Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Cara-cara yang Aku Lakukan Ketika si Kecil Terlambat Berjalan

GROWTH & DEVELOPMENT  |  MY STORY  |  27 Jul '19


Idealnya anak sudah bisa berjalan di usia antara 9 bulan sd 18 bulan. Nah ada anak yang cepat berjalan bahkan di usia yang 9 bulan dan ada juga yang mengalami keterlambatan. Sebenarnya batas toleransi untuk anak sudah bisa berjalan adalah sampai usia 18 bulan. Nah jika anak moms sudah berusia 18 bulan lebih tapi belum bisa berjalan sebaiknya konsultasi ke dokter spesialis anak.

Anak aku sendiri termasuk yang agak terlambat berjalan menurut kebanyakan pendapat orang-orang di sekitarku. Dia baru bisa berjalan lancar saat usianya sudah 14 bulan, menurut mereka idealnya sih usia 12 bulan. Bahkan ada yang bilang karena anak aku tumbuh gigi duluan jadinya jalannya agak lama. Well, apakah benar seperti itu mitos atau memang fakta ya? Sebenarnya ini mitos ya moms karena cepat atau lambatnya si kecil mampu berjalan tidak berkaitan dengan tumbuh gigi pertamanya.

Lalu apa saja yang aku lakukan untuk mengatasi si kecil yang terlambat berjalan:

1. Setiap pagi & sore saya rajin mengajaknya berkeliling (belajar berjalan) sekitar rumah dengan menuntunnya. Dia bersemangat sekali bila diajak berkeliling.

2. Saya mengurangi kuantitas waktu menggendong si kecil. Saya lebih sering membiarkan si kecil mengeksplor ruangan rumah tentu tetap dalam pengawasan. Seringkali dia berdiri sendiri di depan jendela walaupun terkadang masih jatuh.

3. Saya melatih si kecil dengan memberikannya bangku/galon kosong yang dapat didorong olehnya. Ini bagus untuk melancarkan latihan si kecil mom.

4. Tetap bersemangat dan jangan putus asa dalam menemani si kecil belajar berjalan.

5. Ketika belajar berjalan saya membiarkan si kecil tanpa alas kaki ini, hal ini bagus agar kakinya langsung menyentuh tanah. Agar melatih kekuatan otot dan keseimbangan tubuhnya

6. Saya rajin membawa si kecil untuk urut, banyak yang bilang urut terutama di sekitar telapak kaki sangat bagus untuk membantunya agar cepat berjalan.

Dan upaya saya pun akhirnya membuahkan hasil. Si kecil kini sudah bisa berjalan lancar walaupun sedikit terlambat di usianya 1 tahun 2 bulan.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

350 Berkah Dwi Rahayu

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Stimulasi Cegah si Kecil Terlambat Berjalan

Sebagai orang tua baru, pastilah banyak sekali kecemasan terhadap tumbuh kembang anak kita ya Moms.

Tips agar Anak Tidak Terlambat Berjalan

Proses berjalan berkesinambungan dari mulai anak mulai merangkak, berdiri dengan bantuan, hingga akhirnya bisa berjalan.