tetap dapat mengembangkan skill yang dimiliki. Di mana yang dilakukan oleh POTADS adalah mendampingi dan memberikan banyak informasi kepada orangtua dengan anak down syndrome.

  7. Sesi sharing yang sangat menyentuh hati dari Ibu Maylani Wiaji di mana awalnya beliau tidak dapat menerima kondisi anaknya yang terlahir dengan down syndrome. Kemudian belajar menerima dan mencintai anaknya dengan sepenuh hati dan terus mendampingi selama terapi serta tetap mendukung perkembangan anaknya. Dari sharing beliau berpesan "Apabila saat ini janin Anda didiagnosa mengalami kelainan ataupun saat ini Anda memiliki buah hati dengan kelainan seperti down syndrome, jangan pernah disia-siakan karena kita tidak pernah tahu rencana Tuhan dan hikmah yang akan kita dapatkan".

Moms, setiap anak adalah pemberian berharga dari Tuhan dan sangat spesial. Sebagai orangtua juga penting bagi kita untuk dapat mengedukasi anak kita sesuai dengan usia mereka apabila mereka bertanya atau memiliki teman dengan down syndome.

Melalui talkshow ini saya mendapatkan informasi dan pengetahuan baru lagi juga berkesempatan bertemu dengan Mommy-Mommy hebat para blogger dan influencer yang ternyata tidak hanya cantik dan inspiratif tetapi juga sangat ramah.

Semoga bermanfaat.

By: Yuliana Ang

Copyright by Babyologist

131 Yuliana Ang Send Message to Writer

Related Stories