Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Cara Berkomunikasi dengan Anak agar Mau Dengar-dengaran

PARENTING  |  26 May '18


Beberapa waktu lalu saya mengikuti mini seminar tentang parenting dengan topik seperti judul artikel ini. Di usia Charlotte dan Charlene saat ini mereka bisa dikatakan sudah tahu konsep komunikasi 2 arah meskipun kerap terjadi ketidakpahaman baik di saya sebagai orangtua mereka ataupun di sisi mereka sendiri. Dari mini seminar ini saya jadi mengetahui, bahwa saya harus menciptakan strategi yang tepat terlebih dahulu dengan menyesuaikan karakter anak-anak sendiri. Terlebih untuk saya, karakter Charlotte dan Charlene sungguh berbeda. Tujuan dari strategi tersebut adalah untuk meminimalisir terjadinya tantrum pada anak.

Sebelum lebih lanjut, saya ingin menjelaskan hal-hal umum yang menjadi penyebab tantrum:

  1. Bosan
  2. Kurangnya jam tidur atau istirahat si anak
  3. Haus/Lapar
  4. Merasa tidak nyaman
  5. Tidak mendapatkan apa yang inginkan

Sebagai orangtua baiknya mengetahui 5 hal umum yang biasanya akan menyebabkan tantrum pada anak. Akan tetapi, ada pertanyaan yang perlu kita jawab terlebih dahulu, apakah kita ingin anak-anak mendengarkan kita supaya kita merasa tidak terganggu? Atau kita ingin anak-anak mendengarkan kita supaya mereka tumbuh menjadi pribadi yang baik? Sebaiknya kita bisa berpikir objektif sebelum menerapkan sebuah strategi untuk anak-anak kita. Di sini sangat diperlukan peran serta ayah dan ibu supaya strategi tersebut dapat berlangsung baik untuk seterusnya.

Supaya kerjasama sebagai orangtua bisa bertahan dengan baik, kita memerlukan "senjata," yang dipergunakan untuk

1. Mengendalikan emosi

Kita bisa kendalikan emosi anak-anak dengan melalui penggunaan kata-kata yang positif tapi bijak, diselingi dengan penyampaian kepada anak-anak bahwa kita mengerti mereka kesal tapi kita harus mendisiplinkan mereka. Hal lain yang bisa dilakukan adalah dengan meminta anak-anak kita untuk menuliskan perasaan mereka, karena beberapa anak tidak mau atau tidak suka menyampaikan kekesalan mereka secara verbal. Hal terakhir yang bisa dilakukan adalah dengan kita mengambil sikap "diam", maksudnya adalah kita bersikap diam tanpa berbicara sepatah katapun, kita tunggu sampai anak kita akan mereda dengan sendirinya. Riset mengatakan anak-anak akan tantrum ringan akan berlangsung selama 5 - 10 menit. Setelah anak-anak diam, barulah kita berbicara dengan lembut kepada mereka.

2. Menyelesaikan masalah

Hal yang paling penting dalam menyelesaikan masalah adalah dengan memperlihatkan ekspresi bahwa kita tidak senang dengan sikap tantrumnya, tapi tetap ingat untuk tidak menjadikan anak-anak takut dan berujung trauma. Cara mengekspresikan perasaan kita supaya lebih mudah dimengerti dan diterima oleh anak-anak kita adalah dengan kita berdiri sama tinggi dengan tinggi anak-anak (atau berlutut), kemudian utarakan perasaan kita.

3. Melibatkan kerjasama

Untuk menciptakan komunikasi yang baik dengan anak-anak supaya mereka mau mendengarkan kita, kita bisa lakukan dengan bermain bersama mereka (meniru suara hewan bersama, bermain "pretend", dan lain sebagainya), Selalu libatkan mereka dalam aktivitas yang aman, misalnya merapikan buku, menaruh sepatu di rak sepatu.

Dengan kita dapat menjalankan ke-3 poin di atas, hubungan komunikasi orang tua dan anak dapat terbentuk dengan baik seiringnya waktu. Anak-anak akan belajar untuk mendengarkan kita, belajar untuk respek terhadap orang-orang sekitarnya, anak-anak akan dapat membawa diri mereka dengan baik terhadap orang lain.

Semoga bermanfaat.

By: Gavrila Joanita.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

3201 Gavrila joanita

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Bagaimana Tangani si Kecil yang Bertengkar dengan Temannya?

Jika si Kecil bertengkar dengan temannya apa yang harus Moms lakukan? Berikut tipsnya

It's Time for Potty Training!

Kapan idealnya si Kecil melakukan potty training? Lalu apa saja tipsnya ala Mom Meiik? Yuk disimak

Ajari Kemandirian pada si Kecil

Mendidik anak bukan suatu hal yang mudah, salah satunya tentang kemandirian. Lalu mengapa perlu?

Cara Mengatasi Cemburu pada Pengasuh

Meninggalkan si Kecil bersama pengasuh karena pekerjaan, tak jarang membuat anak lebih dekat pada pengasuh.

Hal Yang Harus Dihindari Saat Memulai Toilet Training

Saat memulai masa toilet training, ada beberapa hal yang perlu Moms hindari. Apa saja hal-hal tersebut?

Campur Tangan dalam Mendidik Anak

Apa yang harus dilakukan jika pihak keluarga besar mendidik si Kecil dengan cara yang kurang Anda setujui?

Toilet Training pada Bayi

Yuk ikuti tips toilet training dari Mom Melissa berikut ini untuk melatih si Kecil ke toilet sejak dini.

Apa Hal yang Paling Dibutuhkan Batita?

Memiliki anak usia batita merupakan saat di mana kita sebagai orang tua harus ekstra sabar. Mengapa?

Mengatasi Ketakutan Anak Saat Pertama Kali Sekolah

Moms, apakah si Kecil sudah saatnya sekolah? Untuk mengurangi kecemasannya saat pertama kali sekolah, ikuti tips berikut ini.

Tips Sukses Toilet Training

Toilet training adalah fase pengenalan tentang BAK dan BAB kepada anak agar tidak tergantung lagi pada popoknya. Fase ini adalah fase paling [...]

Manfaat Playdough bagi Perkembangan Motorik Halus Anak

Salah satu sensori toys yang menjadi favorit anak-anak adalah Playdough. Tahukah Moms bahwa sebenarnya Playdough memiliki banyak manfaat?

Makan Dengan Tangan Kanan Atau Kiri?

Moms, apakah salah jika si Kecil makan menggunakan tangan kiri? Mengajarkan anak untuk sopan mulai dari hal terkecil seperti makan itu penting [...]

Mengapa Si Kecil Berperilaku Lebih Buruk Ketika Bersama Ibunya?

Moms, apakah si Kecil suka bertingkah lebih buruk ketika bersama Moms? Ternyata hal ini adalah sesuatu yang baik. Mengapa? Yuk cari tahu [...]

Banyaknya Manfaat Menggendong Bayi

Moms, dengan menggendong bayi ternyata banyak memiliki manfaat lho. Apa sajakaj itu? Mari simak yang satu ini.

Efek Negatif Sering Membandingkan Anak

Membandingkan anak memang sering dilakukan, namun apakah Anda tahu bahwa hal ini memiliki dampak negatif?

Tips Ciptakan Lingkungan Aman dan Nyaman untuk Si Kecil

Setiap orang tua pasti menginginkan agar Si Kecil tetap merasa aman. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus diperhatikan agar kondisi aman [...]

Tips Atasi Si Kecil Rewel Di Mall

Seberapa sering Si Kecil merengek atau alami tantrum saat di mall? Mari simak pengalaman Mom Valent Cindy dalam mengatasinya.

Tips Agar Anak Tidak Manja

Moms, pernahkah berada di posisi disaat Si Kecil sedang menginginkan sesuatu dan dia merengek secara berlebihan? Mungkin cara berikut dapat [...]

Memasuki Usia 2 Tahun Si Kecil Susah Diatur

Moms, Si Kecil sedang menginjak fase terrible two? Yuk simak ulasan berikut ini untuk membantu Moms mengatasinya.

Tips Parents Menemani Anak Belajar Dirumah

Mengajari Si Kecil belajar sejak dini juga dapat dilakukan dirumah lho Moms. Yuk simak tips parent belajar bersama Si Kecil berikut.