Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Cara Ampuh Atasi Biang Keringat pada Bayi

OTHERS  |  08 Jun '18

Mungkin Moms sering melihat adanya bintik merah pada buah hati Anda yang disertai dengan rasa gatal di bagian kulitnya, dan mungkin saja hal tersebut merupakan kondisi biang keringat, Moms. Biasanya Si Kecil akan mengalami kondisi tersebut di beberapa bagian kulitnya yang mana tertutupi oleh baju, diantaranya seperti di bagian punggung, leher, paha atau bahkan daerah lainnya. Hal ini merupakan hal lumrah yang sering di alami bayi di semua usia. Jika kondisi ini menyerang buah hati Anda, lantas hal apa yang harus di lakukan guna mengatasinya?

Apa yang menyebabkan biang keringat pada bayi?

Harus moms ketahui,  nyatanya biang keringat ini bisa terjadi pada anak-anak di semua usia, akan tetapi biang keringat ini umumnya sering terjadi pada bayi. Biang keringat yang di alami bayi biasanya terjadi ketika kulit mengeluarkan keringat namun pori-pori yang mengeluarkan keringat tersebut malah tersumbat. Jika hal tersebut terjadi, maka kelenjar keringat tersebut tidak bisa mengeluarkan keringat dan bisa membuat bagian pori-pori menjadi bengkak. Dan kondisi ini bisa mengakibatkan bintik merah kecil di bagian kulit yang memicu munculnya rasa gatal.

Mengapa bayi lebih rentan terkena biang keringat daripada orang dewasa?

Karena pada umumnya bayi memiliki pori-pori yang cukup kecil dibandingkan orang dewasa, sehingga kondisi ini bisa membuat mereka lebih rentan terkena biang keringat.

Bagaimana cara mengatasi biang keringat pada bayi?

Biang keringat memang bukan suatu permasalahan yang serius, namun rasa gatal yang di timbulkannya bisa membuat Si Kecil menjadi tidak nyaman. Maka dari itu, untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa melakukan beberapa cara di bawah ini:

  • Hindari Si Kecil dari rasa panas, Anda bisa melihat kondisi buah hati Anda, jika Anda melihat mereka merasa kepanasan atau bahkan cuaca lingkungan Anda tengah panas, maka ada baiknya jika Anda mengenakan buah hati pakaian yang lebih tipis dan bisa menyerap keringat. Selain itu, Anda juga bisa menempatkan Si Kecil di tempat yang lebih sejuk agar mereka merasa nyaman.
  • Berikan bayi Anda minum, Anda juga harus memastikan agar buah hati Anda memperoleh asupan cairan yang cukup guna menggantikan cairan yang di keluarkannya melalui keringat. Pastikan hal ini juga dapat membuat Si Kecil terhindari dari masalah dehidrasi.
  • Mandi menggunakan air hangat ternyata bisa menghindari Si Kecil dari masalah biang keringat.
  • Potonglah kukunya jika Anda melihat kuku Si Kecil sudah mulai panjang. Hal ini pastinya menghindari terjadinya cakaran bayi ketika mereka merasa kulitnya gatal dan menggaruknya dengan keras. Jika perlu, Anda juga bisa memakaikan mereka kaus kaki atau bahkan sarung tangan.
  • Ingat! Jangan pernah Anda menggunakan salep atau bahkan krim oles ketika bayi Anda mengalami biang keringat. Karena hal ini hanya bisa membuat biang keringat yang terjadi pada Si Kecil semakin parah.

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist

466 Babyologist Indonesia

Comments

Related Stories