Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Cara Aman Menggunakan Bedak Bayi untuk si Kecil

BABY  |  BRANDS  |  HEALTH TIPS  |  TODDLER  |  03 Dec '19


Penggunaan bedak bayi untuk si Kecil sangat lazim digunakan para ibu. Bedak bayi punya banyak manfaat selain menjaga badan si Kecil wangi, serta merawat kulitnya agar lembut dan halus. Pemakaian bedak bayi dapat menjaga kelembapan pada daerah lipatan seperti leher, ketiak, lengan dan kaki. Fungsi lainnya, menangkal pertumbuhan bakteri di kulit serta mengatasi keringat yang berlebihan.

Tapi, memakaikan bedak juga ada caranya lho, Moms. Ini langkah tepat yang bisa Moms aplikasikan dalam memakaikan bedak bayi yang aman bagi buah hati:

1. Perhatikan Label Bedak

Langkah aman memakaikan bedak tabur pada si Kecil adalah dengan mengecek merek bedak tabur yang Moms gunakan. Pilihlah bedak bayi yang memang sudah teruji secara klinis ya. Sebab, bedak yang diuji secara klinis aman digunakan untuk bayi. Dengan begitu risiko iritasi kulit pada si Kecil pun akan berkurang.

2. Pakai Minyak Telon

Sebelum menggunakan bedak, sebaiknya Moms mengoleskan minyak telon terlebih dahulu. Penggunaan minyak telon agar badan si Kecil tetap hangat dan terhindar dari gigitan nyamuk. Tapi, jangan langsung mengusapkan bedak saat kulit bayi masih basah karena minyak telon. Tunggulah beberapa saat sampai minyaknya meresap, baru usapkan bedak. Ini penting agar bedaknya tidak menumpuk dan menggumpal karena kulit bayi lengket.

3. Tuang Bedak ke Tangan

Jangan langsung menaburkan bedak ke tubuh si Kecil. Khawatirnya, butiran bedak berterbangan yang terhirup si Kecil. Langkah yang benar, tuangkan bedak terlebih dahulu ke tangan Moms, lalu usapkan secara halus ke kulit bayi. Setelah menuangkan bedak, tidak perlu ditepuk-tepuk, ya, Moms. Cara ditepuk seperti itu bisa menyebabkan partikel bedak berterbangan di udara, lalu terhirup si Kecil.

4. Hindari Area Kelamin dan Wajah

Tidak semua area tubuh bayi perlu dibedaki. Moms bisa mengaplikasikan bedak di area leher, punggung, dan dada si Kecil. Jangan oleskan bedak di area popok dan kelamin. Lipatan paha juga sebaiknya dibiarkan saja tanpa bedak. dan juga hindari daerah wajah agar partikel bedak tidak terhirup si Kecil.

5. Jangan Beri Bedak Saat Berkeringat

Membedaki si Kecil ketika sedang berkeringat justru memicu biang keringat. Cara yang benar, Moms harus tunggu dulu hingga kulit si Kecil mengering, kemudian pakaikan bedak, sehingga kelembapan tubuhnya tetap terjaga dan bedak tidak menggumpal. Waktu yang baik memakaikan bedak adalah setelah si Kecil mandi.

6. Bersihkan Sisa Bedak Ketika Memandikan

Jangan lupa membersihkan sisa bedak ketika memandikan si Kecil. Sebaiknya, Moms lebih teliti di bagian-bagian lipatan agar tidak ada bekas bedak yang tertinggal di sana.

Nah, sekarang Moms sudah tahu cara pakai bedak yang aman. Kalau tahap-tahapnya benar, Moms tidak perlu takut begitu mendengar penggunaan bedak berbahaya bagi si Kecil. Permasalahan itu timbul karena keliru pengaplikasiannya saja. Menerapkan cara pakai bedak yang benar dapat mencegah risiko tersebut.

Sumber: MY BABY

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

1556 MY BABY Indonesia

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Tips Menghadapi Musim Pancaroba Bagi si Kecil

Yuk, simak apa saja yang harus kita siapkan agar si Kecil siap menghadapi musim pancaroba!

Mengapa si Kecil Sering Gumoh?

Botol susu Dr. Brown’s dilengkapi Internal Vent System yang bisa memisahkan jalur udara dengan jalur cairan.

Mengenal dan Mengatasi Biang Keringat pada Anak

Kenapa anak sering kena miliaria? Hal ini terjadi saat keringat berlebih menyumbat pori-pori kulit.

Cara Aman Mengatasi Flu Tanpa Obat

Bisakah mengatasi flu pada si Kecil tanpa obat? Yuk simak jawabannya di sini, Moms!

Tips Mengenal dan Menangani Alergi

Seberapa banyak orang di dunia mengalami alergi. Apa, sih, sebetulnya pemicu alergi tersebut?

Why Do Babies Get Heat Rash?

Moms penasaran, kenapa bayi yang kepanasan selalu terkena bintik merah? Simak di sini jawabannya!

Mencegah Sindrom Kepala Peyang dengan Newborn Pillow Baby Loop

Apa itu sindrom kepala peyang dan mengapa sindrom ini sangat berbahaya?

Mengapa Peralatan si Kecil Harus Disterilisasi?

Moms perlu memperhatikan kebersihan dan sterilisasi dari pompa asi dan alat-alat menyusui lainnya.

Tips Agar Anak Tidak Rewel Ketika Diajak Mudik by Baby Loop

Sebelum pergi mudik, kita harus memastikan bahwa si Kecil tengah berada dalam kondisi yang fit.